5 Jenis Ayam Baik Hias Maupun Ternak Yang Menguntungkan

Ayam adalah hewan omnivora atau pemakan segala, mereka suka memakan biji-bijian, buah, serangga, dan beri. Makanan favorit mereka adalah biji-bijian. Predator alami mereka selain manusia adalah rakun dan musang.

Nama ilmiah ayam adalah Gallus gallus dari jenis gallus keluarga phasianidae. Ayam masih satu tipe dengan para burung dan mereka hidup dalam kelompok. Kemempuan ayam untuk bertahan hidup bisa mencapai usia 2 sampai 4 tahun.

Sebagai bahan makanan ayam merupakan daging yang difavoritkan banyak orang di berbagai belahan dunia. Ada saja inovasi makanan berbahan dasar ayam yang selalu menggugah selera.

Hampir semua bagian ayam bisa dimakan apalagi untuk orang Indonesia terkecuali bulunya. Ayam pada umumnya memiliki berat mulai dari 1kg hingga 3 kg.

Selain dijadikan hewan ternak ada beberapa spesies ayam yang dijadikan hewan peliharaan. Harga ayam untuk dijadikan hewan peliharaan lebih mahal dari ayam ternak. Bahkan harga satu ekor ayam peliharaan atau ayam hias bisa ratusan kali lipat harganya dari ayam ternak.

Jenis Ayam

Bagi kalian yang tertarik untuk berbisnis ternak ayam atau mengoleksi ayam hias untuk investasi ada baiknya membaca info berikut. 13 jenis ayam yang bisa dipelihara dan dikembangbiakkan agar untung besar.

1. Pelung

bisapinter.com

Berasal dari daerah Jawa Barat tepatnya Cianjur. Pelung merupakan ayam asli Indonesia yang ditemukan secara tidak sengaja. Spesies ini memiliki 3 sifat genetik yang unik dan bukan hasil rekayasa. Harga pelung bisa mencapai puluhan juta apalagi bila sudah menang kontes ayam.

Ayam ini tumbuh dengan pesat, berpostur tingi dengan kokokan yang panjang, khas alunan dan iramanya. Warna bulunya sama dengan ayam kebanyakan, yaitu campuran hitam dan merah, putih dan kuning, atau hijau.

2. Ayam Ketawa

Seperti namanya jenis ini memiliki suara kokokan yang mirip dengan suara orang tertawa. Unggas ini sering disebut dengan Ayam Jantan dari Timur. Asal ayam ini memang dari Timur Indonesia, tepatnya daerah Bugis, Sulawesi Selatan. Harganya sangat fantastis hingga mencapai 40 juta rupiah.

3. Cemani

jualayamhias.com

Cemani merupakan spesies ayam asli Indonesia yang sangat unik. Bagaimana tidak penampakan cemani secara keseluruhan serba hitam legam. Keunikannya ini membuat harganya sangat mahal bahkan bisa mencapai 40 juta. Cemani berasal dari daerah Kedu, Jawa Tengah.

4. Ayam Kukuak Balenggek

Mirip seperti ayam ketawa, kukuak balenggek terkenal sebagai ayam asli Indonesia yang mempunyai harga tinggi karena kokokannya. Meskipun belum sepopuler ayam ketawa nyatanya ayam ini pernah laku di harga 20 sampai 40 juta rupiah.

Kokokan ayam ini memiliki irama yang unik karena alunannya bertingkat mulai dari 13 hingga 12 lenggek bahkan ada yang mencapai 19 lenggek. Kukuak Balenggek berasal dari daerah Sumatra Barat.

Lenggek pada ayam ibarat vibra pada manusia, kokokannya terdiri dari 6 sampai 15 suku kata tergantung pada faktor genetik maupun latihannya. Semakin banyak atau semakin tinggi lenggeknya harganya menjadi semakin mahal.

5. Leghorn

gambar.co.id

Ayam yang satu ini merupakan ayam ternak yang berasal dari Italia. Ayam ini merupakan cikal bakal ayam negeri atau ayam potong. Orang Indonesia dengan lidah kearifan lokal menyebut ayam leghorn dengan sebutan ayam lehor atau ayam sayur.

Jenis ini banyak diternak untuk diambil daging maupun telurnya. Spesies ini bisa menghasilkan sekitar 250 butir telur pertahun. Warna ayam ini putih begitu juga dengan telurnya yang berukuran sedang.

Leghorn menjadi ayam ternak favorit karena mudah dibudidayakan. Untuk para peternak pemula ayam ini sangat cocok untuk dipelihara dan dibudidayakan.

Itulah lima jenis ayam yang ada di Indonesia yang bisa jadi referensi kalian. Nah, dari info diatas kalian sudah bisa memutuskan ayam mana yang paling menjanjikan untuk diinvestasikan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.