Film Perang Terbaik yang Mengandung Kisah Tragis Anak Dalam Perang
pasberita.com

11 Film Perang Terbaik yang Mengandung Kisah Tragis Anak Dalam Perang

Posted on

Perang hanya akan bisa kamu nikmati ketika kamu menonton. Dalam kenyataannya perang merupakan hal yang kejam, merugikan serta sia-sia. Banyak kisah tragis yang terselip dibalik perang, mulai dari kelaparan, kematian, keluarga yang terpisahkan.

Perang tidak pandang bulu baik itu bangunan, anak-anak, wanita dan orang tua, mereka bisa saja menjadi korban yang tak terelakan dari kecambuk perang yang membabi buta. Coba bayangkan jika itu terjadi pada diri kita.

Banyak konspirasi dalam film perang yang membuat kita sadar bahwa negri ini begitu rapuh yang sewaktu-waktu akan berkecamuk seperti yang kita saksikan di film-film. Mari berdoa agar itu terjadi pada negri kita, kapan dan dimanapun kita berada.

Daftar Rekomendasi Film Perang Terbaik

Kali ini akan menceritakan sebuah film kisah perang terbaik. Terbaik ini dikategorikan dalam film yang perperangannya mungkin sudah tercatat dalam sejarah namun di baliknya terdapat kisah tragis anak-anak yang terlatar saat perang.

1. The Kite Runner

Daftar Rekomendasi Film Perang Terbaik
nicholasjv.blogspot.com

Film yang ditayangkan tahun 2007 ini berkisah tentang seorang bocah bernama Amir yang kembali ke tanah airnya di Afghanistan untuk membantu teman lamanya, Hassan, yang putranya berada dalam kesulitan. Film ini disutradarai oleh Marc Foster. Film ini diangkat dari novel Khaled Hosseini.

Kisah dilatar belakangi perperangan gejolak sosial seperti kekuasaan Monarki Afghanistan yang jatuh melalui intervensi Soviet dan eksodus besar-besaran para pengungsi Afghanistan ke Pakistan dan Amerika Serikat, serta kisah tentang rezim Taliban.

2. Empire Of The Sun

Blu-ray.com

Kamu bakalan melihat film yang ditayangkan tahun 1987 ini menceritakan tentang James yang di panggil Jim, bocah dari keluarga Inggris kaya di Shanghai yang hidupnya berubah setelah Jepang menginvasi Shanghai pada tahun 1941.

Jim terpisah dari orang tuanya, ditangkap tentara Jepang, dan dibawa ke kamp penjara Soo Chow. Di tengah sakit dan kelaparan di kamp, Jim mencoba merekonstruksi kehidupannya yang dulu, sambil membawa semangat dan martabat orang-orang di sekelilingnya.

3. Life Is Beautiful

justwatch.com

Film perang idiologi ini di tayangkan pada tahun 1997. Dilatar belakangi perperangan Jerman yang masuk menduduki Itali, menceritakan seorang yahudi bernama Guido menikahi seorang gadis Italia yang cantik.

Guido dan istrinya memiliki seorang anak dan hidup bahagia sampai saat pasukan Jerman masuk tahun 1930-an menduduki talia, dan menangkap orang yahudi.

Saat Guido dan keluarganya dipenjara di Kamp Konsentrasi yahudi, ia bersandiwara di depan anaknya bahwa ini semua hanyalah sebuah permainan perang-perangan berhadiah sebuah tank. Sandiwara Guido ini membuat si anak tidak merasa ketakutan selama berada di dalam kamp penjara.

4. The Boy in The Striped Pajamas

saratogasinai.org

Memasuki film pembuatan tahun 2000-an bukan berarti mengurangi cerita perperangan tahun 1900-an. Film yang di tayangkan pada tahun 2008 ini diangkat dari novel yang berjudul sama.

Dengan dilatar belakangi perperangan dunia ke 2 saat Adolf Hitler masih berkuasa, film ini menceritakan tentang anak bernama bruno kecil yang hidup dalam keluarga kaya di Jerman pada masa sebelum perang bersama dengan ibu, kakak, dan ayahnya seorang Komandan SS.

Keluarga Bruno pindah ke pedesaan tempat ayahnya ditugaskan untuk mengambil alih komando sebuah kamp penjara. Disana, Bruno bertemu seorang anak lain bernama Shmuel yang anehnya mengenakan piyama bergaris-garis dan tinggal di belakang pagar listrik.

Bruno segera mengetahui bahwa ia tidak diizinkan untuk berteman dengan Shmuel karena ia adalah seorang yahudi yang menunggu pemusnahan.

5. Come and See

Daftar Rekomendasi Film Perang Terbaik
YouTube.com

Saat Perang Dunia II, seorang anak Belarusia terjerumus ke dalam kekejaman perang. Setelah ia menemukan sepucuk pistol tua, ia memutuskan untuk berjuang bersama pasukan Soviet yang sudah putus asa dan kehabisan senjata melawan pasukan Jerman yang kejam.

Selama perang, si anak menjadi saksi mata adegan teror yang sangat kejam dan bertahan dalam situasi mengerikan. Ia kehilangan kepolosannya dan kemudian kehilangan pikirannya.

6. Bicycle Thieves

Film Perang Terbaik yang Mengandung Kisah Tragis Anak Dalam Perang
janusfilms.com

Ricci, seorang pria pengangguran yang hidup dalam masa depresi ekonomi Italia pasca Perang Dunia II, akhirnya mendapatkan pekerjaan yang baik, yakni sebagai pemasang poster. Ia memiliki sebuah sepeda untuk bekerja, tapi sepeda itu dicuri orang.

Ia dan anaknya berjalan-jalan di Roma untuk mencari sepedanya. Ricci akhirnya berhasil menemukan si pencuri tetapi ia tak memiliki bukti, iapun tak bisa berbuat apa-apa. Ricci dan anaknya tahu betul bahwa tanpa sepeda, ia tidak akan mampu mempertahankan pekerjaannya.

7. The Tin Drum

Film Perang Terbaik yang Mengandung Kisah Tragis Anak Dalam Perang
blouinartinfo.com

Oskar Matzerath adalah anak seorang pedagang di Danzig, Polandia. Ia adalah anak yang sangat cerdas. Pada ulang tahunnya yang ketiga, Oskar memutuskan untuk tidak tumbuh besar karena ia melihat dunia di sekelilingnya yang gila pada saat menjelang Perang Dunia II tahun 1920/1930an.

Ia menolak masyarakat dan drum kalengnya melambangkan protesnya terhadap mentalitas kelas menengah keluarga dan lingkungannya, yang bersatu mendukung Nazi Jerman pada waktu itu. Namun, hampir tak ada yang mendengarkannya dan bencana itupun terjadi.

8. The Diary Of Anne Frank

Film Perang Terbaik yang Mengandung Kisah Tragis Anak Dalam Perang
tr.pinterest.com

Kisah ini didasarkan pada buku harian Anne Frank. Di Belanda yang diduduki Nazi, Otto Frank dan keluarganya memutuskan untuk bersembunyi karena penganiayaan terhadap Yahudi meningkat. Pengusaha Kraler dan asistennya, Miep, menyiapkan tempat persembunyian di kamar di atas tempat usaha mereka.

Mereka juga mengajak keluarga lain, Van Daans dan seorang dokter gigi bernama Dussel, untuk tinggal disana. Bersama-sama, mereka mencoba untuk menghindari tentara Nazi sambil berharap Belanda akan dibebaskan oleh Sekutu.

9. Au Revoir Les Enfants

Film Perang Terbaik yang Mengandung Kisah Tragis Anak Dalam Perang
movie-mine.com

Pada tahun 1944, seorang bocah dari keluarga atas bernama Julien Quentin dan saudaranya François mengunjungi asrama sekolah Katolik di desa. Disana Julien bertemu murid baru, Jean Bonnet. Meski awalnya terjadi gesekan, Julien belajar menghormati Jean dan mengerti bahwa Jean sebenarnya adalah seorang Yahudi.

Para pendeta menyembunyikannya dari sergapan Nazi. Mereka menjadi sahabat dan Julien tetap memendam rahasia itu. Segera setelah itu, pasukan Gestapo tiba di sekolah untuk menyelidiki para murid dan pendeta yang bekerja disana.

10. Europa Europa

Film Perang Terbaik yang Mengandung Kisah Tragis Anak Dalam Perang
sigliwa.tk

Seorang anak laki-laki yahudi terpisah dari keluarganya di hari-hari awal Perang Dunia II. Ia menjadi anak yatim piatu Jerman dan kemudian dibawa ke jantung dunia Nazi sebagai ‘pahlawan perang’ hingga akhirnya ia bergabung dengan barisan Hitler Youth.

Meskipun film Europa Europa nampak tidak masuk akal dan aneh, film ini sebenarnya didasarkan pada kisah nyata Solomon Perel, seorang anak Yahudi Jerman yang lolos dari Holocaust dengan cara menyamar bukan hanya sebagai anak non-Yahudi, tetapi sebagai anak dari kalangan Arya Jerman.

11. Nero Menangis

Film Perang Terbaik yang Mengandung Kisah Tragis Anak Dalam Perang
pribaditaat.blogspot.co.id

Film ini meski dalam bentuk anime ceritanya ngak kalah keren dan dijamin sungguh sedih banget deh, dijamin kamu akan terisak-isak nangis haru setelah nonton film ini. Film yang tayang pada tahun 2004 ini berlatar belakangi perperangan.

Film ini menceritakan tentang kisah pilu dari negri matahari yaitu Jepang, tentang seorang anak bernama Nero dalam mempertahankan hidup ditengah perperangan. Dimana ia harus menerima kenyataan bahwa ibunya mati didepan matanya sendiri, terbakar hangus akibat bom yang menghujani langit.

Adik perempuan satu-satunya yang tersisa, segera ia selamatkan dan terus bersembunyi dari kejahatan perperangan. Hari demi hari ia coba pertaruhkan untuk tetap bersembunyi dan aman dari hujan bom yang tidak henti-hentinyan.

Namun kekuatanya semakin melemah, setelah tersiar kabar bahwa tulang punggung satu-satunya, yaitu ayah mereka meninggal dalam kecelakaan kapal tenggelam. Harapannya semakin pupus, melihat adik perempuan yang menjadi keluarga sekaligus harta satu-satunya bagi Nero membuat nya ingin berbuat sesuatu.

Dalam kondisi hiruk pikuk perang dan dalam kondisi tidak memiliki orang tua, tempat tinggal dan makanan, ia mulai mencoba untuk mengais makanan dari tempat sampah hingga akhirnya mencuri rumah penduduk dengan memanfaatkan keadaan perang, saat penduduk mulai lari mengungsi.

Itu semua tidak bertahan lama. Dengan serba kekurangan apalagi makanan membuat adiknya yang masih kecil terlihat sangat lusuh dan kurus.

Dengan bersembunyi di dalam gua yang pada akhirnya menjadi rumah mereka bertahan dengan makanan seadanya dan adiknya yang suka dengan “candy”, selalu berpesan pada kakaknya untuk membawakannya sekantong candy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.