9 Jenis Bunga Mawar Indah yang Belum Banyak Orang Tahu

Jenis Bunga Mawar – Bunga mawar sering menjadi simbol berbagai hal, terutama cinta. Banyak pasangan muda mudi hingga yang sudah tua memberi hadiah mawar kepada orang terkasih di hari spesial mereka. Mawar adalah bunga yang indah, meskipun begitu mereka juga memiliki duri yang tajam.

Jenis Bunga Mawar

Duri mawar merupakan bentuk perlindungan dari tumbuhan mawar. Tahukah kalian kalau mawar termasuk jenis tumbuhan semak? Tinggi mereka saja hanya 2 sampai 5 meter. Meskipun ada jenis merambat yang bisa mencapai hingga 20 meter, tapi sangat jarang.

Tak hanya duri mawar juga memiliki dau yang ujung-ujungnya tajam meskipun tidak menyakiti. Daunnya termasuk daun majemuk dengan bentuk tulang menyirip. Selain menjadi tanaman hias mawar juga kerap diekstrak yang kemudian minyaknya dijadikan bahan baku kosmetik hingga makanan. Berikut macam-macam jenis mawar yang ada di dunia.

1. About Face Rose (Jenis Bunga Mawar Rosa Grandiflora)

witherspoorose.com

Warna khas dari bunga jenis ini adalah oranye dengan warna keemasan dibagian dalamnya. Bisa dibilang warnanya adalah bicolor (dua warna). Daunnya cukup lebat dengan tangkai yang panjang. Bagian belakang kelopaknya berwarna oranye kemerahan. Banyak yang menganggap wangi dari mawar ini bisa mengcegah penyakit ringan. Wanginya mirip dengan bau apel segar.

2. Bonica

plants.connon.ca

Jenis mawar semak yang menghasilkan bunga berwarna cantik pink muda. Akan mekar pada musim panas hingga musim gugur di negara empat musim. Bau wanginya bisa kita cium dari jarak 10 cm. sangat cocok ditanam dinegara beriklim dingin.

3. Cherry Parfait (Jenis Bunga Mawar Rosa Floribunda)

gardenia.net

Seperti jenis floribunda sebelumnya yang satu ini juga memiliki kelopak dua warna. Merah adalah warna yang dominan, tapi dibagian pinggirannya terdapat warna putih. Bila dilihat dari jauh warnanya akan terlihat merah secara keseluruhan. Daunnya berwarna hijau gelap.

4. Teasing Georgia

gardenia.net

Mawar ini sebenarnya berwarna kuning tapi jika dari jauh akan terlihat berwarna aprikot. Saat mekar kelopaknya akan tumbuh bertumpuk dari yang kecil di dalam hingga ke kelopak yang berukuran besar dibagian luarnya. Mereka tidak gampang terkena hama ataupun penyakit dengan wangi yang kuat.

5. Easy Does It (Jenis Bunga Mawar Rosa Floribunda)

Floribunda yang satu initermasuk mawar yang berukuran sedang. Bila musim mekar ukuran bunganya memilii ukuran sekitar 4 sampai 5 inci. Warna kelopaknya campuran antara oranye, merah muda, dengan aprikot. Jumlah bunganya ditiap tangkai ada dua dengan bentuk kelopak yang merenda. Aroma mereka seperti wangi buah. Termasuk yang tahan akan penyakit tanaman.

6. Falstaff

ashridgetrees.co.uk

Masih bersaudara dengan Teasing Georgia, tapi jenis ini asalnya dari Inggris. Merah gelap adalah warna khasnya. Bila kalian suka jenis mawar seperti ini mereka adalah yang terbaik untuk dipilih. Selain warnanya wanginya yang cukup kuat kerap menjadi pilihan.

7. Sunset Tahiti (Jenis Bunga Mawar Rosa Hybrid Tea)

autumnhillnursery.com

Namanya sudah bisa menggambarkan warna dari mawar jenis ini. Bunga mawar ini memiliki dua warna yang menyihir, yaitu aprikot pink. Daunnya hijau gelap dan agak glossy. Tinggi tanamannya berkisat antara 5 – 6 inci.

8. Rainbow Knockout

gardenia.net

Termasuk jenis yang paling umum dengan bunga tunggal. Mereka tidak seperti kebanyakan mawar dengan warna koral dan kuning dibagian tengahnya. Meskipun tahan terhadap jbeberapa penyakit tanaman nyatanya perawatannya cukup sulit.

9. Julia Child (Jenis Bunga Mawar Rosa Floribunda)

gardenia.net

Dalam kontes mawar, jenis ini memenangkan penghargaan karena warna kuning keemasannya. Tak hanya itu daunnya pun terlihat berkilau. Baunya sangat manis mirip dengan gula-gula.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*