3 Jenis Bunga Alamanda dengan Kecantikan yang Memukau

Bunga alamanda memiliki nama latin Allamanda cathartica. Bunga alamanda merupakan tanaman hias yang biasa ditanam untuk menghiasi pekarangan rumah. Jenis bunga alamanda juga populer dengan sebutan bunga lonceng kuning, bunga terompet emas, dan bunga buttercup.

Jenis bunga ini berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Bunga ini juga banyak ditemukan di daerah Brasil. Tanaman alamanda termasuk ke dalam golongan tanaman perdu dengan tinggi yang dapat mencapai 2 meter.

Jenis-Jenis Bunga Alamanda

mangkoko.com

Tanaman alamanda bersifat evergreen atau senantiasa hijau sepanjang tahun. Alamanda merupakan salah satu jenis tanaman hias merambat yang biasa menjadi hiasan pagar atau dinding.

Tanaman alamanda memiliki batang yang berwarna coklat saat sudah tua dan dengan tunas muda yang berwarna hijau. Daun tanaman ini berentuk yang lancip di bagian ujung daun dengan panjang sekitar 6 hingga 16 cm.

Bunga alamanda berbentuk menyerupai terompet dengan ukuran diameter 5-7,5 cm dengan wangi bunga yang harum. Jenis bunga alamanda terbagi menjadi tiga yaitu Allamanda blanchetti, Allamanda catharica, dan Allamanda schotti.

1. Bunga Allamanda blanchetti

tokopedia.com

Perbedaan dari ketiga jenis bunga alamanda terletak pada warna bunga dan ukuran bunganya. Bunga Allamanda blanchetti adalah tanaman alamanda yang memiliki bunga berwarna pink keunguan atau violet.

Allamanda blanchetti merupakan bunga dengan kelopak bunga berjumlah lima. Bunga ini biasanya akan mekar satu per satu pada bulan November. Bunga alamanda tidak bermekaran secara bersamaan. Jenis bunga alamanda berwarna ungu ini masih jarang ditemukan di tanah air.

Daerah yang tepat untuk pertumbuhan alamanda adalah daerah yang beriklim tropis. Pada daerah yang beriklim tropis, tanaman alamanda dapat tumbuh dengan pertumbuhan yang cukup cepat.

2. Bunga Allamanda catharica

kaltim.tribunnews.com

Allamanda catharica merupakan jenis bunga alamanda yang paling populer dan mudah ditemukan. Bunga alamanda kedua ini memiliki bunga berwarna kuning cerah dengan bentuk bunga menyerupai terompet.

Allamanda catharica dapat ditemukan di daerah tepian sungai yang terkena sinar matahari dengan kelembaban tinggi sepanjang tahun. Ia dapat tumbuh dengan baik dan dapat berbunga jika terkena sinar matahari penuh dengan kondisi tanah berpasir serta kaya akan bahan organik.

Tidak hanya membuat pagar dan dinding menjadi indah jika dihiasi dengan bunga alamanda, namun bunga ini juga memiliki manfaat lainnya. Beberapa sumber menyebutkan bahwa tanaman alamanda memiliki manfaat medis.

Bunga alamanda dapat dipakai sebagai laksatif, selain itu juga bunga alamanda dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mencegah komplikasi dari malaria dan pembengkakan limpa. Bagian akar dari tanaman alamanda diketahui dapat digunakan untuk mencegah penyakit kuning.

3. Bunga Allamanda schotti

daftartanamanhias.web.id

Jenis bunga alamanda yang satu ini memiliki warna bunga yang sama dengan tanaman alamanda Allamanda catharica, yaitu berwarna kuning cerah. Yang membedakan kedua jenis tanaman ini adalah ukuran bunganya, tanaman Allamanda schotti memiliki ukuran bunga yang lebih besar daripada tanaman alamanda jenis Allamanda catharica.

Allamanda schotti ditemukan di daerah Brazil bagian selatan dan tenggara, tepatnya di negara Rio de Janeiro, Sao Paulo, Minas Gerais dan Santa Carina. Tanaman alamanda jenis ini tumbuh dengan baik di dekat atau di sepanjang tepian sungai, di daerah yang memiliki kelembaban tinggi, dan di hutan terbuka.

Batang dan daun Allamanda schotti mengandung getah yang dapat mengiritasi. Tanaman ini juga mengandung senyawa plumericin yang dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*