Penjelasan Mengenai Morfologi, Manfaat, dan Jenis-Jenis Bunga Pacar Air

Jenis bunga pacar air memiliki nama latin Impetiens balsamina L. Tanaman ini berasal dari wilayah Asia Tenggara dan Asia Selatan. Pacar air erupakan jenis tanaman yang bersifat biennial karena daur hidupnya berlangsung selama satu tahun sampai dengan tahun.

Tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman hias yang biasa ditanam dalam pot gantung ataupun pada halaman rumah sebagai pembatas kebun. Dengan warna bunga yang berwarna-warni dan cerah dapat memberikan nuansa yang menyegarkan.

Keunikan tanaman ini yang tidak dimiliki oleh tanaman lainnya adalah tanaman pacar air dapat hidup tanpa akar. Hal ini dikarenakan batang pacar air mampu menghisap air. Agar dapat hidup dengan baik, tanaman pacar air tanpa akar harus ditanam di gelas atau wadah yang penuh dengan air.

batam.tribunnews.com

Mahkota bunga yang berwarna-warni sangat menarik perhatian serangga dan membuat serangga sangat menyukainya, seperti lebah dan kupu-kupu. Serangga-serangga tersebut juga membantu bunga pacar air dalam melakukan penyerbukan.

Tanaman pacar air tidak dapat tumbuh dengan baik pada tanah yang kering. Tanaman ini akan mudah layu jika tidak mendapatkan air dengan jumlah yang cukup. Namun jika media tanamnya terendam air dengan jumlah yang berlebih maka tanaman ini akan mudah terserang jamur.

Morfologi Tanaman Pacar Air

bibitonline.com

1. Akar; Tanaman pacar air memiliki akar serabut.

2. Batang; Tinggi tanaman ini bisa mencapai satu meter dengan batang bulat dan tebal. Jenis batang tanaman ini bersifat basah (herbaceus), lunak, bercabang dengan warna batang hijau kekuningan.

3. Daun; Bentuk daunnya memanjang dengan bagian ujung daun meruncing. Bagian tepi daun pacar air memiliki gerigi dengan tulang daun menyirip. Lebar daunnya sekitar 2-3 cm dengan panjang daun 6-15 cm.

4. Bunga

Bunga pacar air memiliki bentuk mirip dengan bunga angrek namun ukurannya lebih kecil. Terdiri dari warna ungu, kuning, merah, putih dan orange.

Dalam waktu kurang dari satu bulan tanaman pacar air ini sudah bisa berbunga. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan warna bunga yang cerah jika ditanam pada tempat yang teduh dengan kelembaban yang ideal.

Jenis Bunga Pacar Air

Terdapat tiga jenis bunga pacar air yang paling terkenal. Setiap jenisnya memiliki bentuk kelopak dan warna bunga yang berbeda.

1. Tom Thumb

batam.tribunnews.com

Bunga pacar air jenis ini memiliki ukurang bunga yang besar dengan warna kelopak bunga yang mencolok.

2. Super Elfin

youtube.com

Jenis bunga pacar air ini dicirikan dengan warna bunganya yang bernuansa pastel.

3. Swirl

bungaku.co.id

Warna bunga pacar air jenis swirl adalah merah dan jingga. Kelopak bunga pacar air jenis ini memiliki pola yang melingkar.

4. Rose Balsam

tokopedia.com

Rose Balsam atau yang sering dikenal dengan bunga pacar tumpuk adalah jenis bunga pacar air yang memiliki kelopak ganda dengan warna bunga yang beragam.

Manfaat Tanaman Pacar Air

bibitbunga.com

Dengan kandungan kimia yang beragam pada tanaman pacar air, bagian-bagian dari tanaman ini biasa digunakan sebagai obat tradisional. Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat antara lain akar, daun, bunga dan biji.

Beberapa kandungan kimia yang terkandung dalam tanaman pacar air antara lain saponin, anthocyanin, cyanidin, quercetin, flavonoid, steroid dan kaemperol.

Akar tanaman pacar air berguna sebagai anti radang, mengatasi rematik, dan sakit pinggang. Sedangkan bagian daun diketahui berkhasiat sebagai penghilang nyeri saat haid dan dapat mengatasai keputihan.

Bagian bunga pacar air dapat mencegah terjadinya pembengkakan akibat gumpalan dari pembekuan darah dan dapat mengatasi keterlambatan haid.

Biji dari tanaman pacar air dapat digunakan untuk mengatasi bengkak akibat terbentur, keterlambatan haid, dan rasa tersumbat di bagian tenggorokan.

Leave a Reply