Keutamaan yang Diperoleh Jika Rajin Memanjatkan Doa Setelah Sholat

Sholat merupakan tiang agama. Sholat fardhu lima waktu merupakan kewajiban mutlak yang harus dipenuhi oleh setiap umat muslim semasa hidup, selama masih memiliki akal dan pikiran yang normal. Keutamaan doa setelah sholat sangat banyak dibanding waktu-waktu lainnya.

Tidak diberikan kesempatan barang sedikitpun dalam pelaksanaannya, sekalipun dalam keadaan sakit dengan kemurahan boleh dilaksanakan dengan berbagai cara demi memenuhi kewajiban tersebut. Dan barang siapa yang lupa mengerjakan atau secara tidak sengaja tertidur maka kewajiban pula baginya untuk mengganti ketika dia ingat.

Karena sholat adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan setiap umat muslim, sehingga jika dengan sengaja ditinggalkan maka ia termasuk ke dalam segolongan orang yang murtad, dan dianjurkan untuk segera bertaubat.

Cakupan Doa Setelah Sholat

alhadiibrahim.com

Jika ditilik secara bahasa, sholat berarti doa. Sedangkan secara istilah sholat adalah ibadah yang di dalamnya terkandung ucapan dan amalan khusus, yang dimulai dengan mengagungkan nama Allah SWT (takbir) dan diakhiri dengan dua kali salam.

Maka juga tidaklah salah jika sholat disebut dengan doa, sebab memang dalam pelaksanaannya terkandung doa di setiap gerakannya.

Meskipun sholat itu sendiri sudah mengandung doa, namun setelah sholat alangkah lebih baiknya kita juga berdoa. Baik sholat fardhu maupun sholat sunnah tentunya memiliki kekhususan doa tersendiri.

Meskipun secara umum bukanlah kesalahan jika ditinggalkan kekhususan doa tersebut. Namun lebih baik jika doa yang dipanjatkan sesuai dengan sholat dan kepentingannya.

Dzikir dan berdo’a setelah sholat merupakan amalan yang dianjurkan. Keutamaannya akan bertambah lagi jika dilakukan secara berjamaah setelah sholat sebagaimana yang sudah banyak dilakukan umat muslim. Dzikir dan do’a juga sangat baik jika dilakukan dalam setiap kesempatan.

Memiliki hukum sunnah, juga menjadi salah satu cara yang terbaik untuk lebih mendekatkan diri dan selalu mengingat Allah SWT.

Sedangkan dzikir dan doa yang dilakukan dalam waktu sholat fardhu, seusai sholat disunnahkan untuk membaca dzikir, dapat berupa istighfar, tasbih, takbir, maupun tahlil, kemudian dilanjutkan dengan doa-doa lainnya.

Adapun doa setelah sholat ini merupakan kumpulan dari doa sehari-hari. Bisa dimulai dengan mengucap hamdalah sebagai rasa syukur atas kehidupan, sholawat nabi untuk memuja dan mendoakan nabi, doa keselamatan dunia dan akhirat dan doa penutup.

Keutamaan Dzikir

style.tribunnews.com

Secara umum, dzikir memiliki banyak sekali keutamaan, berikut ini beberapa keutamaan dzikir.

  1. Perintah Allah SWT
  2. Mendatangkan pahala dan ampunan
  3. Senantiasa menjadi hamba yang diingat Allah SWT
  4. Mendapatkan ketenangan hati, serta dilimpahi kedamaian dan kebahagiaan dalam hidup

Dan sesungguhnya sudah dijelaskan dalam HR. Tirmidzi;Hasan, bahwa keutamaan dzikir dan doa setelah sholat akan selalu didengar Allah SWT. Doa setelah sholat fardhu merupakan salah satu bentuk pengabdian seorang hamba yang merendah dan meminta kepada Tuhannya.

Isi dari Doa Setelah Sholat

islamudina.com

Sedangkan doa setelah sholat fardhu sendiri, merupakan kumpulan dari beberapa doa dan bisa anda tambahkan sendiri doa secara pribadi.

Namun secara umum, biasanya berisi doa untuk kebaikan diri, kebaikan dunia dan akhirat, ketetapan iman dan islam, serta dimatikan dalam keadaan husnul khatimah. Berikut ini doa setelah dzikir yang dapat diamalkan seusai melaksanakan sholat.

Bismillaahirohmaanirrohiim. Alhamdulillaahirobbil ‘aalamiin. Allaahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammadin wa’alaa aali sayyidina Muhammad.

1. Allaahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii’il aafaat. Wa taqdhii lanaa bihaa min jamii’il haajaat. Wa tuthohhirunaa bihaa min jamii’is sayyi_aat, wa tarfa’unaa bihaa ‘indaka a’lad_darojaat. Wa tuballighunaa bihaa aqshol ghooyaat. Min jamii’il khoirooti fil hayaati wa ba’dal mamaat.

2. Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid_diin, wa ‘aafiyatan fil jasadi. Wa ziyaadatan fil ‘ilmi. Wa barakatan fir_rizqi. Wa taubatan qoblal maut. Wa rahmatan ‘indal maut. Wa maghfirotan ba’dal maut.

3. Allaahumma hawwin ‘alainaa fii sakaraatil maut. Wan_najaata minan_naari wal ‘afwa ‘indal hisaab.

4. Robbanaa laa tuzigh qulubanaa ba’da idz_hadaitanaa wahab lanaa min ladunka rahmah. Innaka antal wahhaab.

5. Allaahummaghfirlii dzunuubi waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii soghiiroo.

6. Robbanaa aatinaa fiddunyaa hasanah wafil aakhiroti hasanah waqinaa adzaaban_naar.

Washollallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin Wa’alaa aali sayyidinaa Muhammad. Walhamdulillaahi robbil ‘aalamiin.

Mungkin masih banyak dari kita yang sering kali khilaf atau lupa untuk mengerjakan dzikir dan doa setelah sholat. Setelah mengetahui betapa penting dan keutamaannya, marilah kita mulai terapkan dari sekarang.

Karena sesungguhnya Alllah SWT selalu menyukai hamba-Nya yang senantiasa mau bersujud dan meminta kepada-Nya. Dengan kita menyadari bahwa kita hanyalah hamba yang lemah dan tidak memiliki apapun, sudah selayaknya kita rajin berdoa.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.