5 Jenis Burung Dara yang Ada Di Dunia Beserta Ciri-Cirinya

Burung dara merupakan jenis burung dari keluarga columbidae. Dalam bahasa Inggris burung dara disebut juga dengan dove. Dara dan merpati sebenarnya merupakan kerabat dekat bahkan istilah burung dara dan merpati dapat saling menggantikan.

Biasanya spesies yang lebih besar dikatakan merpati dan spesies yang lebih kecil dianggap sebagai dara. Tidak ada ketentuan resmi mengenai hal itu, tapi kebanyakan orang menggolongkannya seperti itu agar tidak bingung.

Di Indonesia sendiri kata dara diambil dari bahasa Jawa, yaitu doro sebutan untuk burung merpati. Mereka merupakan jenis burung pengicau berukurang sedang. Para pecinta burung dara memelihara mereka kebanyakan untuk dijadikan burung kontes.

Kontes yang biasanya diadakan untuk burung dara adalah kicauan dan terbang. Sebagian besar kalian yang hidup di pedesaan pasti sering melihat kontes terbang merpati atau dara. Bahkan palang kontes dara selalu ada di tanah lapang di desa-desa terutama di Pulau Jawa.

Jenis Burung Dara

Berikut ini beberapa jenis burung dara yang ada di dunia. Dalam tiap jenis terdapat beberapa spesies yang mungkin salah satunya pernah kalian jumpai.

1. Burung Dara Coklat

treknature.com

Dara coklat merupakan bagian dari burung dara dalam genus phapitreton. Dinamakan burung dara coklat karena warna bulu mereka yang hampir seluruhnya berwarna coklat. Mereka merupakan burung endemik di Filipina.

Kebanyakan spesies dara coklat suka mendiami pohon atau bersarang diatas pohon. Makanan utamanya adalah buah-buahan. Jantang dan betinanya memiliki penampilan yang serupa. Setidaknya terdapat empat spesies jenis burung dara coklat, yaitu dara coklat Amethyst, dara coklat Mindanau, dara coklat Tawitawi, dan dara coklat telinga putih.

2. Burung Dara Tanah

tringa.org

Memiliki panjang tubuh sekitar 17 cm dengan berat rata-rata 32g. Bulunya berwarna coklat abu-abu di bagian punggungnya atau bagian atas. Terdapat corak berwarna hitam pada bagian sayap burung ini. Paruh mereka berwarna oranye dengan garis hitam.

Pada pejantannya bulu dikepala dan perut sedikit berwarna merah muda. Pada bagian tengkuk bulunya berwarna kebiruan. Sedangkan betinanya memiliki kepala berwarna abu-abu juga pada bagian tengkuknya.

Suka sekali memakan biji-bijian, tapi beberapa spesies juga suka memakan serangga. Membuat sarang diatas pohon sekaligus untuk bertelur. Sekali bertelur akan menghasilkan dua butir telur.

3. Burung Dara Cantik Pemakan Buah

hbw.com

Sesuai namanya burung ini makanan utamanya adalah buah-buahan ketimbang biji-bijian. Warna bulu mereka berwarna-warni dan sangat cantik. Ukurannya terbilang kecil, yaitu sekitar 19 cm saja dan warna yang paling dominan adalah hijau.

Bagian dada mereka berwarna abu-abu biru, perutnya berwarna oranye kekuningan, dengan warna ungu sebagai pemisah. Bagian atas kepalanya terdapat bulu berwarna merah dengan paruh kuning dan kaki merah keunguan.

Jenis ini banyak tersebar di daerah Indonesia hingga Papua Nugini. Makanan yang disukai burung ini tentu saja buah-buahan dari berbagai pohon hingga kelapa. Sekali bertelur betinanya akan menetaskan satu butir telur berwarna putih.

4. Burung Dara Bersiul

piquenewsmagazine.com

Dinamakan dara bersiul karena suara kicauan mereka yang mirip dengan siulan. Jenis bersiul juga sensitif dengan suara siulan manusia. Jika kalian memelihara dara jenis ini akan mudah memanggil mereka karena cukup dengan bersiul mereka akan merespon.

Berukuran sekitar 20 cm dan tinggal di hutan yang berkanopi atau dengan pohon berdaun lebar. Meskipun sulit ditemui, tapi berkat suara siulan mereka kita akan tahu keberadaan mereka. Makanan utamanya adalah buah-buahan.

5. Burung Dara Ketawa

Tidak hanya ayam yang mempunyai jenis ketawa, tapi juga burung dara yang satu ini. Dinamakan burung dara ketawa karena suara kicaunya yang mirip dengan suara orang ketawa. Spesies dara ketawa banyak tersebar di negara Afrika hingga timur tengah.

Habitatnya di alam liar berupa area hutan, semi padang pasir, lahan pertanian kering, taman kota, hingga pedesaan. Mereka suka memakan biji-bijian, sayuran, hingga serangga.

Leave a Reply