Doa Tolak Bala Bacaan Lengkap

Tolak bala atau istilah kerennya mitigasi berarti tindakan pencegahan. Hal tersebut bisa juga diartikan sebagai penangkal bencana. Tolak bala biasanya dikaitkan dengan kegiatan spiritual yang mistis.

Setiap orang pasti tak menginginkan diri mereka tertimpa musibah atau bahaya. Meski begitu yang namanya bencana bersifat unpredictable atau tidak dapat diprediksi. Hal itu juga yang melatar belakangi orang untuk melakukan tolak bala.

Sebenarnya tindakan pencegahan tidak diharamkan karena itu merupakan bagian dari ikhtiar. Namun jika melakukan tolak bala dengan hal-hal yang tidak masuk akal dan berujung kepada kesyirikan itulah yang dilarang.

Doa Tolak Bala

Sebagai seorang muslim kita diperbolehkan untuk memohon keselamatan dari segala musibah yang sedang terjadi atau yang akan datang lewat doa kepada Allah. Ikhtiar tolak bala dengan memanjatkan doa meminta pertolongan dari Allah adalah hal yang diperbolehkan.
Doa tolak bala merupakan bacaan doa yang diperuntukkan agar terhindar dari segala macam bahaya yang mungkin menimpa kita.

Doa Pertama

www.doaharianislami.com

“Allahummadfa’ ‘annal ghalaa’a wal wabaa’a wal fahsyaa’a wal munkara was suyuufal mukhtalifata wasy syadaa’ida wal mihana maadhahara minhaa wa maabaathana. Mim balaadinaa khaassataw wa min buldaanil muslimiina ‘aammatan. Innaka ‘alaa kulli syai’in qadiir.”

Ya Allah, hindarkanlah kami dari resesi ekonomi, musibah, penyakit, kekejian, kemunkaran dan bencana yang timbul karena perang, kesulitan-kesulitan dan berbagai petaka baik yang lahir maupun yang batin. Dari negeri kami khususnya atau dari negeri kaum muslim pada umumnya. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuuatu.

Doa Kedua

للَّهُمَّ بِحَقِّ الفَاتِحَةِ وَسِرِّ الفَاتِحَةِ، يَا فَارِجَ الهَمِّ يَا كَاشِفَ الغَمِّ، يَا مَنْ لِعَبْدِهِ يَغْفِرُ وَيَرْحَمُ، وَيَا دَافِعَ البَلَاءِ يَا اللهُ يَا رَحْمَنُ، وَيَا دَافِعَ البَلَاءِ يَا اللهُ يَا رَحِيْمُ ا

“Allaahumma bihaqqil faatihati wa sirril faatihati yaa faarijal hammi wa yaa kaasifal ghammi yaa man li’ibaadihii yaghfiru wa yarhamu. Yaa daafihal balaa-i yaallaahu wa yaa daa fihal balaa-i yaa rahmaanu wa yaa daafi’al balaa-i yaa rahiim.”

Ya Allah dengan hakikat Al Fatihah dan rahasia yang ada dalam Al Fatihah, wahai pemberi jalan keluar, wahai pembuka atas kegelisahan, wahai Tuhan yang kepada hambaNya Mengampuni dan Menyayangi. Wahai Penolak bala ya Allah wahai Pengasih, wahai Penolak bala ya Allah wahai Maha Penyayang.

Membaca Shalawat Setelah Doa

Setelah membaca doa tolak bala dianjurkan seseorang untuk membaca shalawat atau pujian singkat berikut ini.

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ، وَسَلَامً عَلَى المُرْسَلِيْنَ، وَالحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

“wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihi ajma’iin. Subhaana rabbika rabbil ‘izzati ‘ammaa yashifuun, wa salaamun ‘alaal mursaliin, wal hamdulillahi rabbil ‘aalamiin.”

Semoga Allah memberikan shalawat bagi baginda Nabi Muhammad, keluarga, dan semua sahabatnya. Maha suci Allah dari segala apa yang mereka sifatkan, salam Allah untuk para rasulNya, segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

Ritual Tolak Bala

Di Indonesia yang kaya akan budaya banyak terdapat ritual-ritual, seperti ritual tolak bala yang tidak disyariatkan dalam islam. Diantara ritual tolak bala tersebut adalah kenduri atau kenduren, Barong Ider Bumi, ritual Metulak, dan sebagainya.

Ritual tolak bala sering dipaksakan untuk mendapat posisi terhormat sebagai warisan budaya atau warisan leluhur. Padahal ritual-ritual demikian justru menjauhkan kita dengan Allah subhanahu wa ta’ala. Apapun alasannya melakukan amalan yang tidak sesuai dengan ajaran Rasulullah apalagi menjurus kepada perbuatan syirik sangat dilarang di dalam Islam.

Cukup menolak bala dengan mengamalkan doa-doa yang ada. Semoga dengan membaca doa tolak bala tersebut Allah menjaga kita semua dari segala macam bahaya baik lahir maupun batin.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.