7 Film yang Menggambarkan Dashyatnya Bencana Alam

Tidak bisa dipungkiri bahwa alam akan selalu lebih kuat daripada manusia. Secanggih apapun teknologi yang manusia ciptakan, alam tetap tidak bisa dikalahkan.

Karena tidak dapat dipungkiri, manusia hanyalah “pendatang” di dalam alam semesta, dimana alam sudah ada jauh sebelum manusia hadir dimuka bumi.

Kedahsyatan alam dalam mengalahkan manusia ternyata menjadi inspirasi para kreatif dunia perfilman untuk membuat film yang menggambarkan kuatnya sebuah bencana alam. Beberapa film bencana alam diambil dari kisah nyata, ada pula yang hanya fiktif, imajinatif.

Tapi pointnya sama-sama ingin menunjukkan bahwa alam bisa dengan mudah menghancurkan apa saja dalam sekejap. Dimana pun, kapan pun, tidak terduga, atau sering disebut dengan rahasia alam.

Daftar Film Bencana Alam Terbaik

Berikut 5 film bencana alam terbaik untuk kamu tonton :

1. 2012

Film yang Menggambarkan Dashyatnya Bencana Alam
dionbarus.com

Bedasarkan penafsiran kalender penghitung hari suku Maya, para peneliti menyimpulkan bahwa suku Maya telah meramalkan hari kiamat pada tahun 2012.

IHC (institute for Human Contunity) yang mengadakan penelitian rahasia, membangun sebuah kapal di pegunungan Himalaya untuk mengantisipasi terjadinya bencana besar. Kapal tersebut dibuat untuk menyelamatkan manusia dari kepunahan.

Pada tahun 2012 terjadilah bencana alam terbesar dimuka bumi, membuat otoritas Amerika menyatakan bahwa itu adalah akhir dunia. Gempa bumi, kebakaran, gunung meletus dan tsunami terjadi diseluruh penjuru dunia.

Puncak bencana alam pada film ini terjadi ketika satu persatu ikon-ikon negara besar hancur porak-poranda diterjang tsunami, dan gedung-gedung pencakar langit roboh tersapu ombak.

Selain memberi gambaran mengenai hari kiamat, film ini memiliki cerita utama tentang Jackson, seorang supir limosin yang berusaha menyelamatkan diri dan anak-anaknya, dengan berusaha masuk kedalam kapal buatan IHC. Meskipun Jackson harus bertahan di tengah-tengah bencana untuk menuju kesana.

2. Daylight

Film yang Menggambarkan Dashyatnya Bencana Alam
empireonline.com

Terjadi kemacetan panjang di terowongan bawah tanah Holland. Salah satu yang terjebak kemacetan adalah truk berisi bahan kimia berbahaya.

Sedangkan dari luar trowongan, mobil perampok yang dikejar polisi, dengan kecepatan penuh masuk kedalam terowongan dan menghantam truk berisi bahan kimia. Truk meledak, dan api menjalar keseluruh sisi terowongan.
Seluruh kendaraan hangus terbakar, menyisakan korban-korban yang merintih sekarat.

Kit adalah supir taxi yang pernah menjadi anggota tim penyelamat, ia berusaha menolong para koban yang terjebak. Diantara kepulan asap, Kit berlomba dengan waktu untuk mencari jalan keluar, sebelum oksigen didalam terowongan habis dan membunuh dirinya dan semua korban.

Tidak sampai disitu, konstruksi terowongan yang rusak berat juga mengancam nyawa kit dan anggota penyelamat lainnya.

3. Pompeii

Film yang Menggambarkan Dashyatnya Bencana Alam
Tribunnews.com

Kota Pompeii memang terkenal dengan kisah kesombongan rajanya dan moral penduduknya yang rusak, sehingga diazab oleh tuhan dengan hujan batu.

Yaa.. tidak jauh dari cerita itu, film ini diangkat. Hanya saja dalam film ini diceritakan lebih detail dengan dibumbui kisah cinta seorang gladiator yang menjadi tokoh utama.

Kota Pompeii sendiri terletak di kaki gunung api Vesuvius, Italy. Gunung api tersebut mulai memberi tanda-tanda akan erupsi, tapi penduduk kota Pompeii tidak menghiraukannya. Hingga akhirnya ledakan maha dahsyat terjadi.

Gunung Vesuvius memuntahkan lahar panas yang lansung meluncur ke jantung kota Pompeii, disertai lontaran batu-batu besar dari puncak gunung. Bencana letusan gunung Vesuvius membuat kota Pompeii bagai dihujam hujan meteor.

Abu vulkanik menutup kota itu dengan tinggi lebih dari 4 meter, mengubur kehidupan yang ada, termasuk kisah cinta seorang gladiator, juga kisah keserakahan para pemimpin kota Pompeii.

4. Train to Busan

Film yang Menggambarkan Dashyatnya Bencana Alam
allkpop.com

Jangan berharap film Korea yang satu ini dipenuhi Oppa-Oppa ganteng dan cewek-cewek imut ala-ala girlband. Dalam film “Train to Busan”, kita akan melihat sebuah bencana wabah penyakit misterius yang membuat orang-orang yang terinfeksi berubah menjadi mayat hidup.

Berawal dari bocornya virus di area yang sebelumnya terisolasi, menyebabkan penyebaran wabah penyakit dari satu orang ke orang lain begitu cepat.

Seok-woo dan anaknya Su-an sedang berada di kereta menuju Busan, saat seorang perempuan aneh menyerang pelayan kereta. Tak lama kemudian pelayan itu berubah menjadi zombie dan mulai menyerang penumpang yang lain.

Diatas kereta yang terus berjalan, satu persatu penumpang mulai terinfeksi. Para mayat hidup itu terus mengejar dan menyerang siapapun didekat mereka. Sudah terbayang bagaimana mengerikannya berada di satu kereta, bersama tubuh-tubuh penyebar virus??

Film ini tidak kalah mendebarkan dari film horor. Dan perjuangan Seok-woo melindungi anaknya dari serangan zombie, cukup mengaduk emosi. Hingga kereta sampai di Busan, menyisakan 2 orang yang selamat dari infeksi virus. Siapa kah mereka??

5. Twister

vaFilm yang Menggambarkan Dashyatnya Bencana Alam
directsupplynetwork.org

Film yang masuk dalam nominasi Oscar dalam kategori Best Effect dan Visual Effect ini memang tidak diragukan lagi keseruannya.

Menggambarkan kekuatan angin Tornado yang memporak-porandakan rumah, kendaraan, dan apasaja yang dilewatinya. Ketika semua orang berlarian menyelamatkan diri, justru dua tim pemburu Tornado begitu semangat mendekat ke pusaran angin.

Dua tim pemburu Tornado saling bersaing mendapatkan data dan informasi, meskipun nyawa mereka terancam. Pusaran angin telah menghancurkan sebagian kota dan mereka tidak menyerah.

Film berdurasi 1 jam 53 menit ini sangat mendebarkan, terutama ketika angin menghancurkan rumah dan menerbangkan puing-puing keatas, diantara langit yang gelap.

6. Hurricane (Ouragan, l’odyssée d’un vent)

Film yang Menggambarkan Dashyatnya Bencana Alam
iMovies.cc

Film dokumenter ini menunjukkan rekaman badai Lucy yang berhasil terekam di 12 negara dalam kurun waktu empat tahun belakangan. Rekaman juga diambil dari satelit luar angkasa untuk menunjukkan visualisasi badai tersebut.

Dalam durasi 83 menit film ini, kita akan menonton dahsyatnya kekuatan badai ini. badai Lucy sendiri, dapat meniupkan angin dengan kecepatan 200km/jam.

Film dokumenter tentang bencana alam ini dirilis tahun 2015. “Hurricane” juga pernah ikut meramaikan festival film eropa di Surabaya dan Yogyakarta bulan Mei lalu.

7. Deepwater Horizon

Film yang Menggambarkan Dashyatnya Bencana Alam
oildoc.ir

Akibat kelalaian perusahaan, sebuah kilang minyak milik British Petroleum yang didirikan di tengah laut mengalami kebocoran. Kebocoran tersebut memicu ledakan besar dan menelan korban para pekerja.

Sebanyak 11 orang meninggal dunia dalam ledakan kilang minyak bumi tersebut. Untuk mengingat kejadian tersebut, dibuatlah film ini. Tepat lima tahun setelah ledakan terjadi.

Film yang diangkat dari kisah nyata ini menjadi peringatan untuk perusahaan sejenis, bahwa keselamatan pekerja dan keamanan harus selalu diprioritaskan. Semoga kejadian serupa tidak terulang lagi..

Bagaimana? Tertarik untuk menonton semua film diatas?

Film-film yang mengangkat tema bencana alam, biasanya memiliki keunggulan dalam permainan special effect untuk menghadirkan gambaran senyata mungkin.

Serta, membuat penonton deg-degan setengah mati, melihat perjuangan pemeran utama diambang kematian, berusaha menghindar dari amukan bencana alam. So, selamat menikmati..

Simak artikel-artikel berikutnya di Pasberita.com, dan dapatkan informasi menarik lainnya. Sampai jumpa good people!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.