13 Film Stephen Chow Terbaik Dari Figuran Hingga Sutradarai Film Sendiri

Stephen Chow merupakan seorang aktor, komedian, koreografer seni bela diri, sutradara, sekaligus produser asal Negeri Tirai Bambu. Stephen Chow lahir di Hong Kong pada tanggal 22 Juni 1962. Ia sempat tinggal di Shanghai, Cina bersama saudara-saudara perempuannya. Dikenal sebagai aktor yang serba bisa lewat film-film Stephen Chow bergenre aksi komedi.

Wajahnya bisa dibilang cukup tampan untuk seorang komedian, tapi nyatanya ia selalu berhasil mengocok perut para penonton lewat film-filmnya yang bergenre komedi. Stephen Chow selalu berhasil mendalami setiap perannya. Tak heran bila ia pandai berakting karena ia perna mengikuti sekolah akting.

Selain mengikuti sekolah akting Chow juga mengidolakan Bruce Lee. Itulah mengapa Chow juga pandai dalan hal seni beladiri. Hampir di setiap peran dalam filmnya ia memainkan karakter seorang “anak bawang” dengan memasukkan sifat aslinya. Ia bisa mendalami peran seperti itu karena Chow sering mengobservasi dan menghayati saat menonton film-film Charlie Chaplin.

Stephen Chow bahkan bisa menangis karena terharu dengan kehidupan miskin karakter Chaplin. Stephen Chow juga dikenal sebagai seorang yang banyak bicara dalam setiap film komedinya. Selain mengidolakan Bruce Lee dan Chaplin, Ia juga mengidolakan sutradara Steven Spielberg. Chow selalu mengobservasi film-film karya idolanya dan diterapkannya saat ia menyutradarai filmnya sendiri.

Film Stephen Chow Terbaik

Stephen Chow lebih dulu dikenal sebagai seorang aktor. Terhitung sudah lebih dari belasan penghargaan yang ia dapat berkat aktingnya. Berikut beberapa film terbaik yang dibintangi Stephen Chow dari awal karirnya hingga kini.

1. Final Justice (1988)

id.bookmyshow.com

Film ini merupakan debut film dari Stephen Chow. Ia mendapat pemeran figuran sebagai Ah Wai. Berkat aktingnya ia mendapat penghargaan Golden Horse Award untuk kategori aktor pendukung terbaik. Film yang bergenre aksi, komedi serta kriminal ini bercerita tentang seorang polisi yang mengandalkan pemuda pencuri mobil untuk menangani empat gangster. Dimana kelompok tersebut berencana untuk merampok sejumlah uang dalam jumlah yang besar milik seorang pebisnis kaya raya.

2. Justice, My Foot! (1992)

Di film yang memiliki judul asli Sam Sei Goon ini Stephen berperan sebagai Sung Sai Kit / Sung Shi Chieh. Film ini menceritakan tentang seorang pengacara yang memiliki istri ahli kungfu dan sama-sama eksentrik berhasil menegakkan keadilan di pengadilan. Berkat perannya di film ini Stephen Chow berhasil membawa pulang penghargaan untuk kategori aktor terbaik pada Festival Film Asia Pasifik di tahun 1992.

3. Royal Tramp (1992)

mubi.com

Film ini merupakan salah satu film Stephen Chow yang sukses mencuri hati penggemarnya. Terbukti dari dibuatnya sekuel film ini, yaitu Royal Tramp II di tahun yang sama. Film ini menceritakan Wei Siu Bo seorang germo yang mendapat tugas untuk memimpin orang-orang di Surga dan Bumi serta kelompok revolusioner setelah menyelamatkan Chan.

Wei Siu Bo gagal pada tugas pertamanya yang membuat ia dijadikan pelayan bagi pangeran. Dimana sang pangerang merupakan orang yang paling ingin ditumbangkan oleh semuanya. Banyak adegan laga serta komedi yang mengocok perut dalam film ini.

4. Flirting Scholar (1993)

cmovieshd.net

Pada film ini Stephen berperan sebagai seorang cendekiawan bernama Tong Pak Foo. Secara keseluruhan film ini menceritakan tentang Tong yang mencari cinta sejatinya. Ia rela menyamar menjadi pembantu rumah tangga pada sebuah keluarga kaya. Ia melakukan semua itu untuk menemukan cinta sejatinya, yaitu seorang gadis pelayan yang telah berhasil mencuri hatinya.

5. Hail The Judge (1994)

youtube.com

Film yang memiliki judul asli Gau Ban Ji Ma Goon Ji Baak Min Bau Ching Tin disutradarai oleh Jin Wong. Film ini bercerita tentang Pao Lung Sing (Stephen Chow) yang merupakan anak dari hakim terkenal, yakni Pao Ching Tien. Pao Lung Sing merupakan hakim tingkat terendah yang korup (tingkat 9).

Ia bekerja keras untuk memenangkan seorang wanita bernama Chi Siu Lin yang dituduh membunuh suaminya. Akibatnya Pao Lung Sing terpaksa melarikan diri lewat serangkaian cara yang konyol. Ia menjadi hakim tingkat pertama dan menegakkan keadilan dengan menghukum pihak yang bersalah.

6. A Chinese Odyssey Part One: Pandora’s Box (1995)

Berkat film ini Stephen Chow membawa pulang penghargaan Hong Kong Film Critics Society Awards sebagai aktor terbaik di tahun 1996. Film ini menceritakan legenda terkenal tentang petualangan fantasi mengenai datangnya agama Buddha di Tiongkok.

Dewi Kebahagiaan mengeluarkan Biksu panjang umur beserta murid-muridnya dari surga karena Raja Moyet yang ingin mencuri keabadian. Terlahir kembali ke dunia sang Raja Monyet bereinkarnasi menjadi Joker. Ia menghabiskan waktunya untuk mengejar dua wanita. Saat salah satu dari mereka sekarat JokerKembali ke masa lalu untuk menyelamatkan wanita tersebut.

7. A Chinese Odyssey Part Two: Cinderella (1995)

Merupakan sekuel film dari petualangan Raja Kera. Sang Raja Kera yang kini menjadi manusia menjelajahi waktu berusaha untuk memenuhi takdirnya agar kembali menjadi dewa. Stephen Chow berhasil mendapat penghargaan sebagai aktor terbaik dalam Golden Bauhinia Awards dan Hong Kong Film Critics Society Awards di tahun 1996 serta masuk nominasi sebagai aktor terbaik dalam Hong Kong Film Awards.

8. From Beijing With Love (1996)

dimsum.my

Film ini menceritakan tentang agen rahasia inkompeten, yakni Ling Ling Chat yang diberi tugas untuk mencari kerangka dinosaurus yang dicuri.

9. The God of Cookery (1996)

youtube.com

Film ini bercerita tentang Koki yang paling terkenal dan ditakuti di dunia kehilangan gelarnya sebagai Dewa Masakan karena sikap sombongnya. Ia kemudian sadar dan ingin merebut kembali gelarnya.

10. King Of Comedy (1999)

pinterest.co.uk

Film yang memiliki judul asli Hei Kek Ji wong ini disutradarai oleh Stephen Chow sendiri. Film ini mengisahkan seorang gadis bar yang menyewa seorang aktor bernama Wan Tin sau untuk mengajarinya berakting sehingga ia bisa menarik pelanggan lebih banyak. Lama kelamaan mereka mereka menemukan banyak kesamaan setelah bekerja bersama.

11. Shaolin Soccer (2001)

Shaolin Soccer merupakan salah satu film Stephen Chow yang tersukses. Film yang disutradarai oleh dirinya sendiri ini juga menggaet artis cantik Vicky Zu untuk berperan sebagai kiper dalam tim sepak bola Shaolin. Film ini mendapat banyak penghargaan. Penghargaan yang berhasil dibawa pulang, diantaranya film berbahasa asing terbaik di Blue Ribbon Awards tahun 2003, Best picture dan sutradara terbaik dalam Golden Bauhinia Awards tahun 2002, film terbaik pada Hong Kong Film Critics Society Awards tahun 2002, serta sederet penghargaan lainnya.

12. Kung Fu Hustle (2004)

Film ini menceritakan tentang seorang preman gadungan di Tiongkok pada tahun 40-an yang bercita-cita menjadi bagian dari kelompok preman Kapak. Sebagai ujian masuk ia ditugaskan untuk menundukkan sebuah komplek rusun. Namun penduduk dari komplek tersebut ternyata hebat dalam hal Kung Fu.

13. CJ7 (2008)

Film yang disutradarai oleh Stephen Chow sendiri ini menggaet aktris cilik Jiao Xu yang lucunya memerankan tokoh anak laki-laki dari Stephen Chow bernama Dicky. Film ini menceritakan tentang kisah hidup seorang buruh miskin bersama anak laki-lakinya serta mainan aneh yang ternyata alien.

Dari pemeran pendukung hingga menjadi sutradara dalam film sendiri telah dilakoni Stephen Chow. Bagi kalian sendiri film Stephen Chow mana aja nih yang sudah kalian tonton? Film-film yang lain juga nggak kalah seru dan mengocok perut lho. Pastikan saat kalian nonton jangan sambil makan atau minum supaya tidak tersedak.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.