Kumpulan Doa Harian Yang Bisa Dibaca Sehari-Hari

Doa Harian adalah doa yang kita baca sehari-hari. Manusia sebagai makhluk ciptaan Allah yang peling sempurna karena diberi kelebihan berupa akal. Akal tersebut kita pergunakan untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Aktivitas harian yang kita lakukan sangatlah banyak.

Dalam satu hari paling tidak ada belasan rutinitas yang kita lakukan. Aktivitas harian tersebut kita lakukan dari pagi hingga malam hari bahkan sampai pagi lagi. Di pagi hari kita mulai dengan bangun tidur, lalu dilanjutkan dengan shalat subuh, kemudian mandi, lalu sarapan.

Selepas sarapan kita mungkin akan melakukan aktivitas harian diluar rumah, seperti ke sekolah, ke kantor, maupun aktivitas luar ruangan lainnya. Begitu juga yang dirumah pasti tetap saja beraktivitas, entah itu memasak maupun membersihkan rumah.

Saat siang datang biasanya kita melanjutkan dengan shalat dzuhur dan beristirahat. Kita pasti juga makan dan minum disaat lahap maupun dahaga. Sore hari kita lanjutkan dengan shalat ashar dan pulang kerumah masing-masing.

Malam harinya kita lanjutkan dengan shalat maghrib, mengaji, makan malam shalat isya’, kemudian tidur. Aktifitas harian seperti itu pasti kita lakukan dan masih banyak aktifitas-aktivitas lain yang pastinya menjadi sesuatu yang harus kita lakukan.

Sebagai seorang muslim kita diajarkan untuk selalu mengingat Allah dimanapun dan kapanpun. Segala sesuatu harus kita awali dan akhiri dengan menyebut nama Allah. Oleh karena itu dianjurkan bagi umat muslim untuk selalu berdoa disetiap akan memulai aktivitas harian.

Doa Harian

Manfaat dari berdoa sebelum melakukan aktivitas harian tidak lain agar kita terhindar dari gangguan setan yang terkutuk dan mendapat barokah pada setiap hal yang kita lakukan. Untuk itu tidak ada salahnya membaca kembali doa harian yang mungkin belum dihafal atau terlupa.
Berikut ini beberapa doa harian yang bisa diamalkan sebelum mulai beraktivitas:

1. Doa Bangun Tidur

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ
“Alhamdulillaahil ladzii ahyaanaa ba’damaa amaatanaa wa ilaihin nusyuuru.”

Segala puji bagi Allah yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami dan hanya kepada-Nya-lah semuanya dibangkitkan, tiada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau, tiada sekutu bagi-Mu. Maha Suci Engkau aku memohon ampun kepada-Mu atas dosa-dosaku dan memohon rahmat-Mu.

Boleh ditambah dengan, “laa ilaaha illaa anta laa syariikalaka subhaanaka astaghfiruka lidzanbii wa as-aluka rahmataka.”

2. Doa Mau Makan

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
“Allaahumma baarik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaaban naar.”

“Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan jagalah kami dari siksa api neraka.”

3. Doa Setelah Makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ
“Alhamdulillaahil ladzii ath’amanaa wa saqaanaa wa ja’alanaa muslimiin.”

Artinya, “segala puji bagi Allah yang telah membari kami makan dan minum serta menjadikan kami sebagai orang-orang Islam.”

4. Doa Masuk Kamar Mandi

اَللّٰهُمَّ اِنّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ
“Allaahumma innii a’uudzubika minal khubutsi wal khabaaits.”

Berarti, “ ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari godaan setan laki-laki dan setan perempuan.”

5. Doa Keluar Kamar Mandi

الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْ
“Alhamdulillaahil ladzii adzhaba ‘aniil adzaa wa ‘aafaanii.”

Maknanya, “segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan.”

6. Doa Mau Tidur

“Allaahumma aslamtu nafsii ilaika wa fawwadhtu amrii ilaika wal ja’tu zhahrii ilaika raghbatann wa rahbatan ilaika. La malja-a walaa manjaa minka illaa ilaik. Aamantu bikitaabikal ladziii anzalta wa nabiyyikal ladziii arsalta.”

Yang artinya, “ya Allah, aku serahkan diriku kepada-Mu dan aku pasrahkan segala urusanku kepada-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dengan penuh harap dan takut. Tiada tempat berlindung dan tiada jalan selamat kecuali hanya berlindung kepada Engkau. Aku beriman kepada kitab-Mu yang telah Engkau turunkan, juga Nabi-Mu yang telah Kau utus.”

Itulah beberapa doa harian yang bisa diamalkan sebelum maupun sesudah beraktifitas sehari hari. Semoga doa-doa diatas bermanfaat dan bisa dengan mudah dihafal diluar kepala.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.