Doa Ibu Untuk Anak Baik Laki Laki Maupun Perempuan

Tidak hanya anak yang mendoakan orang tuanya, tapi orang tua terutama ibu pasti memanjatkan doa untuk anak mereka. Seorang anak yang shaleh maupun shalihah lagi berbakti pasti selalu mendoakan kedua orang tuanya apalagi ibu.

Perjuangan seorang ibu sangatlah besar, mulai dari mengandung, melahirkan, menyusui, hingga mendidik dan merawat anak mereka hingga dewasa. Tak ada yang bisa anak lakukan untuk mengganti perjuangan yang dilakukan seorang ibu.

Selain perjuangan dan pengorbanan ibu yang telah disebutkan diatas masih banyak hal yang dapat ibu lakukan untuk anaknya. Salah satu dari hal yang pasti dilakukan seorang ibu untuk anaknya ialah mendoakan kebaikan untuk anaknya.

Doa Ibu Untuk Anak

Dahsyatnya doa dari seorang ibu untuk anaknya hingga bisa menembus 7 langit. Berikut ini beberapa doa ibu yang bisa diamalkan untuk mendoakan anaknya.

Doa Agar Anak Menjadi Taat Beragama

Setiap ibu tentu menginginkan anaknya kelak tumbuh menjadi anak yang shaleh serta shalihah dan taat beragama. Anak yang selalu memiliki sifat-sifat yang baik dan berguna bagi bangsa dan agamanya. Agar anak tumbuh menjadi anak yang demikian tentunya harus dididik dengan benar.
Tidak hanya itu orang tua juga tetap meminta kepada Allah agar anaknya bisa kelak seperti apa yang mereka harapkan. Berikut ini doanya:

اللهم اخعل اولادنا اولادا صالحين، حافظين لي القران والسنة فقها في الدين مبركا خياتهم في الدينا والاخرة

“Allaahummaj’al aulaadanaa aulaadan shaalihiina haafidziina lil qur’aani wassunnati fuqahaa fiddiini mubarokan khayaatuhum fiddunyaa wal aakhirati.”

Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang shaleh dan shalihah. Anak-anak yang hafal al quran dan sunnah, serta anak-anak yang faham dalam agama dibarokahi kehidupan mereka di dunia dan akhirat.

Doa Agar Anak Cerdas Dan Berilmu

Memiliki anak yang pintar tentunya menjadi dambaan setiap orang tua. Apalagi ibu yang melahirkan dan membersarkan anaknya pasti akan bangga melihat anaknya tumbuh menjadi anak yang pintar. Oleh karena itu doakan anak dengan doa berikut:

اللهم اجعله صحيحا كاملا وعاقلا حاذقا وعالم عاملا

“Allahummaj’alhu shahiihan kaamilan wa ‘aqilan haadziqan wa ‘aaliman ‘aamilan.”

Artinya: Ya Allah jadikanlah ia anak yang sehat sempurna, berakal, cerdas, dan berilmu lagi beramal (shaleh).

Doa Agar Anak Diberi Perlindungan

اعيدكما بكلمات الله التامة، من كل شيطان وهامة، ومن كل عين لامة

u’iidhukumaa bikalimaatil laahit taammati min kulli syaithaanin wa haammatin wa minkullii ‘aynin laammati”

Aku memohon perlindungan dengan kalimat Allah yang Sempurna untuk kalian dai gangguan setan dan binatang berbisa dan dari pandangan mata yang membuat sakit.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim diceritakan tentang keutamaan ibu daripada ayah. Arti dari isi hadit tersebut adalah:

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata: “Seseorang datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan berkata, “Wahai Rasulullah kepada siapa aku harus berbakti pertama kali? Nabi menjawab: Ibumu! Orang tersebut bertanya kembali, kemudia siapa lagi? Nabi mengatakan: Ibumu! Orang itu bertanya lagi lalu siapa lagi? Rasulullah menjawab: Ibumu! Bertanya lagi orang itu, kemudian siapa lagi? Beliau menjawab: Kemudian ayahmu.”

Kedudukan atau keutamaan seorang ibu untuk anaknya sangatlah tinggi. Itulah mengapa kita tidak boleh durhaka kepada orang tua kita terutama ibu. Tanpa ibu seseorang bukanlah siapa-siapa mereka bisa berhasil berkat doa dari ibu mereka. Ingat bahwa ridhallahi fii ridha walidain, yang maknanya ridha Allah ada pada ridha orang tua.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.