6 Film Game Terbaik dengan Efek CGI yang Memukau Para Penikmatnya

Posted on

Film bertema game terutama film-film Hollywood biasanya menjadi Box Office karena banyak disukai penonton berkat efek CGI-nya (Computer Generated Imagery) yang keren. Bagi pengamat film efek CGI dalam sebuah film bergenre tertentu akan sangat diperhatikan. Apakah hasilnya halus atau kasar sehingga tidak melebur dengan latar sekitarnya. Efek CGI yang bagus biasanya akan menghasilkan film game terbaik di jajaran box office.

Selain efek CGI film-film bertema game menyuguhkan jalan cerita yang seru sekaligus menegangkan. Film bergenre game biasanya memiliki penilaian batas usia untuk semua kalangan atau untuk tontonan keluarga. Meskipun beberapa film ada yang menampilkan sedikit adegan kekerasan, perkelahian, maupun percintaan namun secara keseluruhan film game bisa dinikmati semua kalangan.

Film-film bertema game rata-rata terinspirasi dari permainan-permainan yang ada di sekitar kita atau kehidupan nyata. Tak jarang juga film-film bertema game ikut menginspirasi pembuatan permainan di dunia nyata. Berbeda dengan film-film bergenre game yang justru kebanyakan mengadaptasi dari permainan digital maupun game console yang telah ada sebelumnya. Tak heran bilam film jenis ini sudah mempunyai pengemarnya tersendiri.

Film Game Terbaik

Berikut ini beberapa film game terbaik yang bisa jadi refensi kalian.

1. Jumanji (1995)

“Jumanji” merupakan salah satu film box office dengan effect CGI yang bagus. “Jumanji” adalah film bertema game, tapi tidak bergenre game melainkan film keluarga fantasi petualangan. Film ini diproduksi pada tahun 1995 dan dibintangi oleh Robin Williams, Kristen Dunst, Bonnie Hunt, serta Bradley Pierce. Saat bermain film ini umur Kristen Dunst yang juga berperan sebagai Mary Jane di film Spiderman masih berusia 13 tahun.

Film “Jumanji” menceritakan tentang dua orang kakak beradik yang menemukan sebuah papan permainan kuno yang membawa mereka masuk ke dalam dunia permainan ala-ala kehidupan hutan. Saat melihat film ini kalian mungkin akan teringat dengan permainan ular tangga maupun monopoli.

2. Lara Croft: Tomb Raider (2001)

Bagi kalian penggemar aktris Angelina Jolie pasti sudah tak asing lagi dengan karakternya yang satu ini, yup! Lara Croft. Lara Croft merupakan karakter dari sebuah video game “Square Enix Tomb Raider”. Jolie mendapatkan peran utama sebagai Lara Croft dalam film yang diadaptasi dari game tersebut. Film adaptasi game Tomb Raider ini bergenre sama dengan gamenya, yaitu aksi petualangan.

Tomb Raider sendiri merupakan sebuah game yang dikembangkan oleh perusahaan Crystal Dinamics dan diterbitkan oleh Eidos Interactive. Game Tomb Raider tersedia untuk Microsoft, Playstations, Xbox, Nitendo, Gamboy, serta pada aplikasi ponsel pintar. Pada gamenya karakter Lara didesain sebagai seorang wanita penjelajah yang bertualang mencari pedang Excalibur yang mistis. Tiap levelnya lara memilliki pertarungan yang berbeda-beda tingkat kesulitannya baik itu musuh maupun teka-teki yang harus dipecahkan.

Pada filmnya karakter Lara Croft yang diperankan Angelina Jolie juga tidak jauh berbeda dengan karakter Lara Croft pada video gamenya. Lara merupakan seorang anak yatim dari seorang arkeologis yang memiliki misi untuk menyelamatkan artefak berharga agar tidak jatuh ketangan penjahat. Lara Croft harus memecahkan beberapa teka-teki dengan petunjuk-petunjuk yang diberikan mediang ayahnya untuk menemukan harta karun artefak berharga tersebut.

Secara keseluruhan film ini cukup mewakili perjalanan Lara Croft yang ada pada video game. Angelina Jolie juga berhasil memerankan karakter Lara dengan apik. Bahkan selama proses syuting Angie sangat totalitas dalam memerankan karaktenya hingga ia sempat cedera pada kakinya dan harus berhadapan dengan ular saat syuting di dalam hutan.

3. Zathura: A Space Adventure (2005)

Salah satu film box office bertema permainan lainnya adalah “Zathura”. Sama halnya seperti “Jumanji”, film bertema game yang satu ini juga bukan bergenre game melainkan fantasi petualangan masa depan. Pada film ini kalian akan melihat akting dari Kristen Stewart yang juga berperan sebagai Bella Swan di “Trilogi Twillight Saga”.

Tak hanya Stewart, kalian juga akan melihat akting dari Josh Hutcherson pemeran Peeta Mellark di film “The Hunger Games” saat masih berusia 13 tahun. Perlu kalian ketahui kalau usia Kristen dan Josh hanya terpaut dua tahun, tapi di film “Zathura” Josh memerankan adik laki-laki yang usianya terpaut agak jauh dengan Kristen. “Zathura” sendiri bercerita tentang petualangan luar angkasa dua kakak beradik Danny (Jonah Bobo) dan Walter (Josh Hutcherson) lewat papan permainan Zathura.

4. Pixel (2015)

Film bertema game yang satu ini dibintangi oleh aktor Adam Sandler, Kevin James, serta Michelle Monaghan. Film bergenre komedi aksi ini berlatar belakang masa depan sehingga film ini juga bisa dikategorikan sebagai film sci-fi. “Pixel” menggabungkan cerita tentang alien dengan permainan arcade jaman dulu yang sangat melegenda, yaitu Pacman.

Game arcade buatan jepang ini sering dimainkan anak-anak generasi 80 hingga 90-an. Jika pada permainan aslinya Pacman si mahluk kuning yang berbentuk seperti emotikon tersebut digunakan pemain sebagai karakter utama untuk mengumpulkan poin dari koin-koin yang dimakannya, maka lain halnya dengan film “Pixel”. Di film ini Pacman tidak memakan koin-koin dan menghindari hantu Blinky, Pinky, Inky, dan Clyde melainkan sebagai alien yang menyerang warga dalam bentuk pixels.

Filmnya sendiri bercerita tentang seorang pecinta permainan arcade, yaitu Sam Brenner yang akhirnya bekerja sebagai seorang pengembang game di sebuah perusahaan ternama. Ia harus bertempur melawan alien yang berwujud Pacman. Alien tersebut bisa merubah sesuatu yang dilewatinya menjadi pixels dan memakannya seperti Pacman yang memakan koin-koin pada game aslinya.

5. Jumanji 2 (2017)

Bagi kalian penggemar film “Jumanji” pasti sudah menunggu-nunggu sekuel dari film yang pernah dibintangi mendiang Robin William tersebut. Pada 2017 sekuel film Jumanji diproduksi dengan nuansa yang berbeda dari pendahulunya dua dekade lalu.

Film bertema ini juga bergenre fantasi petualangan. Perbedaan dari film terdahulunya adalah media permainan “Jumanji” yang dulu berupa permainan papan di sekuelnya ini dikemas dalam bentuk game konsol. Filmnya sendiri bercerita tentang sekelompok remaja yang terjebak dalam avatar game “Jumanji” pada video game jadul. Pastinya film ini tak kalah seru dari “Jumanji” tahun 1995.

6. Tomb Raider (2018)

Setelah sukses dengan karakter Lara Croft yang diperankan oleh Angelina Jolie di tahun 2001. Film “Tomb Raider” dibuat ulang di tahun 2018 dengan Alicia Vikander yang berperan sebagai Lara Croft. Telah identik dengan Angelina Jolie nyatanya Alicia bisa memerankan karakter Lara dengan baik dan berhasil menyuguhkan Lara Croft versi dirinya yang lebih fresh.

Cerita dari film ini tak jauh berbeda dengan filmnya terdahulu. Lara Croft yang seorang anak dari arkeolog yang hilang secara misterius berusaha memecahkan teka-teki untuk memecahkan misteri hilangnya sang ayah.

Itulah beberapa film game terbaik yang sayang untuk dilewatkan. Beberapa diantaranya terinsipirasi dari permainan yang ada di dunia nyata bahkan ada yang diadaptasi langsung dari permainan video game yang sering kita mainkan.

Bagi kalian yang telah menonton beberapa film di atas, tapi belum pernah mencoba gamenya pasti dibuat penasaran seperti apa gamenya. Buat para gamers yang sudah pernah memainkan gamenya mungkin justru penasaran ingin menonton filmnya atau justru sudah menonton saat tahu film adaptasi game favorit kalian dirilis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.