10 Film Karya Raditya Dika yang Terbaik dan Terpopuler

Siapa sih yang ga kenal Raditya Dika? seorang creatifpreneur yang memiliki banyak karya ini. Pasti diantara kalian sudah tak asing lagi dengan film-filmnya bukan? Kebanyakan film Raditya Dika ini juga mengandung unsur judul ke-hewanan yang selalu diselipkan, ini merupakan branding yang diciptakan olehnya agar lebih mudah diingat oleh para penikmat buku dan filmnya.

Film karya Raditya Dika ini diangkat dari novel yang dibuatnya pula dan kebanyakan memang di dalam filmnya pun ia juga memerankan tokoh di dalam film tersebut. Pada artikel kali ini akan diulas mengenai film-film karya Raditya Dika. Mau tahu? Yuk simak!

1. Kambing Jantan (2009)

film karya raditya dika
tokopedia.net

Film pertama Raditya Dika ini menceritakan tentang kisah cinta yang ujungnya berpisah. Radit berperan sendiri di dalam filmnya. Dalam film ini Radit memiliki panggilan sayang dari kekasihnya dengan sebutan “mbing”. Kekasih Radit sendiri diperankan oleh Herfiza yang juga memiliki panggilan sayang dengan sebutan “kebo” dari Radit.

Film ini mengisahkan tentang hubungan LDR yang dijalani oleh mereka karena berbeda tempat kuliah. Konflik sendiri dimulai dengan adanya pertengakaran diantara mereka, penyebabnya juga karena LDR hingga pada akhirnya mereka pun memutuskan untuk menjalani kehidupan masing-masing.

2. Maling Kutang (2009)

film karya raditya dika
bukalapak.com

Berbeda dari cerita sebelumnya yang menceritakan cerita percintaan, film kedua Radit ini berjudul Maling Kutang ini merupakan film bergenre komedi. Pada filmnya kali ini Radit tidak masuk sebagai tokoh melainkan hanya sebagai penulis saja.

Film ini menceritakan cerita yang berawal dari ditemukannya sebuah kutang di pinggir jalan. Bagaimana jika kutang malah dianggap sebagai benda yang dapat memajukan usaha? Kemudian masalah timbul ketika pemilik kutang Sugeni (Arie Untung) mencari kutangnya yang telah ia buang tersebut.

Kutang tersebut ternyata adalah benda yang paling berharga milik neneknya. Si nenek malah mengancam ingin mati saja jika kutangnya tak kunjung ditemukan. Akhirnya Sugeni pun memikirkan dengan berbagai cara merebut kutang yang ditemukan oleh orang lain tersebut. Hingga pada akhirnya Sugeni pun malah dikejar-kejar oleh penjaga hutan karena dikira gorila.

3. Cinta Brontosaurus (2013)

film karya raditya dika
arulfittron.blogspot.com

Dalam ceritanya ini, Raditya Dika pun memerankan tokoh utamanya. Agak sedikit aneh memang jika cerita yang diusung yaitu cinta ”kadaluarsa”. Dika menganggap bahwa cinta itu bisa kadaluarsa. Sebenarnya ia memiliki pemikiran tersebut karena sejak SD ia selalu mendapat penolakan , oleh sebab itu Kosasih yang diperankan oleh Soleh Soleh Solihun mencoba untuk mengembalikan kepercayaan diri Dika dengan mengenalkannya kepada sejumlah wanita.

Namun, bukannya malah happy ia selalu menemukan keanehan dari setiap wanita yang dikenalnya, mulai dari wanita yang suka mengawetkan apapun hingga wanita yang mau melahirkan. Hingga pada akhirnya Dika pun tanpa diduga bertemu dengan seorang wanita di sebuah restoran Jepang bernama Jessica, pada akhir cerita pun kisah percintaan ini berfokus pada Dika-Jessica yang pada akhirnya membuka pikiran seorang Dika tentang cinta yang kadaluarsa.

4. Manusia Setengah Salmon (2013)

film karya raditya dika
iradiofm.com

Pada filmnya kali ini yang masih sama seperti judul bukunya, Raditya mem-filosofikan jalan ceritanya seperti ikan Salmon yang bermigrasi. Masih dalam lanjutan cerita sebelumnya bahwa Raditya Dika ternyata belum move on dari mantannya bernama Jessica yang diperankan oleh Erisca Rein.

Sebenarnya pada film ini diawali dengan cerita keluarga Dika yang ingin pindah rumah, beberapa kali mencari rumah bahkan pernah satukali menemukan rumah yang memiliki sejarah tragis didalamnya hingga pada akhirnya orang tua Dika menemukan satu rumah yang cocok untuk dihuni.

Dalam cerita ini diceritakan bahwa Dika bertemu dengan teman lamanya bernama Patricia yang diperankan oleh Kimberly Rider hingga akhirnya mereka pun pdkt.

Masalah dalam film ini mulai muncul ketika Dika masih belum bisa melupakan kenangan indah di rumah lamanya begitu juga dengan mantannya yang bernama Jessica. Hal ini pun membuat Patricia menjadi tak nyaman karena ternyata masih ada sosok mantan dipikiran Dika.

5. Marmut Merah Jambu (2014)

film karya raditya dika
tabloidbintang.com

Pada filmnya kali ini diceritakan bahwa Dika mendatangi rumah seseorang yang dicintainya pada jaman SMA yang bernama Ina, bukan bertemu dengan Ina ia malah bertemu dengan bapaknya Ina yang diperankan oleh Tio Pakusadewo. Pada akhirnya pun ia menceritakan bagaimana pertemuannya dengan Ina.

Pada cerita ini, kita diajak kilas balik karena memang ceritanya menjadi mundur kebelakang kembali ke jaman SMA. Pada waktu itu Dika memiliki seorang sahabat bernama Bertus yang diperankan oleh Julian Liberty yang ingin menjadi terkenal dan diakui disekolahnya.

Pada akhirnya mereka pun sepakat untuk membuat tim detektif yang membantu teman-teman sekolahnya untuk memecahkan masalah. Film ini semakin seru dengan keberedaan Cindy (Sonya Pandawa) di dalam timnya. Mereka pun kompak hingga pada akhirnya Bertus dan Cindy pun mengetahui apa rencana utama tim detektif itu.

6. Malam Minggu Miko (2014)

film karya raditya dika
21cineplex.com

Setelah serial Malam Minggu Miko laris di televisi, akhirnya Raditya Dika membuatnya dalam bentuk Malam Minggu Miko Movie. Masih tetap menceritakan kegalauan beserta kegagalan yang selalu menghampiri Miko untuk menemukan cinta sejatinya.

Film ini mempertemukan Miko dengan teman SMP nya yang kemudian mengingatkan Miko bahwa kemungkinan dia mengalami kutukan yang menyebabkan ia jomblo berkepanjangan, dari situlah ia mulai menelusuri siapakah yang mengutuknya.

Selain cerita tentang Miko, disini juga diceritakan tentang teman Miko yang Dovi yang semakin stress dengan kuliah hukumnya. Ada juga Anca yang masih dengan kekasihnya bermaksud untuk mengikuti nikah massal. Film ini juga tidak hanya untuk seru-seruan semata tapi Raditya Dika tetap menyelipkan pesan didalamnya.

7. Single (2015)

film karya raditya dika
montasefilm.com

Film single ini menceritakan sosok seseorang bernama Ebi yang tak kunjung mendapat pekerjaan dan menjomblo. Ebi yang bertipe pemalu dan susah untuk mendekati wanita selalu merasakan kegagalan ketika menjalin hubungan.

Ia memiliki seorang adik yang tampan dan mapan yang ingin melangkahi dirinya duluan untuk menikah, tentu saja merasa ada rasa kesedihan didalamnya namun ia tetap bahagia sebagai seorang kakak.

Hingga pada akhirnya ia berkenalan dengan wanita cantik bernama Angeline yang ternyata satu tempat kost dengannya. Namun, rencana pdkt nya tersebut tidak semulus yang dibayangkan. Ia mendapat masalah ketika ada orang lain yang juga mencintai Angeline.

8. Koala Kumal (2016)

film karya raditya dika
sidomi.com

Pada film kali ini yang dibuat oleh Raditya Dika memunculkan cerita yang lebih dewasa yang tidak hanya menceritakan kegalauan seorang Dika yang tak kunjung menemukan pacar. Lebih dari sekedar itu, diceritakan bahwa Dika telah memiliki seorang calon yang bernama Andrea.

Cerita Dika bukan malah bahagia tapi berakhir duka sebab Andrea jatuh cinta dengan lelaki lain bernama James. Hingga pada akhirnya mereka pun berpisah padahal persiapan mereka pun sudah matang termasuk video perjalan cinta mereka.

Setahun berlalu namun Dika masih tetap belum bisa membuka lembaran baru. Hingga pada suatu hari ia bertemu dengan wanita bernama Trisna yang diperankan oleh Sherly Sheinafia yang pada akhirnya mampu menyembuhkan luka Dika akibat masa lalunya.

9. Hangout (2016)

film karya raditya dika
Liputan6.com

Film hangout ini adalah film pertama Raditya Dika yang mengusung genre thirller komedi. Film ini mendapat sambutan menarik khususnya para penggemar karya-karya Raditya Dika pasalnya film ini mengkombinasikan film dengan konsep thriller namun tetap berisikan cerita komedi.

Film ini menceritakan sembilan orang artis yang mendapat undangan untuk berkumpul di pulau misterius. Tak disangka ternyata kematian satu per satu dari mereka menghampiri. Membuat suatu pertanya siapakah dalang dari semua ini, tentunya salah satu dari mereka.

10. The Guys (2017)

film karya raditya dika
movieden.net

Setelah sukses dengan filmnya berjudul Hangout, Raditya Dika kembali lagi dengan filmmya dengan tema drama-comedy. Disini dia berperan sebagaik penulis naskah, sutrada sekaligus tokoh dalam film tersebut.

Diceritakan bahwa Alfi yang diperankan oleh Raditya Dika ini bekerja sebagai karyawan di suatu kantor yang berambisi menjadi pimpinan di kantor tersebut. Hal ini juga dimotivasi karna ia jatuh cinta dengan Amira yang diperankan oleh Pevita Pearce yang juga teman sekantornya.

Amira merupakan anak dari pimpinan kantor tempat Alfi bekerja. Tiba-tiba masalah pun datang ketika Via, orang yang pernah menolak cinta Alfi datang kembali ke kehidupan Alfi. Alfi pun mengalami kebingungan untuk menentukan pilihannya, memilih Amira ataukah Via.

Leave a Comment