7 Rangkaian Doa Perjalanan Paling Lengkap

Saat melakukan perjalanan sebagai seorang muslim sudah seharusnya kita memanjatkan doa perjalanan. Agar saat perjalanan kita diberi keselamatan dan perjalanan kita menjadi barokah. Bukan hanya mencari keselamatan dan perlindungan, doa kita panjatkan agar kita selalu mengingat Allah dimanapun kita berada.

Sudah umum bagi manusia melakukan mobilitas atau berpergian dengan berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Baik menggunakan kendaraan maupun tidak dengan jarak yang dekat maupun jauh. Tujuan dari manusia melakukan perjalanan pun berbeda-beda pada masing-masing individu.

Selama perjalanan atau berpergian kita tidak tahu hal seperti apa yang akan terjadi. Tentunya kita berharap agar kita sampai di tempat tujuan dengan selamat. Untuk itu kita harus bersiap diri dengan mempersiapkan keberangkatan dengan baik termasuk membaca doa perjalanan.

Umat muslim yang bertakwa tentu tidak boleh lupa untuk selalu mengingat Allah. Membaca doa selama berpergian kita sama saja meminta ridha Allah SWT atas hal yang hendak kita laksanakan. Insya Allah kita akan diberi kelancaran saat perjalanan.


Doa Perjalanan


Rangkaian doa perjalanan terdiri atas beberapa doa, berikut ini serangkaian doa yang bisa dibaca saat melakukan perjalanan:

1. Doa Keluar Rumah

Sebelum pergi sesaat setelah keluar dari rumah, alangkah baiknya jika membaca doa keluar rumah.

بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

“Bismillaahi Tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaah .”

Dengan menyebut asma Allah aku menyerahkan diri pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain (milik) Allah.

2. Doa Menuju Embarkasi (Bandara, Pelabuhan, Stasiun, atau Terminal)

Berpergian menggunakan kendaraan umum, seperti pesawat, kapal, kereta, maupun bis bisa membaca doa untuk menuju ke tempat anda akan menaiki kendaraan, berikut doanya:

بِباسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلى اللَّهِ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةََ إِلاَّ بِاللَّهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ.

3. Doa Berpergian Jauh

Bila anda akan berpergian jauh dengan jarak tempuh yang lama dan melelahkan, bacalah doa berikut ini:

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

“ Ya Allah mudahkanlah kami (dalam) berpergian ini dan dekatkanlah kejauhannya, Ya (Tuhanku) Allah yang menemani dalam berpergian dan Engkau pula yang melindungi keluarga (ku).”

4. Doa Naik Kendaraan

Berdo’a sebelum bepergian sangatlah penting agar selama perjalanan senantiasa dijaga oleh Allah dari hal-hal yang membahayakan keselamatan kita. Oleh karena itu, hendaknya membaca do’a terlebih dahulu sebelum melakukan bepergian.

Dibawah ini adalah cuplikan dari bacaan beserta artinya yang sudah kami sebagaimana berikut:

Doa Sebelum Naik Kendaraan Darat Beserta Artinya

Saat menaiki kendaraan dan sebelum kendaraan melaju alangkah baiknya untuk membaca doa berikut ini:

بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا ومُرْسَاهَا، إنَّ ربّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ وَمَا قََدَرُوا اللَّهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَالْأَرْضُ جَمِيعًا قَبْضَتُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَالسَّماوَاتُ مَطْوِيَّاتٌ بِيَمِينِهِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُونَ

“Dengan nama Allah di waktu berangkat dan berlabuh sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya. Padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya di hari kiamat dan langit digulung dengan kekuasaan-Nya. Maha Suci Allah dan Maha Tinggi dari yang mereka Persekutukan.

Berbagai jenis kendaraan seringkali kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, tetaplah senantiasa berdoa meskipun hanya naik sepeda ontel 😀

Doa Sebelum Naik Kendaraan Laut Beserta Artinya

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim

Artinya :

“Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”

Doa Naik Kendaraan Udara

Belum kami ketahui secara pasti bagaimana bacaan doa naik kendaraan udara. Namun berdasarkan informasi yang saya dapatkan, ternyata bacaannya sama dengan doa naik kendaraan laut.

5. Doa Di Dalam Kendaraan

Saat berada di dalam kendaraan dan kendaraan yang anda naiki mulai bergerak, bacalah doa berikut ini:

سُبْحَانَ الَّذي سَخَّرَ لَنا هَذَا وَما كُنَّا لَهُ مُقْرِنينَ، وَإِنَّا إلَى رَبِّنَا لَمُنْقََلِبُونَ .
اللَّهُمَّ إنَّا نَسألُكَ فِي سفَرِنَا هَذَا البِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنْ العَمَلِ ما تَرْضَى

اللَّهُمَّ إني أعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وكآبَةِ المَنْظَرِ، وَسُوءِ المُنْقَلَبِ في المَالِ والأهْلِ وَالوَلَدِ.

“Subhaanalladzii sakhkhorolanaa hadzaa wa maa kunnaa lahu muq riniinna wa innaa ilaa rabbanaa lamunqolibuun”

Diteruskan, “Allahumma innaanasaluka fii safarinaa hadzaal birru wat taqwaa wa min ‘amali maa tardhoo”

Lanjutkan dengan kalimat terakhir, “Allahumma innii a’uudzubika min wa’tsaais safari wa kaabatil manzhori wa suuilmunqolabi fiil maali wal ahli wal waladi ”

6. Doa Ketika Singgah Di Suatu Tempat (Transit)

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

“a’uudzubikalimaatillahit tammaati min syarri maa kholaq”

aku berlindung kepada dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan mahluk-Nya.

7. Doa Ketika Sampai DI Tujuan

Setelah tiba di tempat tujuan hendaknya membaca doa berikut ini:

اللَّهُمَّ إنِّيْ أَسْألُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ أهْلِهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهاَ وَشَرِّ أَهْلِهَا  وَشَرّ مَا فِيهَا.

Ya Allah aku mohon kepada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya.

Itulah serangkaian doa perjalanan yang bisa dibaca agar selamat selama perjalanan hingga ke tujuan. Doa-doa diatas diambil dari doa untuk melakukan perjalanan haji, tetapi umum juga untuk dipakai sebagai doa perjalanan sehari-hari.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.