7 Jenis Bunga Calathea dengan Motif Daun yang Unik dan Menarik

Tanaman hias menjadi komponen yang penting untuk mempercantik dan membuat rumah menjadi terlihat lebih indah dan teduh. Salah satu tanaman hias daun yang populer di kalangan pecinta tanaman hias adalah berbagai jenis bunga calathea.

Tanaman calathea memiliki nama sebutan prayer plant (tanaman yang berdoa). Hal tersebut dikarenakan tanaman ini sensitif pada cahaya yang gelap dan pada malam hari daun calathea akan melipat.

Jenis tanaman calathea memiliki daya tarik pada daunnya yang memiliki motif yang unik dan warna daun yang terdiri dari kombinasi beberapa warna. Tanaman ini berasal dari wilayah Amerika Tropis.

Beberapa Jenis Bunga Calathea

Lingkungan yang teduh dan sejuk adalah tempat yang paling tepat untuk pertumbuhan calathea. Tanaman calathea jika terkena cahaya matahari langsung maka daunnya akan menggulung dan kualitas bunganya akan menurun.

1. Calathae Ornata

houseplantcentral.com

Calathea ornata merupakan jenis tanaman calathea yang berasal dari Amerika Selatan. Tanaman ini juga dikenal dengan nama Pinstripe calathea. Tanaman calathea jenis ornata tumbuh dalam rumpun dengan batang yang lunak.

Daun calathea ornata berbentuk elips dan oval dengan ukuran yang lebar. Warna daunnya hijau dan merah keunguan dengan motif garis-garis berwarna putih di sepanjang tulang daunnya.

2. Calathea Majestica

commons.wikimedia.org

Salah satu jenis tanaman calathea yang memiliki ukuran besar adalah calathea majestica. Daun calathea majestica berwarna hijau tua pada bagian atasnya dan pada bagian bawahnya berwarna coklat keunguan. Dengan panjang mencapai 60 cm dan lebar 26 cm.

Bunga dari calathea jenis majestica memiliki warna dasar kuning muda, pada bagian atasnya berwarna putih dan berwarna hijau muda pada bagian bawahnya. Jenis bunga calathea ini akan muncul dari tangkai yang panjang.

3. Calathea Multicolor

gardener.id

Di Indonesia calathea multicolor sering disebut juga sebagai calathea merah putih. Calathea multicolor menjadi salah satu jenis tanaman hias yang banyak digemari. Tanaman ini memiliki keunikan dengan warna daun yang terdiri dari kombinasi krem, hijau, dan merah keunguan. Tinggi tanaman jenis multicolor berkisar antara 20 cm hingga 60 cm.

4. Calathea Black Lipstik

bibitbunga.com

Jenis tanaman calathea ini berasal dari Papua. Di luar Indonesia tanaman ini lebih dikenal dengan nama calathea dottie. Namun tanaman ini masih jarang ditemukan di pasaran.

Ciri khas calathea jenis black lipstik terletak pada warna daunnya. Pada umumnya daun calathea berwarna hijau, namun calathea black lipstik memiliki daun berwarna gelap keunguan dengan garis berwarna merah muda.

5. Calathea Rose Painted

candy.com.sg

Asal tanaman calathea rose painted dari negara Brazil bagian utara dan barat. Tanaman ini merupakan tanaman evergreen yang bisa tumbuh dengan ketinggian tanaman mencapai 50 cm.

Daun calathea jenis ini berbentuk bundar dengan bagian atas daunnya berwarna hijau. Sementara bagian bawah daunnya berwarna merah. Motif garis-garis berwarna pink atau cream pada urat dan permukaan daunnya.

6. Calathea Peacock

plantshop.ae

Calathea peacock atau lebih terkenal dengan sebutan calathea bulu merak merupakan jenis tanaman calathea yang memiliki daun dengan motif yang cantik dan menarik.

Tanaman calathea peacock memiliki daun dengan bentuk lebar dan bagian ujungnya lancip. Motif daunnya mirip dengan bulu merak dan daunnya berwarna kombinasi hijau muda, hijau tua, dan hijau keputihan.

Tanaman ini merupakan salah satu pilihan tanaman indoor untuk menghias sudut ruangan rumah. Selain itu tanaman ini juga mampu menyerap radikal bebas yang ada di dalam ruangan.

7. Calathea Makoyana

etsy.com

Daun calathea makoyana memiliki corak garis-garis dengan warna dasar bagian bawah daunnya merah marun dan bagian atas daunnya berwarna hijau. Tanaman ini memiliki bunga yang berwarna putih.

Lingkungan yang ideal untuk tanaman ini adalah lingkungan yang lembab dengan suhu ideal 15 hingga 24 derajat celcius. Tanaman ini bisa tumbuh dengan ketinggian mencapai 60 cm.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*