Rekomendasi Lokasi Foto Pernikahan Epic dengan Low Budget di Jogja

Posted on

Selain mempersiapkan budget untuk acara pernikahan yang tidak sedikit, anda pasti juga sibuk untuk menyiapkan banyak hal lainnya, salah satunya adalah foto pernikahan. Namun sayang, terkadang harus merogoh kocek yang cukup dalam demi mendapatkan hasil foto pernikahan yang bagus.

Biaya yang harus dikeluarkan misalnya mulai dari menggunakan jasa fotografer, kostum, dan keperluan properti lainnya.

Akan tetapi bagaimana jika budget yang anda miliki tidak banyak, apakah masih bisa mendapatkan hasil foto pernikahan yang keren? Hal-hal tersebut kan yang pasti menyebabkan kekhawatiran di benak anda dan pasangan.


Tips Foto Pernikahan Murah Meriah


davidsbridal.com

Tenang saja, karena jawabannya tentu saja bisa. Yang dibutuhkan adalah ide dan kreatifitas anda untuk memutar otak. Nah, yuk simak yang berikut ini adalah tips untuk anda yang ingin punya foto pernikahan keren namun dengan budget yang tipis.

1. Batasi Budget

Membatasi budget menjadi poin utama yang hendaknya anda lakukan pertama kali. Hal ini tentu saja untuk menghindari ‘kebobolan’ biaya nantinya. Anda bisa mendiskusikan bersama pasangan berapa kira-kira budget yang mau dikeluarkan.

2. Menentukan Tema

Perlu diketahui bahwa semakin rumit tema yang anda rencanakan, maka bisa menyebabkan biaya yang dikeluarkan semakin besar.

Oleh karena itu, sebaiknya tentukan tema yang sekiranya tidak membutuhkan banyak pengeluaran. Misalnya jika anda berdua menyukai pantai, dan berkeinginan foto pernikahan di Pulau Bali. Wah, memang akan bagus sekali namun pasti biayanya jelas tidak sedikit untuk sampai disana bukan?

3. Relasi

pasberita.com

Tips menghemat biaya selanjutnya adalah dengan menggunakan networking anda dan pasangan. Jika anda berdua memiliki relasi seorang fotografer misalnya, mengapa anda tidak menggunakan jasanya untuk foto pernikahan anda?

Selain karena sudah kenal, bisa jadi mereka akan memberikan ‘harga teman’, yakni menjadi lebih murah dibanding harga normalnya. Meskipun begitu, jangan sembarangan juga untuk bernegosiasi harga dengan gila-gilaan.

Bagaimanapun mereka tetap bekerja secara professional, sehingga anda juga tetap harus memberikan penghargaan yang sesuai. Memang lumayan, jika anda bisa mendapatkan harga yang cukup miring. Sehingga budget yang tersisa bisa dialokasikan untuk keperluan yang lainnya.

4. Persiapan Matang

Foto pernikahan tentunya berbeda dengan foto biasanya sehari-hari. Oleh sebab itu, anda sangat perlu untuk membuat persiapan dengan matang. Tidak cukup dengan mau menggunakan siapa yang jadi fotografernya, tema fotonya, bahkan juga kostum, makeup, dan berbagai properti lain yang dibutuhkan.

Agar lebih hemat jika memang membutuhkan properti tertentu, anda bisa meminjamnya saja. Tidak perlu memaksakan untuk membeli yang baru, jika sekiranya nanti tidak terlalu dibutuhkan lagi.

Misalnya jika anda memilih untuk konsep foto jadul atau vintage, anda bisa meminjam properti terdahulu milik orang tua anda. Justru sekaligus bisa bernostalgia bersamaan dengan itu.

5. Lokasi Terdekat

enviragallery.com

Selain tema, lokasi tempat pengambilan foto pernikahan juga turut memberi andil yang cukup besar soal biaya. Berkaitan juga dengan tema, jika anda ingin foto di pantai, tidak perlu memaksakan diri untuk pergi ke pantai di Bali.

Jelas tidak masalah jika anda memang punya budget lebih, namun jika ingin berhemat, anda tetap bisa melakukannya di pantai yang lokasinya terdekat dengan anda.

Masalah hasil, anda bisa mendiskusikannya dengan fotografer yang bekerja untuk anda. Tentu mereka lebih mengerti dan handal bagaimana untuk membuat foto terlihat bagus, sekalipun di tempat yang tidak terlalu istimewa.

Menghemat biaya pernikahan itu ada banyak caranya kok. Seperti sudah dijelaskan pada beberapa tips di atas, sehingga anda bisa mengalokasikan dana untuk keperluan lainnya lagi.

Akan tetapi, jika disuruh memilih lokasi untuk foto pernikahan, pasti yang pertama terfikir adalah Pulau Bali. Ya, siapa sih yang tidak mengidam-idamkan menginjakkan kaki ke pulau yang indah ini. Bahkan pasti banyak yang memiliki keinginan untuk tinggal disana saking menariknya kehidupan disana.


Yogyakarta, Lokasi Foto Wedding yang Istimewa


mywed.com

Pulau dewata yang disebut sebagai salah satu surga wisata ini memang terkenal dengan keindahan alamnya yang tak terelakkan. Namun untuk sampai disanapun pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Padahal anda mungkin tidak ingin terlalu besar mengeluarkan biaya untuk kegiatan pra-pernikahan ini.

Tapi apakah anda tahu jika masih banyak tempat epic selain Bali yang bisa anda coba untuk mengambil foto pernikahan dengan budget murah? Kota Yogyakarta adalah solusinya!

Kota yang terkenal dengan keramahannya, suasana yang selalu meninggalkan kerinduan bagi siapa saja yang pernah mengunjunginya. Tak jarang yang menganggap bahwa Yogyakarta adalah seperti rumah kedua. Biaya hidup yang lebih rendah dari kota besar lainnya pun menambah nilai lebih darinya.

Tak kalah dengan Pulau Bali, Yogyakarta juga menyimpan banyak surga untuk dikunjungi. Nah, disini juga sangat cocok untuk anda melakukan foto pernikahan. Terdapat banyak lokasi foto tanpa mengeluarkan banyak biaya. Yuk simak yang berikut ini!

1. Pantai Pok Tunggal

hipwee.com

Selain Pulau Bali yang menjadi surganya pantai, Yogyakarta juga demikian. Pantai-pantai selatan yang sangat terkenal memiliki keindahan yang memikat hati. Diantara banyak pantai tersebut, salah satu yang pas untuk dijadikan lokasi foto pernikahan adalah pantai Pok Tunggal.

Meskipun lokasinya cukup jauh dari pusat kota, yakni berada di kabupaten Gunung Kidul, pantai ini memiliki keunikan tersendiri. Memiliki ciri khas yaitu adanya Pohon Duras, yang menawarkan pemandangan epic yang berbeda. Anda bisa menggunakan konsep kasual atau dramatis disana.

2. Gumuk Pasir Parangkusumo

violeteyesphotos.com

Lokasi ini menjadi yang paling favorit digunakan untuk foto pernikahan. Meskipun Nampak umum, namun anda bisa menyiasatinya dengan berbagai konsep yang anda susun dengan fotografer anda.

Salah satu tempat gratisan ini tidak bisa dilewatkan. Tak perlu risau, karena anda bisa menggunakan berbagai konsep foto, karena memang padang pasir satu ini salah satu yang istimewa di Indonesia.

3. Hutan Pinus Imogiri

pinterest.com

Foto pernikahan di hutan, mengapa tidak? anda bisa mengeksplorasi sejuknya hutan pinus dan mendapatkan hasil foto bernuansa alam yang begitu terasa. Hutan pinus yang terletak di Kabupaten Bantul, tepatnya di daerah perbukitan Dlingo. Konsep back to nature akan sangat cocok anda pilih untuk berfoto disini.

4. Jalan Malioboro

 

idntimes.com

Jika anda ingin foto pernikahan yang ‘Jogja banget’ maka berfoto di sepanjang jalan Malioboro adalah pilihan yang sangat tepat. Anda bisa berfoto di tengah keramaian lalu lalang orang yang berjalan di jalan. Selain gratis, suasana hangat di Malioboro akan menambah kesan hidup dan tampak natural untuk foto pernikahan anda.

Namun jika anda ingin berfokus pada jalannya, dan properti di sekitarnya anda bisa mengambil foto ketika tengah malam ketika suasana sudah cukup sepi. Anda akan mendapatkan hasil foto yang lebih romantis, baik romantis bersama dengan pasangan anda maupun karena keromantisan kota Yogyakarta yang begitu kental.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.