9 Film Yakuza Terbaik, Terpopuler, dan Terus Melegenda Sepanjang Masa

Apa sih yakuza? Yakuza adalah organisasi yang berisikan para gangster yang memilki kekuasaan besar, kejam, dan terorganisir dengan baik. Istilah yakuza sendiri merupakan julukan bagi pelaku sindikat kriminal di Jepang. Keberadaannya yang diatakuti oleh banyak orang disajikan dalam beberapa film yang mengupas tentang yakuza. Sebagian besar film yakuza terbaik biasanya diproduksi oleh sutradara asal Jepang sendiri.

Tentu kalian tidak asing dengan film yakuza berjudul “Crows Zero”, “Yakuza Apocalypse”, ataupun “Outrage Coda” yang diproduksi pada tahun 2000-an alias tahun milenial. Tapi apakah kalian pernah menonton film yakuza terbaik yang melegenda sejak tahun 60-an hingga kini?

Salah satu film tentang yakuza yang melegenda yaitu “Sonatine (1993)”, dimana tokoh utamanya diperankan oleh Takeshi Kitano. Seperti yang kita ketahui bersama Kitano adalah seorang komedian yang memerankan tokoh raja dalam serial TV Benteng Takeshi. Sempat diragukan aktingnya dalam memerankan tokoh yakuza, ternyata Kitano berhasil menampilkan wajah barunya lewa film ini.

Film Yakuza Terbaik

Tak hanya itu, film Sonatine juga ternyata disutradarai sendiri oleh Takeshi Kitano. Nah, ada film yakuza apa lagi sih yang melegenda selain itu? Berikut 9 film yakuza terbaik yang diperankan oleh aktor-aktor legendaris sepanjang masa. Bahkan ada juga loh aktor yang awalnya memang asli yakuza dan kini menjadi artis. Yuk, disimak ulasannya!

1. The Yakuza (1974)

critcononline.com

Film yakuza terbaik yang melegenda ini diusung oleh sutradara asal Amerika, Sydney Pollack. Menceritakan tentang Harry Kilmer (Robert Mitchum) seroang pensiunan detektif yang harus berhadapan dengan kelompok yakuza berbahaya. Ia pergi ke Jepang setelah dimintai tolong oleh teman lamanya, George Tanner (Brian Keith). Putri George diculik oleh gangster bernama Tono (Eiji Okada) karena sebuah urusan bisnis yang tidak lancar.

Demi membantu teman lamanya, Kilmer kembali menghubungi adik iparnya Tanakan Ken (Ken Takakura), seorang mantan yakuza. Ken kembali mengangkat pedangnya dan berhasil membunuh Tono. Sejak saat itu hidup Ken berada dalam bahaya dan kesulitan. Demi menebus kesalahan Kilmer melakukan tindakan yubitsume, yaitu merupakan bagian dari perilaku para gangster dengan memotong jarinya karena telah menyeret Ken dalam kesulitan hidup.

2. Another Lonely Hitman (1995)

midnighteye.com

Kisah dalam film ini diangkat dari novel karangan Yuki Yamanouchi. Mengisahkan tentang Takashi Tachibana mantan yakuza yang baru saja bebas dari penjara setelah 10 tahun lamanya. Belum lama menghirup udara segar, Tachibana kembali dihadapkan dengan masalah yang berkaitan dengan yakuza.

Niat awal Tachibana hanya ingin membantu proses rehabilitasi Yuki, seorang gadis panggilan yang kecanduan obat-obatan terlarang. Yuki mengingatkannya kepada penderitaan yang sama di masa lalu saat masih menjadi pecandu narkoba. Dibalik semua itu, ternyata Yuki masih berhubungan dengan seorang mucikari yang memiliki koneksi dengan yakuza. Untuk kedua kalinya Tachibana kembali terseret ke dalam dunia kelam yang telah lama ingin ditinggalkannya.

3. Battles Without Honor and Humanity (1973)

japansociety.org

Mengisahkan tentang kekacauan yang tengah terjadi di dunia pasar gelap yakuza Jepang. Kekacauan itu terjadi karena sedang adanya pergeseran kekuasaan bos kelompok yakuza tempat Shozo Hirono bernaung. Sebagai yakuza muda saat itu, Hirono harus bertahan hidup di tengah-tengah kebrutalan antar para gangster yang tak bermoral tersebut.

Film ini dinobatkan sebagai film yakuza terbaik sepanjang masa dan memperoleh julukan sebagai Godfather-nya Jepang. Penasaran seperti apa jalan ceritanya Godfather ini, yuk kita intip sama-sama!

4. Ryuji (1983)

imdb.com

Masih berkisar tentang seorang mantan yakuza, pada film ini tokoh bernama Ryuji (Shoji Kaneko) ingin bertobat dan hengkang dari dunia kejahatan. Ryuji dulunya adalah seorang yakuza tingkat tinggi dan paling ditakuti di kelompoknya. Setelah keluar dari penjara ia menyadari bahwa prioritasnya kini adalah istri dan anaknya, hingga Ryuji ingin melepaskan julukan yakuza yang telah melekat pada dirinya.

Namun, godaan untuk kembali ke dunia kelam tersebut semakin bertambah. Kondisi semakin sulit ketika Ryuji membutuhkan banyak uang untuk membayar hutang-hutangnya di masa lalu. Akankah cita-cita Ryuji yang ingin menjalani hidup penuh kedamaian tercapai atau ia akan tetap kembali menjadi yakuza yang kasar dan penuh kejahatan?

5. Sonatine (1993)

imdb.com

Film “Sonatine” ini diusung oleh Takeshi Kitano dan menjadi film terbaiknya sepanjang masa, pasalnya Kitano yang berprofesi sebagai komedian pada saat itu sangat mustahil untuk menelurkan film bertemakan yakuza. Membuat gebrakan baru Kitano berhasil menjadikan film ini sebagai salah satu film yakuza terbaik pada masa itu.

Mengisahkan tentang seorang anggota yakuza, Aniki Murakawa (diperankan sendiri oleh Kitano) yang dikirim ke Okinawa untuk menangani permasalahan antara geng yakuza kecil disana. Alih-alih menjadi penengah pertengkaran antar geng tersebut, Murakawa ternyata dijebak oleh kelompok lain yang ingin menyerang kelompoknya untuk merebut wilayah kekuasaan.

6. Hana-Bi (1997)

mehtakyakehta.com

Ketagihan membuat film tentang yakuza, Takeshi Kitano kembali memproduksi film yang dibintanginya sendiri berjudul “Hana-Bi”. Kali ini bercerita tentang Yoshitaka Nishi (Takeshi Kitano), seorang polisi yang memilih mundur dari jabatannya dan terlilit hutang dengan para yakuza. Jika di film sebelumnya Kitano memainkan peran yakuza, kali ini ia memerankan sosok polisi yang mengalami depresi berat.

Nishi depresi karena partnernya terluka parah saat bertugas dan tergeletak di kursi roda seumur hidupnya. Tekanan yang dirasakan Nishi semakin bertambah saat mengetahui bahwa istrinya menderita sakit yang mematikan yaitu leukemia. Membutuhkan banyak biaya perawatan, Nishi memutuskan meminjam uang kepada kelompok yakuza yang tentu memakan resiko terburuk bagi hidup Nishi ke depannya.

7. Branded to Kill (1967)

talkfilmsociety.com

Goro Hanada adalah seorang pembunuh bayaran (hitman)yakuza yang memiliki kecenderungan cukup aneh. Ia memiliki rasa suka yang berlebihan terhadap aroma dari nasi putih. Pada suatu hari Hanada mendapatkan tugas dari seorang perempuan aneh yang menyampaikan pesan kematian. Pekerjaannya menjadi semakin rumit saat istrinya dilibatkan dan ia harus berhadapan dengan hitman nomor satu di Jepang.

8. The Wolves (1971)

japansociety.org

Kisah tentang Seiji Iwahashi, tangan kanan bos yakuza yang berhasil membunuh bos kelompok yakuza lawan. Karena kasus itu Iwahashi akihrnya dipenjara. Saat keluar dari penjara ia menemukan fakta bos yakuza yang dihormati dan dirindukannya telah meninggal dan kekuasaan diambil alih oleh saudara angkatnya yang serakah.
Mengetahui kenyataan tersebut menimbulkan kebencian yang mendalam di hati Iwahashi dan ia merencanakan balas dendam yang mengakibatkan pertumpahan darah antar kedua saudara tersebut.

9. Graveyard of Honor (1975)

themoviedb.com

Film terakhir ini merupakan kisah perjalanan hidup aktor kawakan Rikio Ishikawa selama menjadi yakuza. Kisahnya juga ditulis sebagai novel oleh Fujita Goro. Sebelum menjadi artis, Ishikawa adalah seorang yakuza yang kecanduan obat-obat terlarang. Sekitar tahun 1946-1950 ia berhadapan dengan permasalahan yang cukup kompleks dengan klan sendiri dan klan pelindung.

Ishikawa diasingkan ke Osaka hingga membuatnya kembali terjerumus ke dunia narkotika. Obat-obatan telah mengendalikan hidup Ishikawa hingga ia menjadi pemberontak yang liar. Semakin sulit dikendalikan, musuh-musuhnya menyadari jika Ishikawa berada pada titik terlemahnya. Hal tersebut membuat musuh semakin mudah untuk merebut daerah kekuasaaan Ishikawa. Mampukah Ishikawa bertahan dan kembali mengendalikan hidupnya?

Nah, dengan menonton beberapa film di atas kalian jadi tahu dong jika Rikio Ishikawa itu dulunya adalah mantan yakuza. Bagi penggemar film-film Jepang tentu tidak akan melewatkan begitu saja film-film legendaris di atas. Sebagai penggemar berat tentu malu dong nanti ditanya tentang sejarah perkembangan film yakuza oleh teman-teman kalian. So, tunggu apa lagi ayo buruan ditonton!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.