7 Jenis Bunga Sakura di Jepang dengan Keindahan Tiada Duanya

Jenis bunga sakura merupakan bunga yang sangat populer di Jepang. Selalu menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berfoto di bawah pohon sakura saat berlibur ke Jepang. Bunga ini memiliki keindahan yang sulit dilupakan.

Di Jepang, sakura dijadikan simbol yang sering dikaitkan dengan kematian dan kehidupan. Namun juga dijadikan simbol dalam menggambarkan keberanian, kebahagiaan dan hubungan antar manusia.

Setiap jenis bunga sakura memiliki waktu mekar yang berbeda-beda. Pada umumnya bunga sakura akan mekar sekitar bulan Januari hingga bulan Mei. Setelah mekar bunga sakura hanya mampu bertahan dalam waktu yang singkat yaitu sekitar satu hingga dua minggu saja.

anakjajan.com

Selain indah untuk dipandang ternyata bunga sakura dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan minuman.

Pengolahan sakura untuk menjadi minuman cukup dengan diseduh saja. Minuman bunga sakura ini dikenal dengan sebutan sakurayu. Minuman ini biasa disajikan pada acara besar.

Beberapa Jenis Bunga Sakura di Jepang

Terdapat sekitar 200 jenis bunga sakura yang ada di Jepang. Meliputi sakura yang dibudidayakan dan sakura yang tumbuh di alam liar. Penamaan berbagai jenis sakura ini didasarkan pada jumlah daun bunganya.

1. Bunga Sakura Fugenzo

flickr.com

Bunga sakura ini bisa ditemui di darah Tokyo pada pertengahan hingga akhir bulan April. Warna bunga sakura fugenzo yaitu merah muda dengan warna merah pada bagian tengahnya. Bunga fugenzo memiliki kelopak lebih dari 40 kelopak dan memiliki daun yang bergerigi di bagian tepinya.

2. Bunga Sakura Shidarezakura

matcha-jp.com

Ciri khas dari pohon sakura shidarezakura adalah memiliki ranting yang merunduk ke bawah. Bunga ini bisa kamu temui saat berlibur di Tokyo pada awal bulan april dan di Kyoto pada akhir bulan Maret.

Sakura shidarezakura terbagi menjadi dua jenis, yaitu sakura dengan mahkota bunga berjumlah lima helai dan sakura dengan mahkota bunga berjumlah lebih dari lima helai.

3. Bunga Sakura Somei Yoshino

japan-guide.com

Jenis bunga sakura yang paling mudah ditemui adalah bunga sakura jenis somei yoshino. Bunga ini merupakan hasil persilangan antara sakura oshimazakura dengan edohigan.

Pada saat awal mekar bunga ini akan berwarna pink pucat dan lama-lama warna bunganya berubah menjadi putih. Mahkota bunga sakura ini tumbuh dengan menggerombol sehingga cantik saat dipandang.

4. Bunga Sakura Kanzan

japanesestation.com

Salah satu sakura yang berbunga ganda adalah bunga sakura jenis kanzan. Setiap bunganya terdiri dari lebih dari 50 kelopak bunga. Ukuran bunga sakura ini terbilang besar dan berwarna merah muda pekat.

5. Bunga Sakura Kanhizakura

akinabation.com

Kanhizakura berasal dari Pulau Okinawa yang berada di selatan Jepang. Bunga ini juga bisa ditemukan di China, Taiwan dan Vietnam. Yang membedekan bunga sakura kanhizakura adalah warna bunganya yang merah keunguan yang mekar pada bulan Januari.

6. Bunga Sakura Edohigan

123rf.com

Edogihan merupakan jenis sakura yang memiliki umur paling panjang dibandingkan sakura yang lain. Banyak ditemukan di wilayah Yamanashi, edohigan biasanya mekar pada awal hingga pertengahan bulan April. Kelopak bunga sakura ini memiliki ukuran yang kecil dengan warnanya merah muda pucat.

7. Bunga Sakura Ichiyou

bukalapak.com

Ichiyou merupakan bunga sakura yang populer di wilayah Asakusa. Setiap bulan April selalu diadakan festival khusus untuk bunga ini. Sakura ichiyou memiliki 20 hingga 40 kelopak bunga serta di bagian tengahnya terdapat putik bunga yang akan terlihat saat bunga mekar.

Leave a Reply