3 Doa Gelisah Yang Bisa Menghilangkan Rasa Cemas

Gelisah adalah suatu keadaan dimana manusia merasa tidak tentram, hati merasa khawatir, tidur tidak tenang, cemas, dan sebaginya. Perasaaan gelisah bisa dirasakan oleh siapapun karena itu merupakan bagian dari kondisi psikologis manusia.

Rasa gelisah yang dirasakan tiap manusia berbeda-beda karena faktor penyebab yang berbeda-beda pula. Perasaan seperti itu akan mudah menyerang ketika kita dalam keadaan stress atau tertekan. Apalagi di kehidupan seperti sekarang ini yang sudah semakin carut-marut pasti hal-hal negatif cepat mempengaruhi kondisi psikis kita.

Menurut pandangan Islam kegelisahan biasanya muncul karena faktor faktor tertentu. Misalnya saja karena memudarnya keyakinan pada Allah, terlalu ikut campur dalam perkara Allah. hal-hal seperti itu tentu saja akan gampang mempuat kita gelisah karena sama saja dengan tidak mempercayai Allah.

Doa Gelisah

Agar mengurangi kegelisahan di dalam diri hendaknya kita menghindari faktor-faktor penyebabnya. Sabarlah ketika mendapat musibah dari Allah, jangan terlalu sering mengeluh, perbanya bersyukur kepada Allah, serta bertaqwa kepada Allah. Tak lupa pula untuk memperbanyak membaca Al Quran, beristighfar, dan berdoa. Berikut ini doa agar dihindarkan dari rasa gelisah.

Doa Pertama

Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa dibawah ini kepada Ibnu Mas’ud ra.

www.dream.co.id

“Allahumma innii ‘abdukabnu ‘abdikabnu amatika, naashiyatii bi yadika, maadhin fiya hukmuka, ‘adlun fiyya qadha-uka, as-aluka bikulli ismin huwa laka, sammaita bihi nafsaka, aw anzaltahu fii kitaabika, aw ‘allamtahu ahadan min khalqika, awista’tsarta bihi fii ‘ilmil ghaibi ‘indaka. An taj’al qur’aana rabii’a qalbii, wa nuura shadrii, wa jilaa’a khuznii, wa dzahaaba hammii.”

Ya Allah, sesugguhnya aku adalah hambamu, anak dari hambamu dan hamba sahayamu, nyawaku di tanganmu, hukummu kepadaku telah terjadi, keputusanmu kepadaku begitu adil. Aku meminta kepadamu dengan semua nama yang engkau miliki, nama yang telah Engkau turunkan melalui kitabMu atau nama yang telah Engkau ajarkan kepada salah satu dari ciptaanMu.

Nama yang telah Engkau kuasai dalam ilmu ghaib milikMu. Jadikanlah Al Quran sebagai dari hati kami, menyinari hati kami, menghilangkan kesedihan dan kegelisahan kami.

Doa Kedua

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ  وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ

“Allaahumma innii a’uudzubika minal hammi wal hazan. Wa a’uudzubika minal ‘ajzi wal kasali wa a’uudzubika minal jubni wal bukhli. Wa a’uudzubika min ghalabatid dayni wa qahrir rijaal. ”

Ya Allah, aku berlindung padaMu dari rasa sedih dan gelisah, aku berlindung daripada sifat lemah dan malas. Dan aku berlindung padaMu dari sikap pengecut dan bakhil dan aku berlindung padaMu dari cengkaman hutang dan penindasan orang.

Doa Ketiga

Ada doa yang pernah Rasulullah ajarkan dalam sebuah hadits riwayat Tirmidzi. Berikut doanya:

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْث

“Yaa hayyu yaa qayyuum, birahmatika astaghiits.”

Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Tuhan yang Berdiri sendiri tidak memerlukan segala sesuatu, dengan rahmat Mu aku meminta pertolongan.

Ada beberapa ayat Al Quran yang juga bisa dibaca saat hati maupun pikiran benar-benar dalam gelisah, yaitu Ali Imran ayat 173 dan Thaha ayat 25-28.  Amalkanlah ayat-ayat tersebut disamping doa-doa yang sudah dipaparkan diatas.

Tidak selamanya hidup kita berjalan dengan mulus dan menenangkan. Bisa saja suatu saat kita dirundung masalah dalam hidup yang dirasa cukup berat. Untuk itulah kita dianjurkan berdoa ketika menghadapi masalah dan menyerahkan diri kepada Allah SWT.

Doa doa diatas bisa diamalka pada masa-masa ketika merasa gelisah. Semoga dengan mengamalkan doa-doa ringkas diatas dapat menenangkan hati dan pikiran kita.

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.