5 Macam Jenis Burung Cendrawasih Menawan Beserta Cirinya

Burung candrawasih merupakan salah satu burung khas atau endemik dari Indonesia. Mereka adalah jenis burung besar yang memiliki bulu indah. Cendrawasih termasuk jenis burung di dalam keluarga paradisaeidae.

Sekilas dapat diketahui kalau burung-burung yang berada di keluarga paradisaeidae merupakan burung-burung yang cantik. Kecantikan dari bentuk serta bulunya itulah yang diibaratkan burung ini seperti burung yang datang dari surga atau paradise. Itulah mengapa dinamakan paradisaidae.

Banyak ditemukan di daerah Timur Indonesia, seperti di pulau-pulau selat Torres, Papua Nugini, bahkan hingga ke Australia. Ukuran burung cendrawasih beraneka ragam, mulai dari panjang 15 cm dengan berat 50 gram hingga panjang 110 cm dnegan berat 430 gram.

Jenis Burung Cendrawasih

Pejantan burung cendrawasih memiliki bulu yang lebih indah dari betinanya. Saking cantiknya bulu burung cendrawasih banyak yang memburu hewan ini untuk diambil bulunya, terutama pada abad ke 19. Praktek perburuan ilegal kini sudah diminimalisir dan cendrawasih dikategorikan sebagai hewan yang juga dilindungi. Berikut ini beberapa jenis burung cendrawasih yang ada di hutan Indonesia.

1. Cendrawasih Biru

bbc.co.uk

Memiliki nama latin Paradisaea rudolphi, mereka merupakan cnderawasih ukuran sedang. Panjangnya sekitar 30 cm. warna bulu burung ini adalah hitam dan biru dengan paruh berwarna putih kebiruan. Matanya berwarna coklat tua dan disekitarnya terdapat corak putih setengah lingkaran. Sayapnya berwarna biru terang dengan kaki berwarna abu-abu.

Jantan dewasa memiliki bulu yang menjumbai sebagai hiasa pada bagian dada. Bulu dadanya jika dilihat dari bawah berwarna biru keunguan, tapi jika dilihat dari atas berwarna coklat kemerahan. Terdapat pula corak hitam oval dengan tepian merah.

Ukuran betina lebih kecil dan pada bagian dadanya tidak seindah pejantan dengan bulu bagian bawah warna coklat kemerahan. Dapat ditemui di hutan-hutan pegunungan Papua Nugini bagian tenggara dan timur.

2. Lesser Bird Of Paradise

Cendrawasih kuning kecil berukuran sedang dengan panjang rata-rata 32 cm. Warna bulu burung ini kuning dan coklat. Parunya berwarna abu-abu kebiruan dengan mata kuning. Ini adalah jenis yang paling sering ditemui dan dibahas dalam pelajaran sekolah.

Daerah sebaran dari jenis ini sangat luas, mulai dari hutan Irian Jaya hingga Papua Nugini. Pada jantan dewasa terdapat bulu berwarna hijau zamrud mengkilap dibagian leher. Perutnya juga terdapat bulu yang panjang berwarna kuning dan putih. Sedangkan betina mempunya ukkuran yang lebih kecil dan tanpa bulu hiasa seperti pejantan.

3. Cendrawasih Kuning Besar

Bernama ilmiah Paradisaea apoda burung ini hampir mirip dengan yang sebelumnya hanya saja berukuran lebih besar. Panjangnya sekitar 43 cm dengan bulu berwarna coklat marun dan ada mahkota kuning. Bagian tenggorokan atau leher berwarna hijau zamrud dengan dada coklat kehitaman.

Pejantannya memiliki bulu besar berwarna kuning yang menghiasi panggulnya. Jenis ini merupakan cenderawasih terbesar dalam genus Paradisaea. Mereka tersebar di hutan dataran rendah serta bukit di Pulau Irian barat daya dan Pulau Aru. Makanan utama mereka buah-buahan serta serangga.

4. Cenderawasih Raggiana

jenisfaunaindonesia.web.id

Warna bulu mereka jingga sehingga cenderawasih jenis ini sering disebut cenderawasih jingga. Ukurannya sekitar 34 cm, membuat mereka tergolong sebagai burung berukuran sedang untuk jenisnya.

Sebarannya berada di daerah hutan hujan tropis, perbukitan, hutan dataran rendah, serta pegunungan. Mulai dari yang rendah hingga ketinggian 1500 m dpl di Pulau Irian.

5. Paradisaea Rubra

hbw.com

Cendrawasih merah adalah burung berukuran sedang dengan panjang 33 cm. mereka merupakan hewan endemik Indonesia yang hanya ditemukan di hutan dataran rendah Pulau Waigeo dan Batanta, Raja Ampat.

Sifat dari burung ini adalah suka poligami dengan menarik pasangannya lewat tarian. Burung jantan akan meninggalkan betinanya setelah mengawininya dan mencari betina lain.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*