13 Film Robert Downey Jr. Terbaik yang Wajib Masuk List Tontonan Kamu

Kalian pasti tahu Iron Man salah satu film Robert Downey Junior si pemeran super hero tersebut. Ia adalah salah satu aktor Hollywood yang film-filmnya selalu laris manis. Tidak hanya perannya sebagai super hero yang bisa menyabet sederet penghargaan. Peran-peran lainnya pun tak kalah dengan perannya sebagai Iron Man.

Film Robert Downey Jr. Terbaik

Berikut ini pasberita.com ulas film-film Robert Downey Jr. terbaik dari zaman old hingga zaman now:

1. Chaplin (1992)

Merupakan film tentang kehidupan pembuat film komedi, yaitu Charles Chaplin yang penuh masalah dan kontroversi. Chaplin adalah film yang mengkisahkan tentang Charles Chaplin atau yang lebih kita kenal dengan Charlie Chaplin. Ia adalah sutradara sekaligus aktor terkenal yang mengubah industri film selamanya.

Film ini bermula dengan narator (Anthony Hopkins) dan Chaplin di masa lalu. Isi seluruh film ini merupakan kilas balik kisah Chaplin. Downey memenangkan penghargaan pada ajang BAFTA Awards di tahun 1993 untuk kategori aktot terbaik lewat perannya sebagi Chaplin serta penghargaan aktor tahun ini di ajang London Critics Circle Film Awards.

2. Short Cuts (1993)

Di film yang bergenre drama komedi ini Downey memainkan karakter figuran bernama Billy Bush. Ia bersama seluruh pemeran dalam film Short Cuts berhasil membawa pulang penghargaan untuk kategori Best Cast pada ajang Golden Globes Awards ditahun 1993. Film ini bercerita tentang kehidupan sehari-hari beberapa penduduk di pinggiran Kota Los Angeles. Film ini berisi sembilan cerita pendek yang mengambil latar belakang tempat dari Carver’s Northwest hingga Los Angeles.

3. Heart and Souls (1993)

Film garapan sutradara Ron Underwood ini merupakan film Downey yang bergenre drama komedi, romantis, dan fantasi. Film ini menceritakan tentang seorang pebisnis yang bersatu kembali dengan empat jiwa yang menjadi malaikat pelindungnya di masa kecil. Keempat jiwa tersebut, diantaranya Penny, Julia, Harrison, dan Milo. Mereka semua meninggal diwaktu yang sama, yaitu saat kecelakaan bus yang mereka tumpangi.

Sesaat sebelum kematiannya Penny meninggalkan tiga anaknya untuk berkerja shift malam. Harrison merupakan penyanyi yang suka demam panggung hingga Ia memutuskan untuk tidak mengikuti audisi. Julia, seorang pelayan yang menolak kekasih yang melamarnya, tapi kemudian ia menyesal dan berusaha mengejar kekasihnya.

Saat keempat jiwa tersebut bertemu kembali dengan Thomas Reilly (Downey) mereka meminta bantuannya untuk menyelesaikan masalah mereka yang mereka tinggalkan sesaat sebelum kematian mereka. Berkat perannya sebagai Thomas Reilly ia berhasil memenangkan penghargaan sebagai aktor terbaik pada ajang Academy of Science Fiction, Fantasy, & Horror Films di tahun 1994.

4. Tropic Thunder (2008)

Film bergenre komedi aksi ini disutradarai oleh Ben Stiller. Downey berperan sebagai Kirk Lazarus dan membawa pulang penghargaan pemeran pendukung terbaik. Film ini bercerita tentang sekelompok aktor yang mengikuti proses syuting film perang dengan budget besar. Mereka dipaksa menjadi tentara seperti yang sutradara gambarkan sehingga harus melalui serangkaian kejadian menyebalkan bagi mereka.

Kirk Lazarus merupakan seorang aktor yang memenangkan penghargaan Oscar sebanyak lima kali. Dia selalu berhasil memainkan setiap perannya dengan baik. Pada proyek film terbarunya, yaitu Tropic Thunder Kirk Lazarus bahkan rela menjalani operasi bedah kulit untuk mendalami perannya sebagai suku asli Australia.

5. Iron Man (2008)

“Iron Man” merupakan salah sautu film box office yang dibintangi Robert Downey Jr. Dalam film ini ia berperan sebagai Tony Stark atau super hero Iron Man. Berawal dari kejadian penyekapan Tony Stark di sebuah gua di Afghanistan membuat insinyur miliarder tersebut menciptakan baju zirah khusus. Baju zirah tersebut sangat canggih dilengkapi senjata untuk melawan kejahatan. Tony yang memakai baju zirah besi tersebut menjadi super hero yang dipanggil Iron Man.

6. Sherlock Holmes (2009)

Cerita film ini bukan berasal dari novel terkenal karya Conan Doyle. Tokoh yang ada pada Film Sherlock Holmes merupakan tokoh detektif fiksi yang amat terkenal karya Sir Conan Doyle, tapi cerita yang disuguhkan dalam film ini tidak mengambil dari serial Sherlock Holmes karya Doyle manapun.

Film ini menceritakan tentang detektif Sherlock Holmes dan rekannya Watson yang terlibat pertempuran kecerdasan otak serta otot dengan musuh mereka. Dimana musuh mereka mempunyai rencana yang menjadi ancaman bagi seluruh Inggris. Downey memenangkan penghargaan kategori penampilan terbaik pada Golden Globes Awars di tahun 2010.

7. Iron Man 2 (2010)

Pada sekuel yang kedua Iron Man mengangkat cerita mengenai identitas Tony sebagai Iron Man yang mulai terbongkar. Ia juga harus berjuang dengan kesehatannya yang menurun serta harus menghadapi pria gila yang terobsesi dengan warisan ayahnya.

8. The Avenger (2012)

“The Avenger” menceritakan tentang para pahlawan terkuat di bumi yang bersatu dan bertarung sebagai sebuah tim untuk menghentikan Dewa Loki yang nakal dan pasukan aliennya yang memperbudak kemanusiaan. Para pahlawan super tersebut adalah Iron Man, Captain America, Hulk, Thor, Black Widow, serta Hawkeye.

9. Iron Man 3 (2013)

Pada sekuel ketiga dari film Iron Man dunia Tony Stark diacak-acak oleh seorang teroris tangguh yang dikenal dengan sebutan Mandarin. Iron Man memulai pengembaraannya dengan misi untuk membangun kembali dunianya serta pembalasan kepada penjahat.

10. The Judge (2014)

Film bergenre drama kriminal besutan David Dobkin ini bercerita tentang seorang pengacara di kota besar, Hank Palmer. Dia kembali ke rumah masa kecilnya setelah bercerai dengan istrinya. Ayah Hank yang seorang hakim kota diduga melakukan pembunuhan dan ia yang kembali kerumahnya dengan maksud menghadiri pemakaman ibunya harus berdiri di pengadilan membela ayahnya.

Hank memutuskan untuk mencari kebenaran sembari menghubungkan kembali tali persaudaraan dengan keluarganya yang terasingkan. Berkat film ini Downey membawa pulang penghargaan sebagai aktor film terfavorit dalam People’s Choice Awards di tahun 2015.

11. Avengers: Age of Ultron (2015)

Pada sekuel Avenger ini menceritakan tentang Tony Stark (Iron Man) dan Bruce Banner (Hulk) mencoba untuk memulai program pemeliharaan perdamaian yang terbengkalai, Ultron. Namun segala sesuatunya tidak berjalan lancar dan kacau. Semua bergantung pada para Avengers untuk menghentikan Ultron yang jahat dari rencana mengerikannya.

12. Captain America: Civil War (2016)

Film ini menceritakan tentang keterlibatan politik dalam kegiatan Avengers menyebabkan keretakan antara Captain America dan Iron Man. Anggota tim Iron Man ada Black Panther, Vision, Black Widow, War Machine, dan Spider Man. Sedangkan di pihak Captain Amerika ada Bucky Barnes, Falcon, Scarlet Witch, Hawkeye, dan Ant Man.

13. Avengers: Infinity War (2018)

Film box office sekuel ketiga dari The Avengers ini merupakan film yang paling banyak dibuat meme oleh para penggemar dibanding film-film terdahulunya. Apalagi kalau bukan Thanos si tokoh penjahat di film ini dan batu energi saktinya. “Infinity War” bercerita tentang para Avengers dan sekutu mereka yang harus bersatu dan bersedia mengorbankan semua dalam upaya untuk mengalahkan Thanos yang kuat sebelum ia membuat kehancuran di alam semesta.

Nah, apa kalian sudah menonton semua film-film terbaik Robert Downey Jr. atau mungkin baru menonton film-film bertema super heronya saja. Film-film Downey yang lain tak kalah seru kok. Terbukti dari rating penonton dan penghargaan yang ia raih. Makanya buruan deh tonton daripada penasaran…!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.