5 Macam Jenis Burung Cendet atau Burung Bentet

Burung cendet juga dikenal dengan nama burung pentet. Cendet atau pentet merupakan salah satu jenis burung kicauan dari genus lanius. Di Indonesia burung ini termasuk jenis burung petarung yang bersuara merdu.

Mereka merupakan jenis burung karnivora mereka bahkan dikenal sebagai burung pemotong daging. Kebanyakan spesies burung cendet tersebar di daerah Afrika dan Eurasia. Habitat asli mereka di alam liar berada di area stepa atau sabana.

Beberapa spesies cendet hidup di area hutan terbuka. Beberapa diantara mereka juga hidup di daerah utara saat musim kawin di musim panas dan bermigrasi ke tempat yang lebih hangat di musim dingin. Pentet merupakan burung berukuran sedang dengan panjang maksimal 50 cm.

Jenis Burung Cendet

Warna bulu mereka kebanyakan berwarna abu-abu, coklat atau campuran hitam dan putih. Paruh mereka merupakan tipe paruh pencabik yang berbentuk seperti pengait. Mereka senang memangsa serangga kecil, ulat dan cacing. Berikut ini beberapa jenis burung cendet.

1. Cendet Abu

memelihara.com

Jenis burung cendet ini merupakan spesies yang paling banyak terdapat di Benua Eropa. Makanan mereka berupa kumbang dan beberapa serangga kecil lainnya. Mereka juga suka memakan burung dan hewan mamalia yang lebih kecil. Makanan hasil buruan mereka terkadang disimpan setelah sebelumnya dicabik-cabik terlebih dahulu.

Warna bulunya merupakan perpaduan warna hitam, coklat, abu-abu, dan putih. Paruh mereka berwarna hitam pendek, berbentuk pengait dan sangat kuat. Habitat aslinya di alam liar berupa lahan pertanian, padang rumput, tanah yang kering maupun basah.

2. Cendet Punggung Merah

jalaksuren.net

Cendet punggung merah terlihat lebih besar dibanding pentet lainnya, tapi juga lebih ramping daripada burung gereja. Pejantannya dapat dikenali dari kepalanya yang berbulu abu kebiruan dengan topeng berwarna hitam. Pada punggungnya terdapat bulu berwarna coklat muda serta memiliki paruh hitam yang tebal.

Mereka senang bertengger di atas semak-semak dan kabel telepon atau listrik pinggir jalan. Makanan mereka adalah serangga , burung, serta mamalia yang lebih kecil dari mereka. Panjang tubuhnya sekitar 17 cm dengan panjang sayap 24 – 27 cm. berat mereka berkisar antara 25 – 35 gram.

3. Pentet Coklat

dictio.id

Lanius cristatus atau pentet coklat merupakan jenis cendet yang banyak ditemukan di kawasan Asia. Merupakan kerabat dekat dari cendet punggung merah. Tampilan atau wajah dari jenis ini seperti bandit karena warna hitam disekitar matanya.

Secara keseluruhan warna bulu jenis ini berwarna coklat terutama pada bagian atasnya. Ujung ekor mereka membulat dan bulu hitam disekitar mata mereka akan berubah pucat saat musim dingin.

Musim kawin pentet ini ada di bulan Mei atau juni. Habitat asli di alam liar adalah di daerah taiga, hutan, hingga stepa.

4. Pentet Bertopeng

hewanpedia.com

Banyak dikembangbiakkan di negara Eropa dan Mediterania. Saat musi dingin mereka akan bermigrasi ke wilayah benua Afrika. Merupakan spesies terkecil dalam genus mereka dengan ekor yang panjang dan paruh bengkok.

Pejantan memiliki warna bulu bagian atas hitam dengan corak putih pada bagian atas kepala dan dahi. Bercak putih besar terdapat di bagian sayap mereka juga leher dan perut. Bagian dada dan bawah sayap terdapat bulu yang berwarna orange.

Sekali bertelur betina akan menghasilkan 4-6 telur yang akan dierami selama 14 -16 hari. Anak cendet yang telah menetas baru bisa meninggalkan sarangya setelah 20 hari kemudian.

5. Pentet Ekor Panjang

Seperti namanya spesies yang satu ini memiliki ekor panjang berwarna hitam. Mereka banyak ditemukan di wilayah Asia dengan bulu yang beranekan ragam warnanya. Jenis ini senang hidup di alam tebuka dan hinggap di semaksemak atau kabel pinggir jalan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*