11 Film Kuliner Terbaik sebagai Rekomendasi Bagi Kalian Para Foodies

Bosan dengan film yang itu-itu saja, coba deh tonton film yang bertema kuliner dijamin langsung membuat kalian lari ke dapur setelah menontonnya. Bukan hanya cerita yang menghibur tapi banyaknya makanan yang tersaji di layar pastinya memanjakan mata kalian para foodies. Berikut ini kami rangkum beberapa film kuliner terbaik versi pasberita.com, check it out!

Film Kuliner Terbaik

1. Burnt (2015)

observer.com

Sebuah film bergenre drama komedi tentang seorang chef bernama Adam Jones yang diperankan oleh Bradley Cooper. Adam merupakan seorang chef yang brilian namun tidak dengan kelakuannya. Diakui sebagai seorang chef yang berbakat membuat Adam besar kepala karena hal itu pula Adam menjadi seseorang yang perfeksionis.

Ia tak menerima kegagalan dan disaat ia sedang depresi karena sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginannya ia melampiaskannya dengan narkoba. Sempat jatuh karena obat-obatan terlarang dan perilaku buruknya Adam akhirnya bakngkit sedikit demi sedikit. Ia berhasil membuka restorannya sendiri dan mendapatkan Bintang Michelin ketiganya. Film ini sangat inspiratif apalagi bagi kalian para koki rumahan yang bermimpi untuk menjadi chef kelas dunia.

2. Chef (2014)

kompasiana.com

Seorang kepala chef bernama Carl Casper memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya pada sebuah restauran ternama, Gauloise di Brentwood. Ia memutuskan untuk memulai bisnis kuliner kreasinya menggunakan sebuah foodtruck setelah ia berseteru dengan pemilik restoran tempatnya bekerja dan juga seorang pengkritik makanan.

Carl suka berkreasi dengan makanan dan membuat inovasi baru sedangkan Riva si pemilik restoran tidak menginginkan adanya inovasi. Carl juga berseteru dengan Ramsey, pengkritik makanan yang memviralkan ketidak profesionalan Carl dalam menjawab tantangannya. Selain Jon Favreau film ini juga turut dibintangi oleh Robert Downey Jr, Scarlett Johansson, serta Sofia Vergara.

3. The Hundred-Foot Journey (2014)

ravenfoundation.org

Salah satu film tentang dunia kuliner yang menarik untuk ditonton. Steven Spielberg serta Oprah Winfrey ikut memproduseri film yang menceritakan tentang persaingan antara dua restoran yang berbeda menu.

Film drama komedi ini tidak hanya mengocok perut dan membuat kita meneteskan air liur, tapi juga mengajarkan kita akan keberagaman budaya termasuk juga makanannya. Dua restauran yang bersaing, yaitu restauran Eropa pimpinan Madame Mallory serta restauran India milik Papa dari Hassan. Meskipun bersaing mereka tidak saling menjatuhkan.

4. Tabula Rasa (2014)

sarafiza.com

Hans adalah seorang pemuda dari Serui, Papua yang bermimpi untuk menjadi seorang pesepak bola profesional. Ia pergi merantau ke Jakarta untuk mengejar mimpinya tersebut. Takdir berkata lain bukannya menjadi pesepak bola Hans justru menjadi seorang pelayan di rumah makan Padang.

Ia bertemu dengan Mak yang diperankan oleh Dewi Irawan pemilik rumah makan padang tempat Hans bekerja. Rumah makan padang milik Mak terancam bangkrut dan akan ditutup, tapi Hans sebagai pekerja keras tak mau itu terjadi. Meskipun gagal menjadi pesepak bola Hans tak mau gagal dalam pekerjaannya. Hans mempelajari menu-menu masakan Padang dari Mak dan coba membuatnya.

Ia berhasil membuat rumah makan Padang milik Mak bangkit kembali. Di film ini kita akan disuguhkan cara-cara membuat masakan Padang yang enak. Setelah menyaksikan film ini rasanya langsung ingin pergi ke warung nasi Padang terdekat.

5. The Lunchbox (2013)

sonyclassics.com

Film yang berlatar belakang Kota Mumbai ini menceritakan tentang kisah seorang duda dengan ibu rumah tangga. Perkenalan mereka dimulai dengan kesalahan kurir pengantar kotak bekal.

Bekal yang dibuat Ila, seorang Ibu rumah tangga seharusnya diantarkan kepada Shaikh, suaminya. Namun yang terjadi justru bekal dari Ila sampai ditangan Saajan, seorang duda yang suka menyendiri setelah ditinggal mati istrinya. Mulai dari situ mereka sering bertukar pesan lewat kertas yang dimasukkan ke dalam kotak bekal.

6. Julie and Julia (2009)

blogjob.com

Kisah tentang dua orang wanita yang berbeda, yakni Julie dan Julia. Julie Child merupakan seorang chef, penulis, serta influencer di bidang kuliner, mungkin kalau di Indonesia seperti Bu Siska. Sedangkan Julia merupakan seorang kuliner blogger yang mengagumi Julie.

Mereka tidak pernah bertemu satu sama lain cerita tentang keduanya pun tidak saling berhubungan. Film ini mengisahkan tentang perjuangan Julie Child di awal karirnya sebelum ia jadi seperti sekarang ini. Serta kisah Julia yang tertantang untuk membuat semua makanan yang ada dalam buku pertama milik Julie.

7. Today’s Special (2009)

namba.net

Sebuah film bergenre komedi tentang seorang sous chef keturunan India bernama Samir. Ia bermimpi untuk bisa menjadi chef handal tetapi bosnya menganggap kalau masakan Samir tidak ada ‘jiwanya’. Samir memutuskan untuk berhenti dari restauran tempatnya bekerja karena tidak juga dipromosikan. Ia berencana pergi ke Paris untuk mengejar mimpinya, namun sang ayah justru terkena serangan jantung.

Samir harus menggantikan orang tuanya untuk menjalankan bisnis restauran India milik keluarganya atas permintaan sang Ayah. Samir yang tidak bisa memasak makanan India ditolong oleh seorang supir taksi yang dikenalnya secara kebetulan.

Supir taksi yang diperankan oleh aktor India Naseeruddin Shah itu mengaku kalau ia merupakan mantan koki yang pernah memasak untuk kerajaan Inggris saat di Mumbai. Bagaimana kalanjutannya, langsung ditonton saja film yang satu ini.

8. Soul Kitchen (2009)

alamy.com

Chef Zinos seorang keturunan Yunani menjalankan sebuah restauran di bekas sebuah gudang yang dinamakan “Soul Kitchen”. Menu restauran miliknya bisa dibilang biasa saja alias tidak ada yang spesial, tapi ia memiliki pelanggan setia karena harganya yang murah dan suasanya yang menyenangkan.

Hidupnya berubah ketika pacarnya pergi ke Tiongkok dan meninggalkannya. Ia mengejar pacarnya hingga ke China dan menitipkan restauran miliknya pada adiknya. Sekembalinya dari China yang ia dapati justru restaurannya telah diambil alih oleh teman-teman adiknya yang kriminal.

9. Mostly Martha (2001)

sky.com

Film yang berjudul asli “Bella Martha” ini bergenre drama komedi romantis. Tokoh utama dalam film ini adalah Martha, seorang koki di sebuah restauran Jerman yang sangat keras kepala dan enggan menerima kritik.

Suatu hari ia harus mengambil alih perwalian keponakan perempuannya setelah kakaknya meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil. Sayangnya mereka berdua sama-sama keras kepala sehingga hubungan tante dan keponakan tersebut tidak berjalan baik. Hingga suatu hari restoran Martha kedatangan sous chef baru bernama Mario yang perlahan-lahan melonggarkan ketegangan antara mereka.

10. Chocolat (2000)

youtube.com

Melihat judulnya pasti sudah ada yang terlintas di benak kalian. Yup, film ini memang berhubungan dengan coklat. “Chocolat” bercerita tentang seorang wanita dan anak perempuannya yang membuka sebuah toko coklat di sebuah desa kecil di Perancis. Keberadaan toko coklat tersebut membawa suasana baru ditengah-tengah masyarakat yang kaku. Film ini banyak dibintangi oleh aktris-aktris serta aktor berprestasi salah satu diantaranya Johnny Depp.

11. Eat Drink Man Woman (1994)

patch.com

Film kuliner terakhir ini datang dari Taiwan. Film yang berjudul asli “Yin Shi Nan Nu” ini banyak menampilkan cara-cara memasak masakan ala restoran China. Seorang koki senior dari sebuah restoran China ternama yang hidup dengan tiga putrinya dan kehidupan mereka diceritakan dalam film yang satu ini.

Sudah menonton film-film di atas? Kalau sudah kalian pasti punya banyak referensi tentang makanan dari berbagai belahan dunia. Bisa coba-coba nih jadi food blogger, tester, reviewer, atau bahkan chef amatir.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.