Jenis Ayam Peruvian Atau Ayam Peru Asal Filipina

Posted on

Ayam peruvian atau peru berasal dari negara Filipina. Di negara asalnya ayam jantan jenis ini dijadikan sebagai ayam petarung. Untuk bisa masuk arena pertarungan ayam peru haruslah memiliki berat badan paling tidak sekitar 2,5 kg.

Laga adu ayam atau yang lebih dikenal dengan sabung ayam memang di legalkan dinegara Filipina. Bahkan ada peraturan resmi yang mengatur tentang sabung ayam pisau di negara tersebut. Meskipun dilegalkan, tapi perjudian dalam acara sabung ayam tidak dibenarkan alias ilegal.

Tahukah kalian tentang istilah sabung? Dalam kamus besar Bahasa Indonesia sabung berarti adu atau laga. Kata sabung berasal dari bahasa Tagalog sabong yang juga berarti pertarungan ayam. Ini membuktikan kalau kegiatan adu ayam sudah menjadi budaya disana.

Jenis Ayam Peruvian

https://www.youtube.com/watch?v=FlctmneLB4o

Untuk mengetahui lebih jelas lagi mengenai keunggulan peruvian sebagai ayam sabung, yuk simak info berikut ini.

1. Ciri fisik

Tubuh peruvian atau ayam peru cenderung besar bila dibandingkan dengan jenis ayam dari Asia Tenggara Lainnya. Mereka hampir sama dengan ayam Shamo dan Bangkok. Berat ayam peru siap tarung umumnya sekitar 3,5 kg.

Ayam ini memiliki semacam kuping berwarna putih. Hal itu menjadi bukti otentikasi dari ayam peruvian. Meski besar ayam ini mempunyai badan yang agak membungkuk. Berbeda dengan ayam-ayam sabung lain yang berbadan tegap.

Sekarang ini banyak ayam peru bajakan alias hasil kawin silang dengan bukan peruvian. Sebelum membeli kalian harus benar-benar teliti dalam memilih ayam. Perhatikan ciri-ciri diatas agar tidak tertipu.

Meskipun begitu bukan berarti ayam hasil persilangan tidak bagus. Bahkan ayam yang beradar di Indonesia kebanyakan hasil persilangan dengan jenis lain. Hal ini dimaksudkan agar sesuai dengan standar ukuran berat ayam sabung.

Di Filipina berat yang sesuai adalah 2,5 dan itu dibawah berat rata-rata ayam peru. Makanya banyak jenis ayam ini yang kemudian disilang kawinkan dengan ayam petarung jenis lain.

2. Keunggulan

Peruvian atau ayam peru sering digunakan untuk jenis adu ayam taji atau pisau. Ketrampulan ayam untuk menyerang dan menggunakan senjata adalah hal yang paling utama. Untuk memenangkan sabung ayam gerakan si ayam haruslah lincah serta memiliki kekuatan dan stamina yang besar. Mereka juga harus bisa bergerak cepat dan menghindar dengan apik ketika bertarung.

Kekuatan dan ketahanan ayam peru lebih baik dibanding dengan ayam petarung lainnya. Sehingga banyak orang yang memakai jenis ini saat sabung ayam.

Bila dirawat dengan baik ayam ini akan memiliki kekuatan dan stamina yang bagus sehingga peluang menag semakin tinggi. Kalian harus ekstra dan rajin dalam merawat peruvian supaya bisa menjadi ayam petarung yang hebat.

3. Sabung Ayam Dan Perjudian

Kegiatan sabung ayam di Filipina sebagai negara asal ayam peru sudah ada sejak lama. Bahkan bisa dikategorikan sebagai warisan budaya dan dilestarikan hingga kini. Budaya tersebut telah dilegalkan oleh pemerintah setempat.

Meskipun terlihat sama dengan sabung ayam pada umumnya, nyatanya sabung ayam di Filipina sedikit berbeda karena mereka juga memakaikan senjata kepada ayam. Ayam yang akan disabung dikaitkan dengan pisau.

Dilihat dari kacamata kemanusiaan ajang ini memang tidak manusiawi. Sehubungan dengan adanya hewan yang tersakiti bahkan terbunuh dalam ajang adu ayam. Parahnya lagi bila sabung ayam dijadikan sebagai arena perjudian.

Meskipun sabung ayam dilegalkan di Filipina, tapi tidak dengan kegiatan perjudian. Sama halnya seperti di Indonesia kegiatan perjudian dalam sabung ayam tidak diperbolehkan. Walaupun ada larangan praktek perjudian masih tetap ada secara sembunyi-sembunyi.

Itulah sedikit gambaran tentang jenis ayam peruvian dan kegiatan sabung ayam. Meskipun menarik ada baiknya untuk meninggalkan kegiatan tersebut karena tidak berprikemanusiaan. Apalagi bila sabung ayam sambil berjudi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.