Drama Korea Terbaik dengan Rating Tertinggi dari Zaman Old Sampai Zaman Now
Soompi.com

8 Drama Korea Terbaik dengan Rating Tertinggi dari Zaman Old Sampai Zaman Now

Posted on

“Korea”, apa yang pertama kali terbesit di benak kamu ketika mendengar negara ini? Yups, apalagi kalau bukan K-pop, K-drama, makanan dan hanboek. Ya, pemerintah korea telah berhasil memperkenalkan segala aspek negara tersebut melalui Halyu wave.

Halyu wave merupakan istilah yang digunakan oleh negara Tiongkok pada tahun 90-an, ketika musik K-pop dan serial drama korea mulai popular diputar di negara tersebut lalu diikuti oleh beberapa negara Asia Tenggara termasuk Indonesia, Thailand, Filipina, Vietnam dan Malaysia.

Pada akhir tahun 90-an, serial drama korea dianggap berperan penting dalam menyebarkan segala aspek negara Korea ke kanca internasional. Drama korea dinilai sesuai dengan culture masyarakat Asia pada umumnya.

Pengerjaan drama korea yang dilakukan dengan sedetail mungkin serta sinematografi yang mumpuni dan ditunjang dengan kemampuan akting para aktor dan aktris nya yang ciamik membuat penonton dapat meresapi alur cerita drama korea seolah-olah drama sesuai dengan kehidupan sehari-hari penontonnya.

Bahkan, tak jarang penonton drama korea terbawa alur cerita sehingga ikut menangis tersedu-sedu ketika pemeran utamanya sedang menangis. Pemilihan tema cerita drama korea yang dekat dengan kehidupan penonton menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Nilai kekeluargaan antar keluarga dan tetangga, nilai persahabatan, persaingan antar kolega bisnis dan bahkan persaingan politik baik masa zaman kerajaan sampai pemerintahan saat ini disajikan dengan sangat apik baik dari segi alur skenario yang sistematis, lokasi shooting yang detail dan akting aktor dan aktris yang matang.

Oleh sebab itu, tak jarang dari drama korea penonton mendapatkan hal-hal positif seperti menambah wawasan mengenai sejarah negara tersebut, termotivasi untuk selalu berjuang dan tidak mudah menyerah, serta menjaga hubungan baik terhadap sesama manusia sebagai bentuk dari mahkluk sosial.

Daftar Drama Korea Terbaik dengan Rating Tertinggi

Nah, yuk intip drama korea apa saja yang paling digemari oleh penontonnya dan hal positif apa saja yang bisa kita ambil dari drama tersebut. Lets check it out!!

1. Dae Jang Geum (2003)

nakita.grid.id

“Onara-onara aju Ona..” siapa yang tak kenal dengan lirik tersebut? Jika kamu menyanyikannya tidak salah lagi kamu salah satu penikmat drama legendaries Dae Jang Geum.

Berlatar belakang cerita di jaman kerajaan Joseon, Jang Geum (diperankan oleh Lee Young Ae ) merupakan tokoh wanita pintar, cantik, dan supel. meskipun ia seorang anak yatim piatu, Jang Geum berhasil bertahan melewati segala rintangan dan berhasil masuk ke dalam istana.

Melalui keberaniannya, rasa ingin tahu yang tinggi dan keahliannya dalam memasak serta meramu obat membuat Jang Geum banyak mengalami penderitaan dan dijauhi oleh rekan-rekan nya sesame pekerja di dalam istana.

Namun, ia tetap gigih dan tulus dalam memasak dan meramu obat demi memberikan kebahagian serta kesehatan bagi orang yang memakan masakannya serta ramuan obatnya. Kegigihannya tersebut membawa ia menjadi perempuan pertama yang menjadi dokter istana yang melayani raja dalam sejarah Korea.

Drama ini menjadi salah satu drama yang menyebarkan virus halyu wave di kancah internasional. Scene masak-memasak dalam drama ini telah berhasil memperkenalkan masakan tradisional Korea kepada masyrakat internasional. Drama ini juga telah di putar setidaknya di 60 negara.

2. Full House (2004)

Drama Korea Terbaik dengan Rating Tertinggi dari Zaman Old Sampai Zaman Now
brilio.net

Bisa dikatakan drama full house adalah salah satu pioner drama yang mengusung tema pernikahan kontrak. Han Ji EUn (Song Khye Gyo) mendapati rumahnya dijual oleh sahabat terdekatnya kepada salah satu artis terkenal Lee Young Jae (Rain).

Untuk mendapatkan kembali satu-satunya peningggalan orang tuanya itu, Han Jie Eun harus mendandatangani perjanjian kawin kontrak dengan Lee Young Jae. Lee Young Jae sendiri merupakan aktor papan atas yang terkenal dingin.

Akan tetapi, sifat asli Lee Young Jae yang selama ini terpendam lama-kelamaan keluar ketika bersama Han Ji Eun. Kekonyolan Han Jie Eun mampu merubah sikap Lee Young Jae yang awalnya benci menjadi cinta.

Kehidupan pernikahan kontrak yang awalnya benci menjadi cinta menjadi salah satu kekuatan drama ini. Rain mampu menampilkan akting dengan sangat apik bagaimana Young Jae merasa bingung ketika ia menyadari ia mulai menyukai Ji Eun sementara disisi lain ia juga memiliki perasaan spesial terhadap sahabat kecilnya.

3. Kim Baker Kim Tak Goo (2010)

Drama Korea Terbaik dengan Rating Tertinggi dari Zaman Old Sampai Zaman Now
korea.iyaa.com

Jika kamu menyukai drama Makjang, maka drama ini salah satunya. Penulis melalui drama ini ingin menyampaikan mengenai perjuangan hidup, tentang keluarga, tentang cinta, persaudaraan, kebencian, dan masa depan.

Selain itu, penulis juga ingin penonton dapat melihat sudut pandang yang berbeda dari orang yang disakiti dan orang yang menyakiti.

Kim Tak Goo (Yoon Shi Yoon) ingin menjadi seorang pembuat roti yang handal. Namun, kisah drama ini tidak melulu tentang bagaimana membuat roti yang enak namun juga mengenai perjuangan seorang anak laki-laki dalam menemukan ibu kandunga nya yang sudah terpisah sejak ia berusia 12 tahun.

Kim Tak Gu merupakan anak hasil hubungan gelap pengusaha roti kaya raya. Untuk melindungi Kim Tak Go, ibunya terpaksa mengasingkan diri di pinggiran kota dan kembali lagi setelah Tak Go berusia 12 tahun.

Kehadiran nya tentu saja sangat tidak disukai oleh saudara laki-lakinya yaitu Ma-Jun (Joo Won ) yang ternyata juga anak dari hasil hubungan gelap.

Karena dibenci oleh ibu dan saudara tirinya, akhirnya Tak Gu kecil memutuskan untuk tetap tinggal bersama ibu kandungnya. Namun sayang ditengah kisah, ibu kandungnya diculik dan sejak saat itu Tak Gu berpisah dengan ibu nya dan bertekat untuk selalu mencari Ibu kandungnya.

4. Boys Before Flower (2009)

Drama Korea Terbaik dengan Rating Tertinggi dari Zaman Old Sampai Zaman Now
Kdramalove.com

Boys before flower merupakan drama remake dari drama sebelumnya yaitu Hana Yori Dango versi Jepang dan meteor garden versi Taiwan.

Menceritakan tentang sekelompok anak orang kaya yang tergabung dalam kelompok F4 yaitu Go Jun Pyo (Lee Min Ho), Yoon Ji Hoo (Kim Hyun Joong), So Yi Jung (Kim Bum) dan Song Woo Bin (Kim Joon).

Cerita dimulai dengan adegan seorang adis yang bernama Geum Jan Di (Ku Hye Sun) menyelamatkan seorang siswi yang ingin melompat dari atap gedung sekolah. Karena peristiwa tersebut Jan Di pun mendapatkan beasiswa untuk bersekolah di sekolah elit tersebut.

Selama hari pertama sekolah, Jan Di berusaha untuk menghindari kelompok F4, namun pada kenyataannya Jan Di justru harus berurusan dengan leader dari kelompok tersebut, yaitu Gu Jun Pyo.

Buntut dari pertengkaran tersebut, Jan Di harus menjadi pembantu Gun Jun Pyo. Interaksi Gun Jun Pyo dengan Jandi lama kelamaan menimbulkan butir-butir cinta diantara mereka berdua.

Dalam drama ini tidak hanya fokus kepada percintaan segitiga antara Jandi, Jun Pyo dan Ji Hoo, tetapi ada pasangan lainnya yang tidak kalah menggemaskan yaitu sahabat dekat jandi Jie Eun yang jatuh cinta dengan salah satu anggota F4 yaitu So Yi Jung.

5. My Love from Another Star (2015)

Drama Korea Terbaik dengan Rating Tertinggi dari Zaman Old Sampai Zaman Now
Papasemar.com

Wabah alien ganteng terjadi di pertengahan tahun 2015, ya setidaknya itu lah yang terjadi di dunia K-drama tahun 2015. Siapa sangka, Kim Eun Sook selaku penulis mampu merubah image alien yang selama ini digambarkan berwajah seram dan tak bersahabat menjadi sosok yang sangat tampan nan karismatik.

Kim So Hyun dipercaya untuk memerankan karakter sang Alien tersebut sebelumnya sudah terkenal dengan beberapa drama dan mendapatkan rating tinggi sebut saja Dream high dan drama The Moon that Embrace The Sun.

Di drama ini, Kim So Hyun mampu menampilkan sosok alien ganteng yang berusia 20 an tahun, meskipun sudah berusia 400 tahun namun dengan pemikiran layaknya seorang kakek usia 70 tahun.

Bayangkan saja, seorang pria tampan usia 20 an tahun tetapi kerap kali melontarkan joke atau istilah-istilah yang hanya dimengerti oleh mereka yang sudah berusia 70 tahun. Yapp, begitulah karakter alien ganteng kita ini yaitu kaku, to the point dan filosofis.

Konflik drama ini adalah mengenai kesendirian Do Min Joon berada di bumi dan harapannya yang akan segera terwujud untuk meninggalkan bumi dalam waktu dekat.

Namun, menjelang hari-hari terakhirnya di bumi, Do Min Joon bertemu dengan Coi Song Yi (Jun Ji Hyun) yaitu seorang aktris papan atas dan reinkarnasi dari seorang gadis yang dicintai Do Min Joon saat pertama kali menginjakkan kaki di bumi.

Do Min Joon adalah seorang alien yang telah menetap di bumi sejak 400 tahun yang lalu karena tertinggal pesawat yang akan membawa nya ke planet asal.

Do min joon harus menunggu sekitar 400 tahun berikutnya untuk dapat kembali ke asal nya. menjelang waktu kepulangan nya, Do min Joon bertemu dengan Choi song yi yaitu artis papan atas yang memiliki sifat menyebalkan namun sebenarnya kesepian.

Tanpa diketahui, ternyata dimasa lalu Do min Joon memiliki hubungan spesial dengan seseorang yang mirip dengan Choi song yi. Karena kemiripan itu do Min Joon pun penasaran dan beberapa kali menyelamatkan Song Yi dari kecelakaan yang membahayakan nyawa nya.

Semakin lama Do Min Joon memiliki ketertarikan terhadap Song Yi dan begitu pula Song Yi yang bergantung terhadap Do Min Joon. Kisah percintaan ini pun semakin rumit ketika waktu kepulangan Min Joon semakin dekat.

Disisi, lain keberhasilan drama ini juga didukung oleh akting Jun Ji Hyun dalam memerankan karakter Choi Song Yi. Jun ji Hyun mampu menampilkan sosok Song Yi secara luwes yaitu emosional, hillarious, dan menyebalkan.

6. Reply 1988

Drama Korea Terbaik dengan Rating Tertinggi dari Zaman Old Sampai Zaman Now
yukahh.com

“Mbeeeekkkkk….” kalau kamu sudah menonton reply series, kamu pasti nggak asing lagi sama backsound unik itu. Reply 1988 merupakan series yang paling sukses bila dibandingkan dengan Reply 1997 dan Reply 1994 sebelumnya.

Memiliki konsep yang sama dengan series sebelumnya yaitu alur mundur, Reply 1988 tidak kehilangan jati diri nya. Berlatar belakang waktu tahun 1988 kita penonton diajak bernostalgia kembali ke zaman tersebut.

Dimulai dari property yang identik dengan tahun 1988, dan pakaian khas tahun 80 an serta lagu-lagu yang terkenal di zaman tersebut.

Drama ini selain menceritakan tentang konfliks percintaan, juga menghadirkan cerita mengenai persahabatan dan kekelurgaan antar tetangga. Keperdulian dengan tetangga sebagai mahkluk sosial banyak ditampilkan dalam beberapa scene dalam drama ini.

Penulis ingin menyampaikan bahwa sudah sepantasnya kita sebagai sesama manusia saling tolong menolong, seolah ingin mengingatkan kembali nilai-nilai tersebut kepada generasi milenial yang semakin individualis. Narator seringkali membacakan kalimat-kalimat bijak yang sangat memotivasi dan cocok dengan kehidupan kita saat ini.

Drama ini menampilkan 5 sahabat yang bersahabat sedari kecil yaitu Sung Dok Sun (Hye Ri Girls Day), Jung Hwan (Ryu Jun Yeol), Choi Taek (Park Bo Gum), Go Kyung Pyo dan Lee Dong Hwi sukses membawa kita ke masa SMA zaman 80 an.

Dalam penggarapannya, drama ini bisa dikatakan sangat detail disetiap adegan nya. Banyak sekali detail yang menunjukkan bahwa cerita drama ini memang menunjukkan tahun 1988 seperti pakaian, lagu-lagu yang diputar di radio, kemasan makanan dan kebiasan-kebiasan anak muda khas tahun 80an.

Seperti Reply series sebelumnya, penonton diminta untuk menebak siapa sumai Song Dok Seon yang sesungguhnya berdasarkan clue yang diberikan di setiap episodenya.

Bahkan, kabarnya pemain sendiri pun tidak mengetahui siapa menikah dengan siapa sampai diakhir episode. Menonton drama ini sungguh akan membawa penonton kembali bernostalgia akan zaman 1988.

7. Descendant of the Sun (2016)

Drama Korea Terbaik dengan Rating Tertinggi dari Zaman Old Sampai Zaman Now
layar.id

Banyak K-drama yang mengusung tema detektif atau kepolisian tapi hanya sedikit yang mengusung tema tentang kemiliteran. Yups, Penulis Kim Eun Sook kembali berhasil mengangkat kisah percintaan antara seorang tentara yaitu kapten Yo Si Jin (Song Jong Ki) dengan seorang dokter cantik berbakat Kang Mo Yoon (Song Hye Kyo).

Song Jong Ki dapat memerankan karakter Yoo Shi Jin dengan sangat apik, yaitu pemimpin dari Alpha Team pasukan khusus penjaga perdamaian PBB dari Korea Selatan untuk menjaga negara konflik dengan nasionalisme yang tinggi dan tanggung jawab yang besar terhadap negaranya.

Siap ditugaskan dimana saja dan mampu mengambil keputusan penting disaat genting membuat penonton terkesima dengan aura kepemimpinan Big Boss ini.

Sementara karakter Kang Moo Yeun dapat diperankan dengan luwes oleh aktris cantik Song Hye Kyo. Kang Moo Yeun merupakan dokter berbakat yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Sikapnya yang terus terang dan apa adanya membuatnya memiliki daya tarik tersendiri dimata kapten Yoo Shi Jin.

Dua sejoli ini dinilai cukup unik karna menampilkan sikap terus terang dan tingkat kepercayaan diri yang tinggi saat awal pendekatan. Gengsi Kang Mo yoon yang tinggi serta sikap kapten Yon Si jin yang straightforward membuat penonton geleng-geleng kepala dan ikut tersipu saat sang kapten mulai melancarkan rayuan nya.

Cerita tidak hanya berpusat pada dua tokoh utama saja, melainkan terdapat tokoh lain yang tak kalah membuat penonton baper, yaitu pasangan sersan Seo Dae Young (Jin Goo) dan dokter tentara Yoon Myeong-ju (Kim Ji Won).

Kisah cinta mereka tersandung status sersan Seo Dae Young yang berasal dari kelurga biasa saja sementara dokter Yoon Myeong-ju merupakan anak petinggi militer di korea selatan.

Tidak adanya cerita cinta segitiga atau segi empat pada drama ini merupakan salah satu keistimewaan drama ini. Sang penulis mampu menampilkan konfliks yang baik tanpa harus melibatkan pemeran utamanya terlibat cinta segita atau segiempat yang membingungkan.

Disini Kim Eun Sook mampu menghadirkan konflik perbedaan idealisme antara Kapten Yoo Shi Jin yang seorang tentara dapat membunuh siapa saja akibat tuntutan pekerjaan sementara sebaliknya Kang Moo Yeun yang seorang dokter tentu saja prioritasnya adalah menyelamatkan nyawa siapa saja.

Menonton K-drama ini sama sekali tidak rugi, selain menampilkan lokasi syuting yang aduhai dimana salah satu scene diambil di salah satu pantai Navagio di negara Yunani.

Selain itu, yang pasti drama ini menghadirkan sudut pandang baru mengenai kehidupan seorang tentara yang memiliki jiwa patriotisme yang tinggi untuk negaranya tercinta.

8. Goblin (2016-2017)

Drama Korea Terbaik dengan Rating Tertinggi dari Zaman Old Sampai Zaman Now
creativedisc.com

Mengusung tema fantasi kembali membawa drama besutan penulis Kim Eun Sook menjadi salah satu drama paling fenomenal di akhir tahun 2016. Dalam industry K-drama, nama Kim Eun Sook memang sudah tidak diragukan lagi.

Tak tanggung-tanggung, Kim Eun Sook memilih tokoh goblin diperankan oleh aktor papan atas Gong Yoo. Gong Yoo yang belakangan terakhir aktif didunia perfilm-an identik dengan sosok misterius ternyata mampu memerankan sosok Goblin dengan sangat epic sehingga dapat memainkan perasaan penonton yang menontonnya.

Selain menghadirkan cerita dengan genre fantasi, drama ini juga menghadirkan sinematografi level tinggi yang tidak kalah dengan film layar lebar. Penonton disuguhkan dengan teknik pengambilan gambar yang dapat memanjakan mata.

Cerita dimulai saat seorang Jendral yang bernama Kim Shin yang dihukum oleh dewa dengan hidup abadi dengan pedang yang menancap di dadanya. Kim Shin baru bisa meninggalkan dunia apabila pedang tersebut dicabut oleh pengantin Goblin yaitu Ji Eun Tak yang diperankan oleh Kim Go Eun.

Hingga berusia 939 tahun akhirnya ia bertemu dengan Ji Eun Tak yang notabene adalah penganrtin Goblin. Pertemuannya dengan Eun Tak menyadarkan Kim Shin akan cinta sejati yang membuat ia tidak ingin meninggalkan dunia.

Seperti K-drama besutan Kim Eun Sook sebelumnya, kisah romansa tidak hanya berpusat di pemeran utama saja. Kisah sang Malaikat pencabut nyawa (Grim reaper) yang diperankan oleh Lee Dong Wook mampu menciptakan broomance dengan Kim Shin.

Malaikat pencabut nyawa ini pun ditakdirkan memiliki hubungan special dengan seorang pengusaha cantik bernama Sunny (Yoo In Na) yang merupakan reinkarnasi dari adik Kim Shin dimasa lalu.

Kisah fantasi drama ini telah sangat menancap dihati penontonnya, kisah legenda goblin yang unik, bromance antara Kim Shin dan Grim Reaper yang mengundang tawa, perjuangan Ji Eun Tak dalam menghadapi kehidupan dan alur cerita yang seakan tak tertebak membuat drama ini memiliki nilai tersendiri dihati penontonnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.