Film Petualangan Terbaik yang Terinspirasi dari Kisah Nyata
tudlife.com

4 Film Petualangan Terbaik yang Terinspirasi dari Kisah Nyata

Posted on

Jika kamu seseorang yang suka menantang diri, pastinya kamu bakalan tertarik dengan film-film bergenre petualangan. Film petualangan biasanya akan memancing daya imajinasimu untuk ikut terlibat dalam film yang kamu tonton, selain itu biasanya kamu juga akan mudah mengikuti alur ceritanya karena film petualangan biasanya lebih sistematis dan lebih sedikit flash back, memiliki unsur cerita yang fun, fresh, unik , cocok ditonton oleh semua kalangan usia, dan aman ditonton bersama keluarga tercinta menghabiskan waktu liburan dirumah.

Sedikit bercerita tentang petualangan. Dalam petualangan yang biasa dilirik adalah kemana kamu akan pergi dan dengan siapa kamu akan pergi, itu sangat penting karena tujuan yang kamu pilih akan menentukan bagaimana perjalananmu akan berlangsung, sedangkan partnermu adalah orang yang akan mempengaruhi psikologismu saat kamu melakukan petualangan.

Banyak haru biru dalam melakukan petualangan, selain menantang adrenalin, kamu juga akan diuji fisik dan mentalmu untuk bertahan di alam. Karena bicara pretualangan berarti menantang diri sendiri, mengendalikan diri. Apakah kamu sanggup melewatinya atau kamu akan gugur di tengah jalan.

Tak lebih tak kurang persiapan perlengkapan yang memadai juga turut andil dalam menentukan nasibmu saat berpetualang.

Daftar Film Petualangan Terbaik

Berbagai film petualangan yang bersifat fantasi, action, fiksi, dan non fiksi. Kali ini kita akan mengulas beberapa film petualangan terbaik yang pernah ada dengan kategori non fiksi alias kisah nyata dari pelaku-pelaku petualangan yang pernah mengalaminya secara langsung. Apa aja sih???

1. Everest

Film Petualangan Terbaik yang Terinspirasi dari Kisah Nyata
theaceblackblog.com

Film ini merupakan kisah nyata yang pernah terjadi pada tanggal 10 Mei 1996. Dimana pada saat itu terjadi badai salju yang menerjang gunung Everest dan menewaskan kurang lebih delapan pendaki dalam sehari yang melakukan expedisi di gunung tersebut.

Peristiwa tersebut merupakan kejadian terburuk dalam sejarah korban tewas di Everest pada saat itu. Seorang penulis, Jon Krakauer, yang berhasil mencapai puncak tersebut pada tahun 1996, menceritakan kembali peristiwa mengerikan tersebut dalam bukunya yang berjudul Into Thin Air.

Dari kisah nyata diatas diangkatlah film Everest ini pada tahun 2015, sebuah pertualangan pertahanan hidup melawan kematian. Dibintangi oleh sederet artis hollywood seperti Jason Clarke, Josh Brolin, Jhon Hawkes, Robin Wright, Michael Kelly, Sam Worthington, Keira Knightley, Emily Watson, dan Jake Gyllenhaal.

Pelajaran yang dibisa dipetik dari film ini adalah harus tetap melihat kondisi cuaca dan tidak melawan alam. Karena peralatan yang lengkap dan fisik yang kuat tidak sebanding dengan kondisi alam yang sewaktu-waktu bisa saja tidak bersahabat dan tetap mendengarkan intruksi dari pemimpin lapangan. Jangan lupa juga untuk selalu berdoa ya!!

2. 127 Hours

Film Petualangan Terbaik yang Terinspirasi dari Kisah Nyata
Kumparan.com

Berawal dari kisah nyata, kejadian naas yang dialami seorang petualang berdarah Amerika Serikat, yaitu Aron Ralston membuat orang yang menyaksikan film tentang dirinya dikabarkan banyak yang pingsan.

Pada tahun 2003, terjadi setelah setahun dia memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya sebagai seorang teknisi di perusahaan terkemuka dunia yaitu Intel.

Dia memutuskan untuk mendaki ke semua gunung yang sudah ia angap sebagai rumah keduanya yaitu semua gunung yang menjadi bagian dari Colorado’s Fourteeners dimana gunung-gunung di Colorado memiliki tinggi lebih dari 14.000 ribu kaki.

Dari sinilah kisah bermula dan pada akhirnya dia terjebak dan aksi dimana dia harus mengamputasi tangannya sendiri. Tentu perjalanan kali ini bukanlah pertama kalinya bagi Aron.

Film ini diangkat dari buku yang ditulis oleh Aron sendiri yang berjudul Between a Rock and a Hard Place dan ditayangkan pada tahun 2010. Dengan dibintangi oleh aktor James Franco, Kate Mara, dan Amber Tamblyn.

Film ini berusaha menceritakan persis bagaimana kejadian nyata itu berlangsung dan menekankan bagaimana seseorang yang melawan dirinya dalam keadaan hidup dan mati. Perjuangan untuk terus bertahan hidup, sampai mengalami halusinasi akibat kurangnya oksigen dan juga haus serta lapar yang melanda.

Pelajaran yang bisa diambil dari film ini adalah pentingnya untuk mengabarkan kepada sanak kerabat kita, kemana kita akan berkelana apalagi meminta izin dan melihatkan betapa berharganya hidup yang kita miliki meski hanya 1 detik.

3. Into The Wild

Film Petualangan Terbaik yang Terinspirasi dari Kisah Nyata
shivangpatel1.wordpress.com

Terinspirasi dari kejadian nyata, film ini dikembangkan berdasarkan kisah seorang petualang yang meninggal di Alaska pada tahun 1992 bernama Christopher Johnson McCandless, Ia adalah seorang tumpangan Amerika dan menganti namanya menjadi Alexander Supertramp.

Christoper memulai petualanganya setelah tahu bahwa orangtua yang ia sayangi seakan-akan telah membohonginya selama ini. Berlatarkan sebagai anak dari keluarga kolongmerat tidak membuatnya puas, sehingga ia pergi dari lingkungan sosialnya dan meninggalkan semua hal bersifat duniawi demi mencari jati diri.

Sepanjang perjalanannya dalam berpetualang ia menemukan banyak pelajaran tentang kebahagian yang diperoleh dari hubungan antar manusia, namun dia tetap bersikukuh pada dirinya bahwa kebahagian bisa diciptakan sendiri.

Seakan-akan dia menyatakan bahwa dirinya anti sosial. Hingga pada akhirnya sesampai di Alaska, berjuang untuk bertahan hidup dari rasa sakit yang ia alami setelah memakan makanan yang mengandung racun, Cristoper berhalusinasi dan memimpikan orang-orang yang ia sadari.

Dari kejadian yang menimpanya timbulah rasa penyesalan dalam diri, bahwa kebahagian sebenarnya yang ia cari sudah ada pada dirinya selama ini dan itu membuatnya kembali berharap untuk bisa diberi kesempatan hidup.

Namun, sayangnya ajal berkata lain. Christopher ditemukan meninggal di dekat danau Wentitika di Denali National Park Preserve dengan berat 30 kg.

4. Wild

Film Petualangan Terbaik yang Terinspirasi dari Kisah Nyata
Time.com

Sama-sama menggunakan kata Wild, film ini dianggap menyerupai film Into The Wild. Namun, bisa digaris bawahi meski alur ceritanya bisa dibilang sama tapi kisah nyata serta awal mula dari cerita ini berbeda, tentunya gender yang memerankan tokoh utamanya pun juga berbeda.

Bertolak belakang dengan Christopher yang memulai petualangannya karena merasakan kekecewaan pada orang disekitarnya dan pergi untuk menyendiri menemukan jati diri, Chery Strayed memulai petualangannya berdasarkan rasa penyesalan serta ingin menebus kesalahan yang telah ia lakukan di masa lalu demi ibunya tercinta yang sudah lama meninggal.

Dengan berbekalkan perlengkapan seadanya dan tanpa pengalaman, ia menerobos masuk dalam dunia pertualangan ia menjelajahi Pacific Trail seorang diri, tanpa mempedulikan apa yang akan menunggunya di depan sana.

Sepanjang menyusuri Trail mengalami beberapa kali putus asa dan ingin menyerah, namun tekadnya semakin bulat setelah ia sadar apa yang menjadi keputusannya itu.

Film ini didasarkan cerita langsung yang ditulis Chery Strayed sendiri, yang menjadi penulis setelah memperoleh hikmah dari perjalanannya.

Pelajaran yang bisa diambil dari film ini yaitu terkadang seseorang perlu merenungi diri sendiri untuk menyesali perbuatanya. Namun, bukan berarti harus putus asa dan terpuruk dalam waktu yang lama. Kita bisa mencari solusi dari dalam diri kita dan komitmen untuk melakukanya agar tidak terjatuh pada kesalahan yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.