11 jenis Ayam Hias Paling Unik Yang Ada Di Dunia

Jika di kebanyakan negara Asia Tenggara memiliki varietas ayam unggulan berupa ayam petarung, lain halnya dengan di Indonesia. Di negara kita ayam hiaslah yang diunggulkan. Harga ayam hias khas atau asli Indonesia ditaksir dengan harga yang tinggi.

Satu ekor ayam hias Indonesia harganya bisa mencapai belasan hingga puluhan juta. Sebut saja ayam cemani, ayam kukuak balenggek, ayam ketawa, dan ayam. Ayam hias merupaka ayam peliharaan yang diminati karena suara maupun keunikan fisiknya.

Kebenyakan dari ayam-ayam hias tersebut berharga tinggi karena keunikan-keunikannya. Seperti ayam ketawa yang terkenal karena kokokannya yang seperti orang tertawa. Ayam kukuak balenggek yang kokokannya memiliki irama bertingkat.

Adapula ayam cemani yang penampakannya hitam legam dan ayam pelung yang memiliki gen super. Sama halnya dengan ayam petarung varietas ayam hias kebanyakan merupakan ayam pejantan. Ayam jantan dinilai memiliki keunggulan dari segi bulu dan suara kokok daripada ayam betina, meskipun ada ayam hias betina.

Jenis Ayam Hias

Lebih jelasnya kita bahas mengenai beberapa jenis ayam hias yang ada di dunia, berikut ini.

1. Onagadori

pinterest.com

Ayam hias asli jepang yang seperti karya seni nyata. Memiliki bulu ekor dengan panjang yang panjangnya bisa mencapai 5 meter. Arti bahasa jepang dari onagadori sendiri adalah ekor panjang.

2. Polish

cacklehatchery.com

Jenis yang satu ini terkenal dengan bulu jambulnya yang unik. Jambul mereka hampir menutupi seluruh kepala. Pertama kali dikembangbiakkan di negara Belanda. Jenis ini sudah banyak dipersilangkan dengan berbagai jenis ayam hias unggulan lainnya.

3. Silkie

purelypoultry.com

Pertama kali diternakkan di daerah Cina. Terkenal karena bulu mereka yang sehalus sutra dan mirip seperti rambut hewan mamalia. Tersedia dalam berbagai warna, tapi warna putih adalah yang paling diminati.

4. Cemani

Ayam hias Asli Indonesia yang diakui dunia karena warna hitamnya yang unik. Warna hitamnya bahkan hingga ke lidah higga telurnya.

5. Bantam

daftarsm558indo.com

Jenis ayam bantam terdapat beberapa spesies. Setidaknya ada 4 spesies yang terkenal di dunia, yaitu booted bantam, dutch bantam, pekin bantam, dan rosecomb bantam. Perawakan serta bulu mereka merupakan kualitas yang super.

6. Serama

agronet.co.id

Nah, ayam hias yang satu ini benar-benar unik dan lucu. Serama sebenarnya merupakan jenis bantam yang pertama kali dibudidayakan di Malaysia. Meskipun tubuhnya kecil serama mempunyai keunikan bentuk tubuh yang tegap layaknya tentara yang sedang berbaris.

7. Frizzle

mypetchicken.com

Keunikan jenis frizzle ialah pada bulu mereka yang mengeriting, namun karena bulu mereka yang keriting mereka tidak tahan pada cuaca dingin. Mereka juga tidak bisa terbang sama sekali.

8. Appenzeller

omlet.co.uk

Berasal dari Swiss dan memiliki dua macam subspesies ayam. Ayam ini memiliki keunikan, yaitu jambul dan jengger yang mirip dengan mahkota mawar.

9. Sultan

hidupsimpel.com

Namanya saja sultan sudah pasti ayam ini sangatlah spesial. Spesies ini merupakan peranakan murni ayam Turki. Di negara asalnya lebih dikenal dengan nama Serai Taook yang berarti unggas dari istana sultan.

Penampakannya sangat unik dengan jengger berbentuk v, berjambul, berjanggut, berhidung besar, betis berbulu dan memiliki lima jari. Ayam ini terlihat menggemaskan dengan bulu mereka yang putih lebat menutupi seluruh tubuhnya dengan kaki berwarna biru.

10. Brahma

Spesie ayam paling unggul karena badan mereka yang besar. Dari namanya kita sudah bisa tahu kalau ayam ini berasal dari dataran India.

11. Naked Chicken

amusingplanet.com

Apa kalian pernah mendengar ayam yang tidak memiliki bulu sama sekali. Tidak hanya kucing yang mempunyai keunikan ini. Bahkan ayam pun ada yang tidak memiliki bulu layaknya kucing spinx yang tidak memiliki rambut seperti kucing kebanyakan.

Ayam tanpa bulu ini sebenarnya merupakan ayam hasil rekayasa genetika yang merupakan versi lebih extreme dari ayam leher botak. Spesies ini merupakan hasil inovasi para peneliti di Tel Aviv.

Itulah 11 jenis ayam hias yang ada di dunia dan paling diminati. Dari sekian banyak ayam mana jenis yang paling kalian minati.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.