9 Jenis Bunga Lily Cantik Di Dunia yang Jarang Diketahui

Jenis Bunga Lily – Bunga lily adalah bunga yang indah. Keindahan bunga lily bahkan kerap diabadikan sebagai nama bayi. Lily merupakan bunga yang hadir dengan beragam jenis dan warna. Di dalam bahasa Indonesia bunga lily disebut juga bunga bakung.

Jenis Bunga Lily

Semua bunga Lily termasuk dalam genus lilium. Termasuk kedalam golongan tanaman daerah subtropis. Penampakannya membuat bunga ini digolongkan sebagai bunga berukuran besar. Tingginya saja bisa mencapai 60 – 180 cm. tanaman ini memiliki umbi dan akar rhizoma didalam tanah.

Kebanyakan dari jenis lily memiliki bunga yang besar daan berbau harum meskipun tidak menyengat. Hadir dalam berbagai warna, seperti putih, kuning, oranye, merah muda, merah, hingga ungu. Tidak hanya itu sebagian dari spesies lili juga memiliki corak yang unik. Berikut ini beberapa bunga lilli yang populer di Indonesia.

1. Lilium bosniacum (Jenis Bunga Lily Bosnia)

slavorum.org

Di negara asalnya, yaitu Bosnia dan Herzegovina mereka sering disebut sebagai Zlatni ljiljan atau Bosanski ljiljan. Lili emas Bosnia merupakan simbol dari kerajaan Bosnia dan rakyatnya. Itu dapat terlihat dari bendera serta seragam militer mereka.

Pada jaket militer terdapat 6 buah bunga lili diatas backgroun berwarna biru dengan pita putih. Sedangkan bunga lili di dalam bendera melambangkan persatuan setelah Bosnia dan Herzegovina merdeka dari Yugoslavia. Bahkan bunga lili bisa ditemukan pada hiasan masjid maupun batu nisan disana.

2. Bakung Jingga (Lilium bulbiferum)

jitunews.com

Termasuk jenis lili yang sangat cantik karena kelopaknya yang merekah sempurna seperti matahari saat fajar. Panjang mahkotanya sekitar 5 – 8 cm dengan ujungnya yang berwarna kemerahan. Terkadang saat benar-benar mekar terdapat juga bintik atau corak berwarna coklat. Satu akar biasanya menghasilkan 6 – 7 bunga.

3. Lillium canadense (Jenis Bunga Lily Kanada)

pinterest.com

Sama seperti namanya lily jenis ini memang berasal dari Amerika bagian utara, yaitu Kanada. Yang unik dari lili ini adalah mereka tumbuh dengan bagian bunga menunduk. Kebanyakan mahkotanya datar, tapi ada juga yang menggulung. Warnanya mulai dari kuning hingga oranye dengan bintik-bintik hitam pada bagian pangkal mahkota. Suku Indian memakan bagian akar maupun kuncup bunga.

4. Bakung Madonna (Lilium candidum)

alamendah.org

Ingat penyanyi Madonna kan? Ternyata nama Madonna ada juga pada jenis bunga lily. Warnanya putih bersih dan sangat disukai oleh burung kolibri maupun kupu-kupu. Diantara banyak lily jenis ini termasuk yang paling populer, sepopuler Madonna.

5. Lilium michauxii (Jenis Bunga Lily Karolina)

ecwid.com

Bunga bakung yang satu ini penampilannya cukup unik karena bagian mahkotanya yang melengkung keluar. Selain itu tangkai serbuk sarinya cukup panjang dan bunganya merunduk. Merah kekunikan dengan corak bintik adalah ciri khasnya.

6. Bakung Macan (Lilium lancifolium)

alamendah.org

Dinamakan bakung macan karena warna dan corak lily ini memang mirip sekali degan macan tutul. Mereka berasal dari negara Cina dan Jepang. Panjang mahkotanya sekitar 5 cm dan bahkan bisa mencapai 12 cm saat mekar sempurna. Satu akar bisa menghasilkan hingga 40 tangkai bunga lho.

7. Lilium pumilum (Jenis Bunga Lily Korea)

gardenia.net

Julukan untuk jenis lili yang satu ini cukup banyak, mulai dari lili karang, lili lipstik, dan masih banyak lagi. melihat warnanya yang merah merona sekilas mengingatkan kita akan warna lipstik. Ditambah lagi jenik bunganya yang memang mengkilap.

8. Bakung Paskah (Lilium longiflorum)

Dalam bahasa Inggris disebut juga easter lily. Sekilas bentuk atau penampakannya mirip dengan lily Madonna. Lili paskah berasal dari Jepang, tepatnya dari pulau Ryuku.

9. Lilium speciosum (Jenis Bunga Lily Jepang)

fluwel.com

Jepang memang tempatnya bunga-bunga indah. Tak hanya sakura Jepang juga mempunya jenis bunga bakung yang tak kalah indah dari sakura. Dengan sedikit corak bintik didalamnya membuat lily berwarna rasberi ini terlihat menarik.

Leave a Reply