7 Jenis Bunga Gelombang Cinta dengan Masing-masing Keindahannya

Bunga Gelombang Cinta atau dikenal juga dengan nama Anthurium, merupakan bunga yang biasa dijadikan sebagai hiasan di taman istana. Beberapa tahun silam bunga ini menjadi buruan para kolektor tanaman hias dengan harga yang mahal.

Sejatinya yang unik dari tanaman ini bukanlah karena bunganya, melainkan karena bentuk daunnya yang membentuk gelombang unik dengan variasi yang indah.

Berdasarkan taksonominya, anthurium tergolong ke dalam family Araceae dengan jumlah jenis cukup banyak sekitar 1.000 anggota marga anthurium.

Jenis Bunga Gelombang Cinta

Secara umum bunga gelombang cinta dibedakan menjadi dua, yaitu anthurium daun dan anthurium bunga. Yang membedakan keduanya terletak pada keindahan yang ditonjolkan masing-masing jenis.

Anthurium daun memiliki daya tarik dari bentuk daunnya yang unik dan istimewa, sedangkan anthurium bunga memiliki keragaman bentuk bunga yang spesial.

Berikut 7 jenis bunga anthurium yang wajib kamu ketahui sebelum akan mengoleksinya:

1. Anthurium crystallinum

flickr.com

Jenis bunga gelombang cinta yang satu ini aslinya tumbuh di hutan Margin, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Memiliki bentuk daun oval disertai urat-urat putih serta bunga berwarna spathes hujau dan hijau pucat.

Untuk memelihara bunga ini kamu tak perlu khawatir, crystallinum memiliki daya tahan tinggi mampu tumbuh pada suhu minimal hingga 16°C.

2. Anthurium superbum

morningdewtropical.com

Habitat asli superbum adalah hutan-hutan yang berada di dataran rendah dan lembab di daerah subtropis dan tropis.

Dari kabar yang beredar nih gengs, wujud asli dari bunga gelombang cinta yang satu ini sudah jarang sekali ditemukan di habitat aslinya karena sudah banyak diambil untuk dijual maupun dibudidayakan secara luas di tempat lain.

3. Anthurium jemani

jemani-hobbyku.blogspot.com

Pertumbuhan bunga belombang cinta jenis jemani ini terbilang cukup lambat. Dengan bentuk daun yang tebal, Anthurium jemani terlihat lebih kokoh dan kompak dibandingkan jenis lainnya.

4. Anthurium corong

instagub.com

Sesuai dengan namanya, bunga ini memiliki daun seperti membentuk corong. Sebagian masyarakat lokal menyebutnya dengan bunga gelombang cinta corong bibir merah.

Daun anthurium jenis corong ini melekuk ke bawah dengan pangkalnya menekuk ke atas layaknya corong pada saat masih dalam bentuk bibit.

Setelah tumbuh dewasa, daun bunga gelombang cinta ini akan berubah bentuk menjadi lebih lebih keriting dengan gelombang pada bagian tepi daun.

5. Anthurium hookeri

pinterest.com

Tergolong ke dalam jenis bunga gelombang cinta yang cukup mahal, hookeri memliki ciri khas yaitu seluruh bagian tubunya berwarna hijau bercampur kehitaman. Unik dibandingkan jenis bunga gelombang cinta lainnya.

Namun, warna unik tersebut baru akan terlihat pada saat bunga ini memasuki usia remaja dimana daun yang dimilikinya berjumlah 12 helai.

6. Anthurium keris

faunadanflora.com

Dinamakan keris, karena memang daunnya yang berbentuk panjang bergelombang hampir menyerupai bentuk keris. Terbagi menjadi anthurium keris hitam, anthurium keris merah, dan anthurium tangkai merah.

7. Anthurium bintang kejora

pricearea.com

Bunga gelombang cinta dengan bentuk daun yang sedikit kehitaman disertai warna tangkai yang juga berwarna kehitaman. Sama dengan hookeri, jenis bunga ini tergolong cukup mahal loh!

Namun kini keberadaan bunga gelombang cinta hampir sepi peminat. Bunga yang dulunya dapat dihargai hingga miliaran rupiah/ pot, kini terjun bebas di pasaran tanaman hias.

Hal ini dikarenakan mudahnya proses mengembangbiakkan bungatersebut, sehingga banyak orang yang tak perlu susah-susah membelinya pada kolektor.

Meskipun terpuruk, di beberapa tempat bunga gelombang cinta ini masih banyak dicari walau tak seramai dulu. Beberapa kolektor bahkan meyakini jika suatu saat gelombang cinta akan booming lagi seperti sedia kala.

Leave a Reply