5 Jenis Bunga Taman ini Cucok untuk Mempercantik Pekarangan Rumah

Memiliki taman yang dipenuhi bunga-bunga cantik di rumah sendiri adalah cita-cita sebagian orang, wanita khususnya. Bukan hanya dapat mempercantik nuansa rumah, tapi mata kita juga dapat dimanjakan oleh keindahan warna dan bentuk dari berbagai jenis bunga taman yang beragam.

Bagi kamu pecinta bunga pekarangan, perawatan yang intensif perlu dilakukan agar tamanmu selalu terlihat cantik dan indah. Selain itu juga indahnya taman didukung dengan pilihan jenis tanaman dan bunga yang ditanam.

Jenis Bunga untuk Taman

Tidak perlu khawatir jika memiliki rumah dengan taman yang kecil. Taman kecil juga dapat menjadi menarik dengan paduan pilihan bunga yang tepat. Berikut ada 5 jenis bunga taman rekomendasi pasberita.com untuk mewujudkan taman mungilmu nan menawan:

1. Bunga Hydrangea

sweetsmileeeeeeeeeeeee.blogspot.com

Bunga hydrangea populer dengan nama ‘kembang bokor’ atau di Sulawesi Selatan disebut dengan ‘bunga kasamba’. Bunga ini berasal dari wilayah Asia timur, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Asia Selatan termasuk Indonesia di dalamnya. Bunga ini populer di kalangan para pecinta tanaman hias, karena bentuknya yang indah.

Hydrangea saat mekar berkumpul membulat membentuk seperti sanggul besar. Warnanya juga beraneka rupa, mulai dari biru, putih, hingga merah muda. Perpaduan warna yang beragam ini tentu akan memanjakan setiap mata yang memandang.

Cara menanam dan pemeliharaan bunga ini juga cukup mudah, yaitu langsung menanamnya di tanah yang subur dengan menjaga kelembaban serta kebutuhan cahaya matahari yang cukup. Siram dua kali sehari dan beri pupuk secara rutin, dijamin kamu akan dapatkan kembang bokormu tumbuh dengan subur.

2. Bunga Kamboja

style.tribunnews.com

Tentu kamu sudah familiar dengan bunga ini. Ada banyak jenis bunga kamboja, salah satunya yang populer di Indonesia adalah jenis Plumeria acutifolia. Bunga yang erat kaitannya dengan upacara keagamaan masyarakat Bali ini sangat terkenal akan kecantikan dan wanginya yang harum semerbak.

Kamboja merupakan jenis bunga taman yang tahan terhadap perubahan cuaca. Selain itu bunga ini termasuk ke dalam golongan bunga yang dapat hidup lama hingga ratusan tahun.

Pohonnya yang rindang dan bunganya yang banyak tentu cocok sekali di tanam di pojok taman rumahmu, selain memperindah, tamanmu akan terasa lebih rindang karena naungannya.

3. Bunga Lavender

oregonlavenderdestinations.com

Lavender adalah bunga yang dikatakan wajib harus ada menghiasi keindahan taman di rumah kamu. Seperti yang kita tahu banyaknya tanaman di taman memungkinkan banyak nyamuk dan serangga lain.

Nah, untuk mengurangi dan mencegahnya kita bisa memanfaatkan kemampuan dari jenis bunga taman yang satu ini. Selain memiliki bunga cantik berwarna ungu, aroma dari bunga lavender ampuh untuk menangkal nyamuk.

Lavender termasuk tanaman bunga yang berasal dari wilayah selatan Laut Tengah hingga Afrika. Tapi jangan khawatir, kamu bisa dapatkan bibit lavender dengan mudah di toko-toko perlengkapan berkebun dengan harga terjangkau.

4. Bunga Lily

thespruce.com

‘Bunga bakung’, merupakan nama lokal dari jenis bunga taman yang berasal dari Eropa ini. Bunga dengan jumlah kelopak ‘genap’ ini mudah beradaptasi dengan linkunganya alias “strong‘.

Bunga ini selain sering digunakan untuk bunga hias di acara pernikahan, pesta dan berbagai kebutuhan, juga cocok untuk ditanam di taman. Bentuk kelopaknya yang besar serta berwarna-warni tentu akan membuat taman di rumahmu menjadi lebih meriah.

Perawatan bunga lily di taman cukup mudah, kamu hanya perlu menjaga ketersediaan air, cahaya, dan pupuk yang cukup agar bunga ini tumbuh maksimal dan terawat dengan baik.

5. Bunga Mawar

lakevoicenews.org

Tidak lengkap tampaknya jika taman di rumah kamu tidak dihiasi oleh keberadaan “si rose“. Bunga yang menjadi simbol cinta dan lambang kecantikan ini tentunya akan mempermanis dan menambah suasana romantis di taman kamu.

Ada banyak sekali warna bunga mawar, mulai dari mawar putih, mawar merah muda, hingga warna merah yang kesemuanya memiliki arti masing masing. Namun, jangan kawatir secara umum pemeliharaannya sama saja.

Kamu bisa mengembangbiakkan bunga ini dengan cara men-stek batang bunga yang tumbuh baik. Kemudian ditancapkan ke dalam tanah lalu dirawat dengan baik, dengan begitu bunga mawarmu akan maksimal dalam menciptakan aura keromantisan di taman mungilmu.

Itulah 5 rekomendasi jenis bunga taman yang dapat kamu tanam di pekarangan guna mempercantik dan memperindah suasana rumah kamu. Pilihlah yang sesuai dengan selera dan kesenangan hatimu, agar kamu bahagia saat memandangnya. Selamat bercocok tanam dan menghiasi tamanmu di rumah ya!

Leave a Reply