5 Jenis Bunga Sepatu Cantik yang Ada Di Seluruh Dunia

Jenis bunga sepatu adalah bunga yang indah. Nama sepatu disematkan bukan karena bentuknya mirip dengan sepatu loh. Jenis bunga ini sering kita temui dan sering pula dimainkan atau dipetik oleh anak-anak perempuan.

Jenis Bunga Sepatu

Bagi kalian yang masa kecilnya tidak dipenuhi gadget pasti sangat mengenal bunga ini. Saat masih kuncup sering kali dipetik dan ditempelkan ke hidung. Daun dari bunga sepatu mempunyai tekstur yang mirip dengan daun cincau ketika diremas-remas atau diperas akan mengeluarkan cairan kental lengket. Meski tersturnya mirip daun dari bunga sepatu tidak enak untuk diolah menjadi cincau.

Anak perempuan dahulu sering memanfaatkan perasan daunnya untuk bermain masak-masakan. Di Sumatra dan Malaysia kembang sepatu sering juga disebut bunga raya. Bahkan bunga ini telah ditetapkan sebagai bunga nasional Malaysia. Berikut beberapa jenis kembang sepatu yang cantik menawan.

1. Kembang Sepatu Amerika

waltersgardens.com

Di Amerika jenis ini kerap disebut rose mallows. Setidaknya ada sekitar 35 spesies yang termasuk kedalam jenis ini. Banyak ditemukan di daerah Amerika bagian Tenggara terutama Florida. Scarlet rose mallow tinggi pohonnya bisa mencapai 1 hingga 2, 5 meter.

Beberapa orang menyebutnya bunga sepatu rawa. Nama tersebut berhubungan dengan habitat hidupnya yang cenderung ditanah yang agak basah. Meskipun begitu mereka tetap bisa hidup di tempat yang kering.

2. Jenis Bunga Sepatu Tangguh

plants.connon.ca

Disebut tangguh karena bunga sepatu ini dapat bertahan di suhu yang dingin. Ada spesies dari kembang sepatu tropis dan bunga sepatu abadi yang tergolong jenis ini. Dimana yang jenis abadi sama indahnya dengan yang jenis tropis dengan berbagai warna. Rose Sharon merupakan salah satu contoh dari kelompok ini dengan warna bunga merah muda, putih, hingga unggu.

3. Jenis Bunga Sepatu Tropis

legendflowers.com

Tipe bunga sepatu yang satu ini memiliki hubungan dengan bunga sepatu Amerika yang banyak tumbuh di Florida dan Lousiana bagian selatan. Rosa sinesis adalah salah satu perpaduan tersebut. Warna-warna yang cantik dari jenis ini banyak ditemukan karena hasil budidaya dan rekayasa. Mahkota bunganya cukup besar dan menarik perhatian.

4. Kembang Sepatu Abadi

provenwinners.com

Tanaman bunga semak ini memiliki banyak ragam dalam hal tinggi. Mulai dari yang kecil, kerdil, hingga besar seperti pohon. Mereka yang termasuk jenis bunga sepatu abadi bisa saja masuk kelompok yang tropis atau bahkan bunga yang tangguh.

5. Bunga Sepatu Tahunan

nurserylive.com

Walaupun nama mereka bunga sepatu tahunan, tapi mereka tidak benar-benar tumbuh tahunan. Sebenarnya yang termasuk kelompok ini adalah jenis tropis yang tumbuh tahunan di iklim yang dingin. Sehingga mereka hanya tumbuh di bulan-bulan yang hangat atau dimusim panas hingga musim semi.

Bagi kalian yang ingin memelihara bunga sepatu varietas ini akan sangat cocok menghiasi rumah kalian. Spesies China dan kembang sepatu berdaun merah adalah contohnya. Keduanya ditemukan dalam berbagai warna dengan berbagai ukuran tentunya.

Nah itu tadi beberapa jenis dari bunga sepatu yang ada di dunia. Apa kalian pernah menemukan jenis lain selain jenis tropis? Di Indonesia sendiri jenis tropis memang yang paling mudah ditemukan dan dikembangbiakkan.

Cukup banyak bukan pilihan bunga sepatunya. Kalian hanya tinggal menyesuaikan jenis yang cocok dengan kondisi cuaca dan tanah di tempat tinggal kalian. Merawat bunga sepatu cukup mudah dan tak memerlukan banyak biaya cukup rajin menyiramnya satu hari sekali dan diberi pupuk mereka akan tumbuh dengan indah menghiasi kebun atau perkarangan rumah kalian.

Leave a Reply