6 Dari Segudang Film Terbaik Reza Rahadian Dengan Peran Yang Unik Dan Menantang

Pria yang lahir pada tanggal 5 Maret 1987 ini dikenal sebagai aktor berbakat dengan segudang prestasi. Sejak ikut bermain di film “Perempuan Berkalung Sorban” pada tahun 2009, bakat akting Reza mulai dilirik beberapa sutradara dan produser film. Hal ini dikarenakan kesuksesan Reza memerankan tokoh Samsudin, seorang anak Kyai dari pesantren salaf namun memiliki sifat yang kasar dan suka main tangan pada wanita. Sukses memerankan sosok antagonis tersebut, Reza kemudian menyabet piala FFI sebagai Pemeran Pembantu Pria terbaik melalui film ini.

Sejak saat itu Reza kebanjiran tawaran film dari berbagai pihak. Berikutnya Reza sukses memerankan sosok Zein dalam film “Emak Ingin Naik Haji” yang kisahnya membuat haru banyak orang. Lewat film ini Reza meraih penghargaan Pemenang Pemeran Utama Pria Terpuji Festival Film Bandung 2010. Pada tahun yang sama Reza juga memperoleh penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik FFI 2010 lewat film “Alangkah Lucunya Negeri Ini”. Kemudian disusul dengan penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik FFI 2010 lagi lewat film “3 Hati, 2 Dunia, 1 Cinta” dan Pemenang Pemeran Utama Pria Terpuji di Festival Film Bandung 2011 lewat film yang sama. Dengan segudang prestasi setiap tahunnya berturut-turut itulah, maka tidak diragukan bahwa bakat akting yang dimiliki seorang Reza Rahadian sangatlah outstanding. Seolah-olah seni beradu akting telah mengalir dalam darahnya.

Film Reza Rahadian Terbaik

Reza sendiri mengakui bahwa “Semua itu saya peroleh bekat kerja keras dan latihan, latihan, serta latihan terus. Ibarat sebuah pisau, walaupun kita sudah memiliki bakat akting sejak lahir namun jika tidak diasah suatu saat pasti akan tumpul” ujarnya di sebuah acara talkshow. Tetap rendah hati ya Abang yang satu ini.

Nah, dari segudang prestasi di atas kali ini pasberita.com ingin membahas sederet film dengan memerankan karakter yang tidak biasa, unik, dan menantang bagi Reza Rahadian, dengan kata lain berperan sebagai tokoh tersebut adalah hal baru bagi Reza dan ia selalu sukses mendalami perannya. Apa saja film tersebut? Berikut listnya:

1. Habibie & Ainun (2012)

Film Habibie & Ainun masuk ke dalam film terlaris sepanjang masa dengan 4.583.641 penonton. Film ini berhasil mengangkat nama Reza Rahadian ke dalam jajaran aktor ternama tanah air. Reza berhasil membuat penonton terkesima pada aktingnya dalam memerankan sosok Presiden BJ Habibie, bahkan Pak Habibie sendiri terkagum dibuatnya. Tidak sedikit yang berkata “Mirip banget sama Pak Habibie” setelah menonton film ini. “Nggak ada bedanya loh sama Pak Habibie, dari mulai cara jalannya, cara ngomongnya, sampai ketawanya pun mirip banget. Keren banget Reza!” Decak kagum penonton terus berhamburan sehingga berkat perannya tersebut Reza berhasil meraih penghargaan Pemeran Utama Pria Terpuji Festival Bandung pada tahun 2013. Sebuah sepak terjang yang luar biasa ini membuat Reza diberikan kepercayaan kembali memerankan tokoh presiden ketiga Indonesia ini di film berikutnya berjudul “Rudy Habibie”.

2. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (2013)

Film yang diangkat dari novel sastra yang melegenda karya Buya Hamka ini bercerita tentang aturan dan budaya masyarakat Minangkabau, Sumatera Barat. Dengan settting film yang dibuat pada tahun 1930 ini dimana status sosial sangat penting dalam menilai sesorang, Reza memerankan tokoh Aziz yang merupakan pemuda Minang dengan latar belakang yang jelas dan status sosial yang tinggi. Merupakan tokoh antagonis, Aziz memiliki karakter yang sombong, angkuh, senang bermain perempuan dan berfoya-foya. Hingga akhirnya Aziz bertemu dengan sosok kembang desa Negeri Batipuh yang cantik bernama hayati. Aziz jatuh cinta pada pandangan pertama dan segera mempersunting Hayati yang ketika itu merupakan kekasih Zainudin (Herjunot Ali). Setelah beristri, Aziz tetap berfoya-foya dan berjudi hingga terbelit hutang. Pada akhirnya ketamakan dan kesombongannya membuatnya merenggut nyawanya sendiri dan meninggalkan istrinya dengan segala hutang piutang.

3. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Menurut Reza film ini adalah film yang memberikan kebanggan tersendiri baginya. Pasalnya Reza dipercaya memerankan sosok Tjokroaminoto, seorang bangsawan yang membangun organisasi Sarekat Islam (SI) terbesar di Indonesia saat itu. Film ini merupakan film biografi yang mengisahkan perjalanan hidup seorang Oemar Said Tjokroaminoto yang merupakan seorang guru besar dari keturunan ningrat dan dikelilingi oleh keluarga dengan keislaman yang kuat. Meski seorang bangsawan, Tjokroaminoto sangat peduli pada rakyat jelata dan memiliki pengaruh yang besar di tengah-tengah masyarakat. Tjokroaminoto sendiri adalah guru sang proklamator, presiden pertama Indonesia Soekarno karena keahlian yang dimilikinya.

4. My Stupid Boss (2016)

Setelah sosok Habibie, karakter yang diperankan Reza pada film ini juga cukup menantang. Berperan sebagai Boss Man yang pelit, sembrono, egois, manipulatif, dan menjengkelkan namun takut istri. Yang menantang dari film ini adalah karakter si Boss Man yang stupid, sesuai dengan judulnya banyak adegan jenaka yang disuguhkan sehingga akan membuatmu tertawa terpingkal-pingkal saat menontonnya. Memainkan sebuah film full komedi untuk pertama kalinya Reza Rahadian lagi-lagi berhasil menjelma menjadi seorang bos yang menggelikan. Namun berkat perannya dalam film ini Reza menyabet tiga penghargaan sekaligus yaitu Pemeran Utama Pria Terbaik FFI 2016, Pemeran Utama Pria Terpuji FFB 2016, dan Pemeran Utama Pria Terbaik Piala Maya 2016. Hemh, geleuh gitu kalau dilihat sekilas. Bahkan Reza sendiri mengaku geli sendiri jika melihat kembali sosoknya di film tersebut. *LOL*

5. Rudy Habibie (2016)

Meski sama mengisahkan biografi perjalanan hidup dari seorang BJ Habibie, namun film ini bukanlah sekuel dari film sebelumnya “Habibie & Ainun”. Jika Habibie & Ainun mengisahkan tentang biografi perjalanan hidup, karir, dan cinta seorang BJ Habibie dan Hasri Ainun Besari (Alm.), maka Rudy Habibie adalah biografi Habibi semasa berkuliah di Jerman bersama dengan rekan-rekan Indonesia lainnya. Dapat dikatakan kisah ini adalah kisah sebelum Habibie mempersunting Ainun. Di film ini diceritakan Habibie sempat dekat dengan seorang mahasiswi di Jerman, namun bagaimana akhirnya seorang Rudy Habibie melabuhkan cintanya kepada Ainun? Jangan lupa ditonton ya filmnya.

6. The Gift (2018)

Masih sangat fresh film ini baru saja dirilis tepat pada tanggal 24 Mei 2018 lalu. Dalam film ini Reza mendapatkan perang yang menantang yang belum pernah ia perankan sebelumnya, yaitu menjadi seorang tuna netra. Reza memerankan sosok Harun, seorang tuna netra yang memilih menutup diri dari dunia luar dan menyatu dengan kesendirian. Pertemuannya dengan Tiana (Ayushita) mengubah pandangan Harun tentang hidup. Seiring perjalanan waktu, ada perasaan cinta pada satu sama lain dan Harun yang keras kepala mulai membuka diri. Sementara tumbuh benih-benih cinta di antara mereka, hadir seseorang dari masa lalu Tiana bernama Arie (Dion Wiyoko), teman kecil Tiana yang membawa kabar terbaru mengenai ayah Tiana yang telah lama hilang dan berniat untuk melamar Tiana. Saat itulah kisah cinta antara ketiga anak manusia ini diuji, hingga terjadi kejadian yang terduga yang mengantarkan mereka pada makna akan pengorbanan dan keterbatasan manusia. Bagaimana kisah kelanjutannya? Bagaimana dengan Harun si keras kepala yang sedang sibuk mempersiapkan hadiah untuk Tiana berupa sebuah patung pahatan karyanya?

Itulah beberapa dari segudang film yang pernah dimainkan Reza Rahadian dengan peran yang menantang. Peran-peran tersebut berhasil melambungkan namanya menjadi aktor berkelas tinggi di Indonesia sendiri. Tak sedikit penghargaan yang diraih karena akting nya yang mumpuni dalam setiap memainkan sebuah peran. Kurang apalagi coba? Wajah ganteng, akting luar biasa, ramah ke setiap fansnya. Cocok jadi imam dunia akhirat deh ya.. 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.