daftar film horor terbaik sepanjang masa
ilovehalloween.com

10 Film Horor Terbaik dan Paling Menyeramkan Sepanjang Masa

Posted on

Memiliki rasa takut sejatinya merupakan sisi subjektif dari seorang. Tatkala menyebut istilah “horror”, hampir seluruh orang akan berasumsi tentang munculnya bayangan setan seram yang bergentayangan seperti film The Conjuring.

Namun, istilah horror juga disematkan pada adegan-adegan para psikopat, yang sedang berburu korban tanpa ampun. Adegan tersebut dapat kamu temukan dalam film Halloween atau Scream. Sama halnya dengan film monster dan alien mengerikan dalam film seri Alien juga masuk dalam kategori film horror.

Mau malam mingguan kamu diisi dengan nonton film horror? Tenang, kini kamu tak usah repot-repot lagi lihat trailernya satu-satu. Karena kami sudah mengulasnya disini. Berikut daftar film horror terbaik versi pasberita.com

1. The Conjuring (2013)

Film Horor Terbaik dan Paling Menyeramkan Sepanjang Masa
dvdsreleasedates.com

Kita awali dari film paling ngehits di jamannya, yakni The Conjuring. Film ini menceritakan pasangan rumah tangga, yakni Ed Warren dan Lorraine, dimana mereka sedang membantu keluarga yang tersiksa akibat eksistensi hantu di kediamannya.

The Conjuring mengangkat cerita tersebut dari kisah nyata. Hal yang membuat film horror terbaik ini jauh lebih menyeramkan yakni terletak pada pengambilan setting ceritanya, yang diambil dari daerah terisolasi dan terpencil. Seakan tak ada keluarga atau tetangga lain yang bisa membantu.

Kondisi rumah yang terpencil inilah yang berhasil menyihir ribuan penonton agar dapat berempati merasakan putus asa keluarga tersebut, khususnya ketika hantu berkali-kali meneror seisi penghuni rumah mereka.

2. The Blair Witch Project (1999)

Film Horor Terbaik dan Paling Menyeramkan Sepanjang Masa
the13thfloor.tv

Sebelum rilisnya Paranormal Activity dan beberapa serinya, The Blair Witch Project sempat menjadi found footage horror movie paling ngehits. Usut punya usut, pihak produser dari film ini menggunakan teknik promosi yang unik sebelum memasuki tahap rilis.

Mula-mula tim menyebarkan cuplikan dari The Blair Witch Project dari media internet, waktu itu internet masih belum booming seperti jaman now. Kerennya lagi, dalam cuplikan tersebut nampak seperti kejadian sungguhan.

Kebayang kan gimana kagetnya penonton kalau mereka terlalu serius lihat cuplikan filmnya?

3. Poltergeist (1982)

Film Horor Terbaik dan Paling Menyeramkan Sepanjang Masa
thatwasabitmental.com

Nama Steven Spielberg pasti tak asing lagi di telinga para pencinta film action. Namun, tahukah kamu sutradara ternama tersebut ternyata sempat juga merilis film bergenre horror. Ya, salah satunya adalah Poltergeist. Film yang dirilis pada tahun 1982 ini paham bagaimana cara menakut-nakuti penontonnya bermodalkan unsur teknologi serta anak kecil.

Poltergeist menceritakan kehidupan keluarga Freelings yang dihantui oleh sosok arwah yang dapat berkomunikasi melalui TV mereka. Singkat cerita, anak bungsu keluarga tersebut, bernama Carol Ann, hilang secara misterius. Keluarga Freelings pun tak bisa apa-apa, mereka akhirnya mengundang para exorcist untuk mengusir arwah jahat tersebut dari rumahnya.

4. Carrie (1976)

Film Horor Terbaik dan Paling Menyeramkan Sepanjang Masa
drafthouse.com

Dikatakan, film versi original Carrie yang dirilis pada 1976 jauh lebih seram ketimbang versi remake-nya. Hal tersebut dikarenakan versi original jauh lebih mirip dengan bukunya. Film ini diambil dari buku karya Stephen King dengan judul yang serupa.

Carrie berhasil menjadi film horror paling menyeramkan lantaran acting Sissy Spacek yang menakjubkan. Ditambah lagi dengan tim produksi film mereka yang keren-keren. Usut punya usut, adegan prom film Carrie original dinilai lebih mengenaskan daripada versi remake-nya. Penasaran kan versi remake-nya seseram apa? Hihihi.

5. Pengabdi Setan (1982)

Film Horor Terbaik dan Paling Menyeramkan Sepanjang Masa
kritikusfilmgadungan.blogspot.co.id

Dari film horror terbaik Nusantara ini, setidaknya kita memiliki rasa bangga. Lah, bagaimana tidak? Pengabdi Setan ternyata sudah populer hingga mancanegara lho! Diakui atau tidak, sebagian penikmat film horror menilai bahwa Pengabdi Setan layak mendapat predikat sebagai film terseram yang pernah diproduksi di Indonesia.

Berbekal keahlian acting dan make up yang impresif, Pengabdi Setan sukses menjadi revolusioner pada dunia perfilman horror Indonesia di jamannya kala itu.

6. The Orphanage (2007)

Film Horor Terbaik dan Paling Menyeramkan Sepanjang Masa
a-zhorror.com

Bicara soal masa lalu kelam dengan melibatkan hantu anak-anak, The Orphanage memang layak jadi jawaranya. Film ini mengisahkan cerita seorang ibu dan anaknya. Keduanya berpisah lalu bertemu di alam yang berbeda.

Ngga heran deh, kalau film horror terbaik yang satu ini bukan sekedar menonjolkan sisi seramnya, tapi juga sisi harunya. Cocok banget ditonton buat cewek-cewek yang lagi pengen baper sendirian di kamar hihihi.

7. The Sixth Sense (1999)

Film Horor Terbaik dan Paling Menyeramkan Sepanjang Masa
amadei33.com

Jika kamu pernah menonton film horror berjudul “I see dead people”, maka film The Sixth Sense ini ternyata memiliki banyak kemiripan lho. Ya, sejalan dengan judulnya film horror ini menceritakan seorang anak kecil yang memiliki kemampuan indra keenam, yang mana ia bisa melihat mahkluk halus kapan dan dimana pun ia berada.

The Sixth Sense disutradarai oleh M. Night Shyamalan. Begitu dirilis, film ini benar-benar sukses, bahkan sempat ngehits di era-nya. Usut punya usut, film horror ini memang tidak hanya kental dengan unsur horrornya saja. Kamu pun akan diajak untuk turut berempati, merasa kasihan sekali dengan anak kecil yang menjadi karakter utamanya.

8. The Exorcist (1973)

Film Horor Terbaik dan Paling Menyeramkan Sepanjang Masa
btl.co.za

Meskipun film ini memiliki tahun produksi yang lumayan lawas, namun jangan salah. The Exorcist merupakan film horror pertama lho yang telah meraih nominasi Oscar. Kalau menurut penulis sendiri sih, film ini memang layak sebagai film horror terseram sepanjang masa.

Lah bagaimana tidak? Di bagian trailer-nya saja banyak dipotong karena adegannya yang bikin kulit kamu jadi merinding. Kalau penasaran coba aja deh liat trailer-nya di Youtube hehe.

Sempat terdengar rumor juga bahwa ada kebakaran misterius di set film ini. Bahkan, saking seramnya kamar yang disorot untuk scene kerasukan setan pun hampir sama sekali tidak tersentuh. Waduh, bikin penasaran aja ya kan?

9. Ju-on: The Curse (2000)

Film Horor Terbaik dan Paling Menyeramkan Sepanjang Masa
JustWatch.com

Film horror asal negeri sakura ini menceritakan kehidupan keluarga yang tertimpa sebuah kutukan akibat kejadian naas. Ju-on : The Curse memiliki plot yang unik dan sulit ditebak.

Bahkan, sebagian penonton pun seolah dibuat putus asa lantaran klimaks yang tak kunjung usai, dan solusi yang tak kunjung datang. Mampukah keluarga tersebut terselamatkan dari hantu Ju-On tersebut? Yuk, langsung lihat saja filmnya di tempat kesayangan kamu.

10. IT (1990)

Film Horor Terbaik dan Paling Menyeramkan Sepanjang Masa
horrorfreaknews.com

Ngga sedikit orang bilang, kalau selepas menonton film ini, secara otomatis mereka langsung phobia ketemu badut. Ya, itulah keunikan dalam film IT. Dirilis pada tahun 1990, film ini berhasil menyedot animo pecinta film horror di berbagai dunia.

IT mengisahkan tentang badut jahat, ia tak henti-hentinya meneror bahkan, tak segan juga untuk sesekali membunuh mereka. Pada akhirnya, anak-anak tersebut berencana untuk membunuh badut tersebut dengan beragam cara. Mau tahu cara mereka seperti apa? Langsung tonton saja filmnya.

Itulah daftar film horror terbaik sepanjang masa, masing-masing memang memiliki keunikan latar belakang cerita yang berbeda. Kamu bisa sesuaikan mana film horror yang layak kamu nonton untuk teman-temanmu. Kalau kamu takut sendirian, ngga ada salahnya kamu nonton bareng. Yang penting nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *