Doa Qunut Nazilah Tulisan Arab Latin Dan Terjemahannya

Doa qunut nazilah, mungkin diantara kita masih ada yang asing dengan itu atau bahkan belum pernah tau dan mengamalkannya sama sekali. Qunut nazilah berbeda dengan doa qunut yang biasa kita amalkan saat shalat subuh.

Doa qunut biasanya dibaca dalam shalat pada tempat yang khusus dalam posisi berdiri. Termasuk juga doa qunut nazilah yang dibaca sama seperti doa qunut subuh. Hanya saja qunut nazilah boleh dilakukan pada semua waktu shalat atau tidak harus saat shalat subuh.

Doa qunut nazilah eraat kaitannya dengan bencana yang terjadi dalam artian doa ini disyariatka ketika ada sebuah musibah besar. Qunut nazilah bukanlah amalan yang boleh dilakukan setiap waktu adapun yang melakukannya secara rutin maupun terus-menerus bisa dikategorikan bid’ah karena tidak termasuk sunah Nabi.

Doa qunut nazilah merupakan sunah yang bisa dibaca atau dilakukan ketika umat Islam tertimpa musibah atau bencana. Misalnya saja peperangan (konflik), bencana alam, wabah, kemarau, dan sebagainya.

Saat umat Islam menjadi korban peperangan atau diperangi seperti saudara-saudara kita di Palestina dan Syiria maupun etnis muslim, seperti saudara-saudara kita muslim Rohingya dan Uighur boleh kita doakan lewat qunut nazilah. Meskipun bukan kita yang mengalaminya kita tetap bisa mendoakan mereka.

Indonesia sebagai negara yang dilalui jalur ring of fire serta pertemuan beberapa lempeng tektonik juga sering terjadi bencana. Bencana yang terjadi di Indonesia kebanyakan merupakan bencana alam. Dimana korban jiwa yang terjadi dari bencana alam tersebut jumlahnya tidak sedikit.

Akhir-akhir ini di Indonesia terjadi bencana alam secara beruntun, sebut saja gempa di Lombok, kemudia di Palu, puting beliung di Jabar, serta tsunami di Banten. Rentan waktu antara bencana-bencana tesebut sangatlah dekat.

Korban jiwa yang pasti terdapat pula penduduk muslimnya di daerah-daerah yang terkena bencana tersebut tidaklah sedikit. Oleh karenanya kita sebaiknya memanjatkan doa ini bagi saudara-saudara kita yang tertimpa bencana.

Doa Qunut Nazilah

Berikut ini doa qunut nazilah beserta latin dan terjemahannya:

للهم أَعِزَّ الإسلامَ و المسلمين , اللهم أَذِلَّ الشِركَ و المُشرِكِين , أللهم انْصُرْ اخوانَنَا المسلمين و المجاهدين و المُسْتَضْعَفِين , فى فلسطين و فى لُبْنَان و فى العراق وفى كل مكان و فى كل زمان.

“Allahumma a’izzal islaama wal muslimiin, allahumma adzillasy syirka wal musyrikiin, Allahumma anshur ihwaananaal muslimiina wal mujaahidiina wal mustadh’afiina fii falisthiin wa fii labnaan wa fiil ‘iraaq wa fii kulli makaani wa fii kulliz zamaan.”

Artinya, “ ya Allah muliakanlah (agama) Islam dan orang Islam, ya Allah hinakan syirik dan musyrik (orang yang berbuat syirik) ya Allah tolonglah saudara kami yang muslim dan mujahidin dan golongan lemah di Palestina, Lebanon, iraq, dan disemua tempat juga semua masa.”

Bacaan qunut nazilah diatas adalah contoh doa yang digunakan untuk mendoakan saudara-saudara sesama muslim yang menjadi korban perang. Doa tersebut tidak memiliki lafadz tertentu karena lafadznya disesuaikan dengan musibah yang terjadi.

Doa qunut yang sesuai syariat adalah doa yang ringkas begitu juga dengan doa ini. Membaca doa qunut nazilah yang kita baca hendaknya dibatasi pada apa yang menjadi musibah terkini. Tidak dianjurkan menambah-nambah doa hal-hal lain pada qunut nazilah.

Doa qunut nazilah dilakukan karena adanya musibah besar yang melanda umat Islam. Jika musibah tersebut telah berakhir maka sebaiknya doa qunut nazilah tidak dilakukan lagi karena tidak sesuai dengan ketentuan atau yang dicontohkan Rasululla SAW.

Jika dibaca pada shalat berjamaah hendaknya imam yang membaca doanya untuk mengeraskan suara saat membaca doa. Dianjurkan juga untuk makmum agar mengaminkan doa yang dibaca imam seperti saat mengaminkan bacaan Al Fatihah.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.