9 Film Hewan Terbaik | Kisah Persahabatan Antara Hewan dan Manusia

Manusia dan hewan merupakan mahluk hidup yang hidup saling berdampinggan. Kita hidup di dunia ini tidak hanya dengan manusia, tapi juga dengan kekayaan alam termasuk hewan. Maka untuk menjaga kelestarian alam kita harus bersahabat dengan alam begitu juga dengan hewan. Banyak film-film yang menggambarkan persahabatan antara hewan dengan manusia. Kalian pecinta hewan pastinya tidak boleh melewatkan film-film hewan terbaik tentang persahabatannya dengan manusia berikut ini.

Film Hewan Terbaik

1. The Amazing Panda Adventure (1995)

Film pertama yang akan kita bahas berhubungan dengan hewan lucu simbol WWF yang terancam punah, panda. Panda merupakan salah satu satwa yang dilindungi dunia karena populasi mereka yang sedikit. Panda yang berasal dari dataran China memang banyak dilestarikan di negara asalnya tentunya dengan bantuan organisasi dunia.

Dalam film ini seorang anak laki-laki berkebangsaan Amerika pergi mengunjungi ayahnya yang seorang zoologist di sebuah penangkaran panda di China saat liburan musim panas. Ia terlibat dalam aksi penyelamatan panda dari pemburu setempat yang ingin membunuh Ibu dan menjual bayi panda ke kebun binatang. Dibantu Ling seorang gadis Tiongkok yang merupakan penduduk asli bersama kakeknya menyelamatkan panda-panda tersebut dari tangan-tangan jahat.

Panda-panda tersebut merupakan panda terakhir yang akan dikembangbiakkan oleh penangkaran agar tempat tersebut tidak ditutup oleh birokrat yang mudah disuap. Siapkan tisu kalau melihat film ini karena kita akan melihat adegan bayi panda yang terpisahkan sementara dari Ibunya dan harus berjuang bersama teman-teman manusianya di dalam hutan untuk menghindar dari kejaran pemburu.

2. China: The Panda Adventure (2001)

https://www.youtube.com/watch?v=qMF7MepbqO0

Masih tentang panda, film hewan terbaik satu ini mendapat respon yang lebih positif dari film “The Amazing Panda Adventure”. Kedua film tersebut memang tidak berkaitan hanya namanya saja yang hampir sama. Ceritanya ada sedikit kemiripan, yaitu sama-sama ingin meyelamatkan panda dari tangan pemburu.

Di film ini Ruth Karkness seorang istri dari jurnalis sekaligus peneliti, Bill menyelesaikan peneliitian mediang suaminya tentang beruang panda yang langka dan belum sempat dipelajari. Pada jurnal suaminya tertulis kalau panda merupakan hewan pemalu yang jinak. Sementara Johnson si pemburu mengambarkan panda sebagai hewan yang buas. Ruth harus melewati berbagai macam rintangan dan juga pemandangan alam yang indah.

3. Trail of The Panda

https://www.youtube.com/watch?v=M8EvkFW1vY0

Film tentang panda yang satu ini bakal menguras air mata saat menontonnya. Bagaimana tidak di film ini seorang anak yatim piatu yang tak pernah bicara semenjak orang tuanya meninggal dalam sebuah kebakaran berusaha menyelamatkan bayi panda yang tersesat dari tangan para pemburu jahat.

Perjuangan si bayi panda lucu melewati alam liar hingga pertemuannya dengan Lu si anak yatim piatu membuat yang menontonnya secara tidak sadar menitikkan air mata. Bayi panda yang diberi nama Pang Pang oleh Lu sebenarnya akan dijual oleh paman yang mengasuh Lu ke kebun binatang, akan tetapi Lu menyelamatkan bayi panda tersebut karena ia menganggap Pang Pang adalah temannya.

4. Two Brothers/ Deux Freres (2004)

Film “Two Brother” menceritakan tentang kisah dua kakak beradik harimau Benggala. Mereka hidup di hutan bersama orang tua mereka tepatnya di tempat terkuburnya kuil kuno. Saat para pemburu dan pencari harta karun datang ke ‘rumah’ mereka, Ayah harimau mati tertembak dan sang Ibu mendapat luka tembakan berupa lubang di telinganya.

Kedua harimau kecil tadi terpisah yang satu dibawa oleh pimpinan kelompok pencari harta karun dan yang satu lagi diamankan oleh seorang anak orang kaya. Kedua harimau tadi hidup terpisah dengan kemalangan mereka masing-masing. Harimau yang dibawa oleh pemburu harta karun dinamakan Kumal dan saudaranya yang dibawa oleh anak orang kaya dinamakan Sangha.

Kumal berakhir di tempat sirkus karna tuannya di penjara atas perbuatan ilegal. Sedangkan Sangha kabur dari rumah anak yang merawatnya karena dianggap ancaman oleh Ibu si anak setelah tubuh harimau tersebut makin besar. Kedua harimau tersebut akhirnya bertemu kembali di sebuah arena pertarungan. Akankah mereka saling mengenali satu sama lain?

5. Life of Pi (2012)

Film ini tentang wawancara seorang penulis Kanada yang mengunjungi seorang pendongeng India Pi Patel untuk mengetahui kisah hiduppnya. Pi menceritakan masa kecilnya di India, asal usul julukannya, dan latar belakang keluarganya yang merupakan pemilik kebun binatang. Saat di kampung halamannya kebun binatang mereka tidak dapat berjalan lagi, keluarga Pi berniat untuk pindah ke Kanada dan menjual seluruh binatang mereka.

Ketika dalam perjalanan kapal kargo yang ditumpangi hewan-hewan dan keluarga Pi tiba-tiba terkena badai. Pi bertahan hidup di samudra bersama zebra, orang utan, hyena, dan harimau Bengal yang dinamakan Richard Parker. Pi harus menemukan cara untuk bertahan hidup di tengah samudera bersama hewan-hewan buas yang lapar.

6. Free Willy (1993)

Nelayan menangkap anak ikan paus orka dan memisahkkannya dari keluarganya. Ikan paus tersebut dijual ke sebuah gelanggang akuarium di dekat pantai. Seorang anak jalanan melanggar undang-undang setelah kedapatan mencorat coret akuarium raksasa. Anak tersbut akan dilepaskan olah lembaga sosial yang ingin menghukumnya asal ia mengakui kesalahan dan membersihkan kekacauan yang dia buat.

Saat berada di gelanggang akuarium ia berteman dengan anak paus tadi yang diberi nama Willy. Saat berada disana ia mengajari Willy beberapa trik yang bahkan tidak bisa dilakukan oleh pelatih Willy. Ketika willy akan dipertontonkan kepada penonton pemilik akuarium tempat Willy berada merencanakan hal buruk terhadapnya. Sehingga si bocah dan teman-temannya berusaha untuk melepaskan Wily ke alam bebas.

7. The Jungle Book (2016)

Bagi kalian pecinta Disney pastinya sudah tidak asing dengan cerita “The Jungle Book”. Kalau film-film hewan sebelumnya menceritakan hubungan antar manusia dengan hewan tertentu secara spesifik maka Jungle Book sedikit berbeda.

“The Jungle Book” menceritakan kisah persahabatan antara Mowgli yang merupakan anak manusia dengan beberapa hewan hutan, diantaranya panther, serigala, dan beruang. Film ini sangat menarik ditonton apalagi untuk anak-anak. Film ini mengajarkan anak-anak untuk tidak takut dengan dunia luar.

8. Hachi: A Dog’s Tale (2009)

Hachi merupakan seekor anjing berjenis Shiba Inu yang terkenal akan kesetiaannya. Selain film tentang hubungan manusia dengan hewan liar atau yang dilindungi. Film tentang hewan peliharaan seperti anjing juga benyak diminati penonton. Film ini merupakan salah satu film hewan terbaik yang paling menarik. Kisah tentang hubungan antara hewan peliharaan dengan tuannya yang bisa membuat penontonnya menangis karena terlarut dalam ceritanya.

Hachi merupakan anjing peliharaan seorang profesor yang sangat setia. Ia selalu menunggu tuannya itu pulang dari mengajar di stasiun kereta. Bahkan saat tuannya meninggal Hachi tetap menunggu tuannya itu di stasiun. Kisah ini diambil dari kisah nyata di Jepang. Mereka bahkan membuat patung Hachi di stasiun tempat anjing tersebut menunggu tuannya dengan setia.

9. A Street Cat Named Bob (2016)

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak difavoritkan. Tingkah mereka yang lucu dan karakter mereka yang manja membuat siapa saja menginginkan mereka untuk dijadikan teman bermain dirumah. Walaupun dianggap tidak sepintar anjing, tapi kucing juga bisa memiliki kesetiaan yang hampir sama dengan anjing.

Kucing juga dikenal sering menolong manusia yang dianggap baik dengan mereka. Kisah seekor kucing yang merubah hidup tuannya dapat kita saksidan dalam “A Street Cat Named Bob”. Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata yang dibukukan dalam judul yang sama. Buku “A Street Cat Named Bob” juga merupakan buku best seller. Penasaran kan bagaimana jalan cerita dari film yang diangkat dari buku best seller.

Setelah menonton film-film diatas pasti rasanya ingin memiliki sahabat hewan. Selain mereka lucu mereka mungkin bisa lebih setia dari manusia. Hewan juga tidak mungkin menghianati atau membicarakan yang buruk tentang kita di belakang. Film-film di atas mengajarkan kita untuk saling menyayangi sesama mahluk hidup dan jangan saling mengganggu satu sama lain.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.