5 Jenis Buah Tin | Beberapa Varietas Unggulan dari Berbagai Negara

Buah tin adalah buah yang berasal dari Asia Barat. Merupakan buah yang dapat dimakan dan sering digunakan sebagai obat-obatan. Nama tin sendiri diambil dari bahasa Arab, yang juga tertulis di dalam kitab suci Al-Qur’an.

Di Indonesia buah ini juga dikenal dengan sebiutan buah ara (pohon ara). Banyak yang mempercayai jika buah tin berkhasiat untuk kesehatan tubuh manusia, karenanya beragam khasiat yang terkanduang di dalamnya.

Jenis buah tin sendiri terdapat sekitar 50 buah varietas di berbagai belahan dunia. Sejauh ini buah tin masih jarang dibudidayakan. Di Indonesia buah tin yang banyak ditemukan yaitu berwarna hijau muda dengan daging buah berwarna merah.

Berbagai Jenis Buah Tin

Kira-kira ada apa saja jenis buah tin di seluruh belahan dunia ini ya? Yuk kita ulik!

1. Tin Purple Jordan

desyifa.com

Purple Jordan merupakan jenis buah tin berupa bibit unggul asal Yordania. Ukuran buahnya cukup besar dengan berat bisa mencapai 50-70 gram.

Tanaman tin purple Jordan mudah beradaptasi dan banyak tumbuh di Indonesia. Dapat ditanam langsung di perkebunan atau dibudidayakan di pot.

Karakteristik tin purple Jordan yaitu memiliki kulit berwarna ungu kehitaman dan rasa buah sangat manis. Dari segi daun, tin purple Jordan memiliki daun berbeda dari jenis buah tin lainnya yaitu bentuk daun menjari dengan tiga ruas.

2. Tin Green Jordan

tokopedia.com

Hampir mirip dengan tin purple Jordan, hanya warna kulit buahnya berbeda yaitu berwarna hijau. Memiliki rasa yang manis, tin green Jordan banyak diolah menjadi manisan, selai, atau dikeringkan dalam bentuk kismis.

Bibit unggul kedua dari Yordania ini merupakan jenis terbaik dari negara asalnya. Telah banyak berkembang dan mudah beradaptasi di Indonesia. Ukuran buah tin green lebih kecil daripada tin purple yaitu berkisar antara 40-60 gram.

Dari segi rasa, tin green lebih unggul dengan tekstur yang begitu legit. Satu perbedaan lagi dari tin purple yaitu ruas daun tin green layaknya buah tin pada umumnya berjari lima.

3. Tin Blue Giant

tokopedia.com

Sesuai dengan namanya, buah tin ini memiliki bobot buah mencapai kisaran 70-80 gram. Kulit buah berwarna merah dengan corak berbentuk garis kebiruan.

Tin blue giant memiliki rasa yang sangat manis dan tekstur yang empuk. Tumbuhan buah tin yang satu ini terkenal sangat produktif dengan menghasilkan lebih banyak buah dibandingan jenis buah tin lainnya.

4. Tin Brown Turkey

tin.web.id

Salah satu jenih buah tin yang mudah retak apabila terkena banyak air. Jadi apabila kamu ingin mencoba menumbuhkannya, lebih baik ditanam di daerah dengan curah hujannya sedikit atau rendah.

Berdasarkan namanya, buah tin ini berasal dari negara Turki dengan warna kulit buah coklat kehitaman. Daging buahnya berwarna merah menunjukkan rasa yang sangat manis. Dibandingkan dengan buah tin sebelumnya, brown turkey memiliki ukuran paling kecil seberat 50-60 gram per buah.

5. Tin Khrutmani Palestine

deskgram.net

Meski dinamakan Palestine namun jenis buah tin ini aslinya berasal dari Israel. Mirip dengan tin blue giant, berukuran besar dengan kisaran berat buah 70-80 gram.

Buah tin ini merupakan golongan Mediteranian, berwarna merah kehitaman dengan rasa yang sangat manis. Pohonnya sangat produktif dan cocok dikembangkan atau dibudidayakan di Indonesia.

Jika kamu tertarik ingin bercocok tanam buah tin berikut beberapa tipsnya. Kebanyakan tanaman ini sangat menyukai air, maka lebih baik ditanam di tempat terbuka. Jangan lupa diberi pupuk ruitn sebanyak 250-500 gram/ tahunnya, bisa dibagi 3x sampai 4x pemupukan dalam setahun

Sekian dulu bahasan mengenai jenis-jenis buah tin. See you in the next chapter!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.