Doa Lulus Ujian Agar Tenang Dan Lancar Saat Ujian

Doa lulus ujian mungkin adalah doa yang banyak dicari-cari oleh para murid yang akan mengikuti atau melaksanakan ujian. Entah itu ujian kenaikan kelas, kelulusan sekolah, atau bahkan ujian masuk. Ujian masuk atau lulus ujian agar diterima di sekolah, universitas, atau tempat kerja mungkin menjadi yang paling banyak dicari.

Bagi yang akan menempuh ujian, entah itu ujian sekolah, universitas, maupun ujian tes pekerjaan tentunya harus berusaha terlebih dahulu. Belajar adalah usaha yang wajib kita lakukan untuk menghadapi ujian.

Meskipun sudah belajar wajar bila seseorang tetap merasa khawatir atau ketakutan akan tidak bisa menyelesaikan soal ujian. Sebagai sorang muslim kita dianjurkan untuk memohon pertolongan kepada Allah dan berserah diri.

Doa Lulus Ujian

Tetaplah percaya diri dan berusaha untuk menyelesaikan ujian yang ditempuh. Jangan lupa sebelum mengerjakan ujian untuk meminta ridha dari orang tua dan berdoa terlebih dahulu. Berikut ini beberapa doa yang bisa dibaca agar pikiran tenang dan bisa lancar mengerjakan ujian.

1. Surat Al Waqiah

Surat Al Waqiah adalah surat yang ke 56 di dalam AL Quran dan terdiri atas 96 ayat. Diturunkan sesudah surat Thahaa dan dinamakan Al Waqiah (hari kiamat) diambil dari kata pertama surat ini.

Keutamaan dari membaca surat Al Waqiah adalah dapat membuka pintu rezeki. Rezeki yang dimaksud tidak hanya materi saja, tapi juga segala sesuatu yang kita inginkan dari Allah termasuk ujian.

Usahakan membaca surat Al Waqiah sehabis shalat Subuh dan shalat Dhuha karena diwaktu itu adalah waktu Allah mencurahkan rezeki. Surat Al Waqiah sering disebut surah seribu dinar. Bahkan dijanjikan bahwa orang yang membaca surah AL Waqiah setiap malam tidak akan tertimpa kemiskinan.

2. Membaca Surah Al Qadar 3x

Pada ayat keempat surah Al Qadar disebutkan bahwa malaikat Jibril turun ke bumi untuk mengatur segala urusan manusia. Diharapkan dengan membaca surat ini urusan-urusan yang kita miliki dilancarkan.

Selain itu membaca surah Al Qadar juga akan mendatangkan pahala. Pahalanya sebesar orang yang berpuasa Ramadhan dan menghidupkan malam lailatul qadar.

بسم الله الر حمن الر حيم.
انا انجلناه في ليلة القدر (1) وما ادراك ما ليلة القدر (2) ليلة القدر خير من الف شهر (3) تنزل املئكة والروح فيها باذن ربهم من كل امر(4) سلام هي حتي مطلع الفجر(5)

“Bismillaahir rahmaanir rahiim.”
“innaa anzalnaahu fii lailatil qadr. Wa maa adraaka maa laitatul qadr. Lailatul qadri khairum min alfi syahr. Tanazzalul malaaikatu war ruuhu fiihaa bi-idzni rabbihim min kulli amr. Salaamun hiya hattaa mathla’il fajr.”

Dengan nama Allah yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang.
Sesungguhnya Kami telah menurunkan (AL Qur’an) pada malam kemuliaan. Tahukan kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar.

3. Membaca Shalawat

Ada sebuah hadits dimana Rasulullah bersabda, “ tak seorang pun mengucapkan salam untukku kecuali Allah akan mengembalikan ruhku kepadaku agar menjawab salamnya itu.

Dari hadits tersebut dijelaskan bahwa yang bershalawat untuk nabi akan dijawab pula dengan hal yang sama oleh beliau. Maka dari itu bershalawatlah agar doa beliau selalu menyertai kita.

Penting untuk dilakukan adalah belajar sungguh-sungguh dan berdoa dengan hati yang ikhlas kepada Allah. Allah subhanallahu wa ta’ala akan menolong hambanya yang bersungguh-sungguh dan ikhlas hanya karena Allah.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.