3 Jenis Buah Markisa Unggulan – Buah Tropis dengan Rasa Manis-Masam

Buah markisa merupakan salah satu jenis buah yang dapat tumbuh dengan baik pada daerah tropis dan subtropis. Dalam bahasa latin buah yang berasal dari Amerika Selatan ini disebut Passiflora edulis, sedangkan pada negara asalnya buah ini dikenal dengan nama Granadilla dan dalam bahasa Inggris disebut sebagai Passion Fruit.

Bagian dari buah markisa yang bisa dikonsumsi adalah bagian “pulp” nya yang merupakan selaput kuning yang mengelilingi biji dan terdapat di dalam rongga buah. Biasanya cara menikmati buah ini adalah dengan cara membelah bagian kulit buahnya lalu memakan bagian pulp bersama dengan bijinya.

tribunnews.com

Kualitas dari jenis buah markisa ditentukan berdasarkan ukuran buah, aroma buah, tingkat kemasaman, dan ketebalan pulp buahnya. Semakin besar ukuran buah, semakin harum aroma buah, semakin tinggi tingkat kemasaman dan semakin tebal pulp buahnya maka semakin tinggi kualitas buah markisa tersebut.

3 Jenis Buah Markisa Unggulan

Markisa memiliki nutrisi yang tinggi khususnya kandungan vitamin C. Sudah diketahui bahwa vitamin C memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti mencegah peradangan, megontrol tekanan darah dan menjaga daya tahan tubuh.

1. Markisa Konyal

bolehkah.com

Memiliki nama ilmiah Passiflora lingularis, jenis markisa konyal juga dikenal dengan sebutan markisa hutan, markisa manis, atau sweet granadilla. Disebut sebagai markisa manis karena markisa jenis ini memiliki rasa pulp buah yang manis dan menyegarkan dengan tingkat keasaman yang rendah.

Saat masih muda buah ini berwarna ungu dengan semburat hijau. Setelah masak warnanya akan berubah menjadi kuning tua hingga jingga dengan bentuk buahnya yang lonjong.

Tanaman markisa konyal hanya dapat tumbuh dan menghasilkan buah bila ditanam pada daerah dataran tinggi dengan ketinggian 1000 m di atas permukaan laut. Jika ditanam pada dataran rendah, tetap akan tumbuh namun sulit untuk berbuah.

Di Medan, Sumatera Utara buah ini diolah menjadi sirup markisa karena memiliki rasa yang manis dan sirup markisa koyal tersebut sangat terkenal sebagai buah tangan atau oleh-oleh khas dari Medan.

2. Markisa Kuning

resepkoki.id

Jenis markisa kuning yang memililiki nama ilmiah Passiflora flavicarva adalah salah satu jenis markisa yang paling mudah ditemui di Indonesia. Varietas ini dapat tumbuh baik di daerah dataran rendah dan banyak dikembangkan di daerah Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan.

Termasuk kedalam jenis markisa masam, buah ini juga dikenal dengan nama yellow granadilla. Sama seperti jenis markisa lainnya, markisa kuning juga memiliki bentuk buah yang lonjong dengan warna hijau saat muda dan warna kuning saat matang.

Perbedaan markisa jenis ini dan lainnya terletak pada tempat pertumbuhannya. Jika kedua jenis markisa lainnya tumbuh dengan baik pada dataran tinggi, markisa kuning lebih bisa tumbuh dengan baik pada dataran menengah dan dataran rendah.

Untuk bisa dinikmati, markisa jenis ini jarang dikonsumsi secara langsung. Pada umumnya akan diolah terlebih dahulu menjadi produk seperti selai, jelly, sari buah, es krim, dan konsentrat.

3. Markisa Ungu

satuharapan.com

Di Indonesia, markisa ungu dengan sebutan purple passion biasa tumbuh di daerah dataran tinggi. Sama seperti markisa kuning, jenis ini juga banyak dibudidayakan di wilayah Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara.

Berbeda dengan markisa manis, markisa ungu ini memiliki rasa yang asam segar dengan aroma buah yang harum. Bentuk buahnya lonjong dengan kulit buah berwarna hijau saat masih muda dan berwarna coklat ungu saat sudah matang.

Tempat yang baik untuk tumbuhnya tanaman markisa ungu adalah daerah dengan ketinggian 1000 m di atas permukaan laut. Tidak memungkinkan tumbuhan ini dapat tumbuh pada dataran menegah dan rendah, namun diperlukan perlakuan khusus agar bisa tumbuh dengan baik.

Leave a Reply