8 Jenis Bunga Puring Berdaun Indah Penuh Warna

Jenis bunga puring sebenarnya merupakan tanaman hias yang dinikmati keindahan daunnnya. Mereka sama halnya seperti keladi yang juga dipelihara sebagai tanaman hias. Tanaman ini mungkin yang paling sering kita lihat menghiasi rumah-rumah. Daunnnya memiliki warna yang beragam.

Jenis Bunga Puring

Variasinya mulai dari warna hijau, kuning, jingga, merah, unggu, hingga campuran kesemuanya. Bentuknya daunnya pun beragam ada yang memanjang, oval, bergelombang, hingga berhelai. Meskipun bisa ditaruh di dalam ruangan mereka akan lebih cocok ditanam ditempat terbuka.

Nama lain dari tanaman ini adalah kroton dengan nama ilmiah Codiaeum variegatum. Mereka adalah tumbuhan perdu yang cukup populer sebagai tanaman hias pekarangan. Puring dibedakan berdasarkan warna dan bentuk dari daunnya karena memang tidak memiliki bunga. Berikut beberapa jenis dari varietas tanaman puring.

1. Puring Debu Emas

miamitropicalplants.com

Daun dari tanaman kroton ini berwarna hijau gelap dengan bintik-bintik kuning emas yang tersebar di seluruh daun. Perawatannya mudah karena tumbuhan hijau ini gampang didbudidayakan dengan tinggi 1 hingga 2 meter. Meskipun begitu mereka tumbuh secara lambat sehingga tak perlu khawatir akan memenuhi pekarangan kalian. Tinggal tanam dan tunggu mereka tumbuh. Bisa ditanam didalam ruangan maupun diluar ruangan.

2. Jenis Puring Mammy

gardeneredirect.com

Tidak seperti jenis puring lainnya jenis ini adalah yang paling mudah untuk dirawat. Daunnya hadir dalam berbagai warna, seperti kuning terang, merah, hijau, ungu dan coklat. Bentuk daunnya lebar, tebal dan mengkilap. Kalian bisa menaruhnya di pekarangan atau menanamnya di dalam pot untuk ditaruh di ruangan.

3. Kroton Petra

gardenloversclub.com

Jenis ini merupakan puring asli dari kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Tingginya bisa mencapai 1,5 hingga 2,5 meter. Warna daunnya bisa merah burgundi, kuning, oranye, hijau, dan perunggu dan tentunya lebar. Bisa ditanam di luar maupun di dalam ruangan dengan cahaya matahari yang cukup. Temperatur yang cocok untuk jenis ini adalah 60 hingga 80

4. Jenis Bunga Puring Ibu dan Anak

gardenloversclub.com

Puring ibu dan anak mungkin adalah jenis yang paling terlihat eksotis. Bentuknya panjang-panjang dengan ujung lancip. Hijau atau unggu adalah warna dasar daunnya dengan corak warna kuning atau kuning gading yang tidak merata. Agar kroton ini tetap sehat pastikan untuk menyiraminya paling tidak tiga ember sehari.

5. Puring Tulang Merah

groundworksbvi.com

Dinamakan tulang merah karena tulang daunnya berwarna kemerahan. Sedangkan warna lembar daunnya beraneka warna mulai dari hijau, oranye, merah burgundi, hingga keemasan. Jika ditanam diluar ruangan mereka bisa tumbuh sangat tinggi.

6. Jenis Bunga Puring Elegan

planetnurseryonline.com

Melihatnya sekilas saja akan membuat kita terpana dengan keindahannya. Bisa dibilang mereka gelombang cinta versi puring dengan warna hijau, merah muda, kuning, oranye, burgundi, hingga unggu gelap. Seperti jenis tulang merah jenis ini juga akan tumbuh lebih tinggi bila di taruh diluar ruangan.

7. Eleanor Roosevelt

gardenloversclub.com

Di tahun 1920-an Henry Coppinger membuat sebuah persilangan puring dimana hasilnya adalah Eleanor Roosevelt. Tidak seperti kebanyakan puring, jenis ini memiliki daun yang rramping dan panjang. Unggu hingga hijau adalah warna dasar daunnya dengan warna kuning emas sebagai coraknya.

8. Jenis Bunga Puring Zanzibar

pinterest.com

Terakhir ada zanzibar, jenis kroton atau puring yang daunnya mirip dengan jenis eleanor roosevelt. Hanya saja warna dari zanzibar lebih beragam. Mulai dari warna hijau, ungu, merah, kuning, hingga oranye. Zanzibar juga akan tumbuh lebih tinggi jika ditanam di luar ruangan.

Nah itu tadi beberapa jenis bunga puring atau kroton. Mungkin sebagian dari kalian bingung mengapa tumbuhan ini disebut bunga? Tentu saja karna warna-warna daunnya yang cantik dan beraneka ragam. Hal itu yang membuat mereka terlihat seperti bunga.

Leave a Reply