8 Jenis Buah Berry ini Kaya Akan Nutrisi yang Baik Untuk Kesehatan

Pasti kamu sudah sering mendengar buah strawberry dan blueberry. Buah-buahan tersebut termasuk ke dalam dua jenis buah berry yang paling populer di Indonesia.

Jenis buah berry di dunia sangat banyak. Ada buah berry yang bisa dimakan dan ada juga jenis buah berry yang beracun.

Tanaman berry dapat tumbuh dengan baik pada derah yang lembab dan memiliki keasaman. Banyak dibudidayakan di Amerika, Inggris, New Zealand, Eropa, Australia dan di beberapa negara beriklim sub tropis lainnya.

Beberapa Jenis Buah Berry yang Baik Untuk Kesehatan

Buah berry memiliki rasa asam dan manis yang menyegarkan. Jenis buah ini banyak diolah menjadi produk makanan seperti selai, jus, manisan, sirup, es krim dan saus. Buah berry diketahui banyak mengandung vitamin dan sebagai sumber antioksidan. Sehingga buah berry mempunyai khasiat yang baik bagi kesehatan.

1. Strawberry

bobo.grid.id

Salah satu jenis buah berry yang paling dikenal di seluruh dunia adalah strawberry. Buah strawberry berbentuk segitiga terbalik dengan rata-rata kandungan biji sebanyak 200 biji per satu buahnya.

Pada saat matang buah strawberry berwarna merah cerah. Warna merah pada buah strawberry berasalah dari pigmen warna antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan. Strawberry merupakan sumber vitamin C, kaya akan serat, rendah kalori, dan mengandung kalium, folat dan asam ellagic.

2. Blueberry

saintif.com

Blueberry memiliki warna buah biru keunguan dengan daging buah berwarna putih saat matang. Buah blueberry berbentuk bulat dengan ukuran 5-16 mm. Blueberry mengandung senyawa antioksidan berupa polyphenol dan anthocyanin yang mampu mencegah penyakit stroke, jantung koroner, dan perkembangan sel kanker.

3. Blackberry

khasiatsehat.com

Buah blackberry berwarna hitam atau ungu tua yang bergerombol. Buah ini memiliki ukuran sekitar 13 mm per buahnya.

Kandungan antioksidan berupa plyphenol dan omega 3 pada buah blackberry sangat efektif untuk meningkatkan kinerja jantung, memperlancar peredaran darah, dan mengontrol kadar kolesterol didalam tubuh. Buah blackberry juga banyak mengadung vitamin K dan vitamin C.

4. Bilberry

naviri.org

Jenis buah berry ini menyerupai buah blueberry namun memiliki ukuran yang lebih kecil. Buah bilberry memiliki warna biru kehitaman dengan daging buah berwarna ungu atau merah.

Bilberry kaya akan kandungan anthocyanin yang berguna untuk mencegah diabetes dan memperkuat dinding pembuluh darah. Konsumsi buah bilberry secara teratur juga dapat mencegah timbulnya katarak mata dan meningkatkan daya pandang di malam hari.

5. Cranberry

caraprofesor.com

Cranberry memiliki buah dengan ukuran 6-18 mm, berwarna merah dan memiliki rasa sedikit asam. Jenis buah berry ini mengandung senyawa alkaloids seperti cyanidin, quercetin, anthocyanidin, dan peonidin yang berguna untuk mencegah perkembangan sel kanker.

Selain itu, sari buah cranberry juga mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk pengobatan penyakit infeksi saluran seni.

6. Lingonberry

health.detik.com

Lingonberry merupakan salah satu jenis buah berry yang masih dianggap sebagai tanaman liar dan belum banyak dibudidayakan.

Namun, buah lingonberry mengandung banyak vitamin dan juga asam organik. Vitamin yang terkandung dalam buah ini antara lain vitamin C, vitamin B (B1, B2 dan B3) serta vitamin A.

7. Raspberry

merdeka.com

Buah raspberry yang sering ditemukan adalah buah raspberry yang berwarna merah dan hitam. Raspberry memiliki rasa yang manis saat matang. Rata-rata buah raspberry memiliki berat 4 gram. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam jenis buah berry yang satu ini antara lain polyphenol, anthocyanin, dan vitamin C yang berguna bagi kesehatan.

8. Mulberry

idntimes.com

Sebutan lain dari buah mulberry adalah buah murbei. Buah mullberry akan muncul bergerombol dengan warna buah ungu tua hingga hitam dan memiliki rasa buah yang manis. Kandungan anthocyanin yang tinggi dalam buah mullberry dapat berfungsi sebagai antioksidan dan sangat bermanfaat bagi tubuh.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.