3 Jenis Burung Elang Berdasarkan Jenis Makanannya

Burung elang merupakan salah satu jenis burung berukuran besar yang banyak diketahui orang. Tidak hanya bagi pecinta burung, tapi juga orang awam. Elang termasuk burung karnivora atau pemakan daging.

Burung besar yang satu ini memiliki kepela dah paruh yang keras begitu pula dengan cakarnya. Sesuai dengan tingkatan mereka sebagai hewan yang berada pada posisi atas dalam rantai makanan. Sayap mereka lebar dan kokoh meskipun pada jenis elang yang kecil sekalipun.

Sayap mereka membuat elang menjadi salah satu penerbang tercepat. Meskipun terbang dengan cepat elang mampu membidik dan menangkap mangsanya dengan tepat, itu dikarenakan ketajaman matanya. Makanya ada istilah si mata elang untuk seseorang yang memiliki mata jeli.

Kebanyakan elang membuat sarang mereka di tempat yang tinggi, seperti diatas pohon atau di atas tebing. Sekali bertelur mereka bisa menghasilkan dua butir telur. Anakan elang biasanya akan saling membunuh saudara mereka yang lebih kecil. Anakan betina akan lebih dominan karena mereka mempunyai ukuran yang lebih besar dari jantan saat masih kecil.

Jenis Burung Elang

Ada beberapa tipe atau jenis elang yang dibedakan berdasarkan buruan atau makanannya. Meskipun penggolongan ini tidak benar-benar resmi dikatakan sebagai kategori pembeda jenis elang. Berikut ini beberapa tipe elang berdasarkan makanan yang biasa dimakan.

1. Elang Pemburu Ikan

Jenis yang satu ini merupakan penangkap ikan (nelayan) yang luar biasa tangguh. Mereka banyak ditemukan di area pesisir pantai dimana ikan sebagai makanan utama mereka melimpah. Makanan utama elang ini memang berbagai macam ikan, tapi bukan berarti elang jenis ini tidak memakan buruan lain.

Mangsa lainnya juga akan mereka makan saat berada bukan didaerah pesisir. Sama seperti elang lainnya mereka juga akan memakan amphibi, reptil, atau mamalia baik di darat maupun di permukaan air.

2. Hawk dan Buzzard

Elang-elang jenis ini merupakan elang yang berukuran sedang. Jika dibanding jenis elang lainnya mereka bahkan terlihat seperti anakannya. Ciri fisik serta warna bulu mereka mirip dengan elang pada umumnya hanya saja buruan mereka berukuran lebih kecil sesuai dengan tubuh mereka.

Hawk paliang suka memangsa burung serta mamalia kecil, seperti tikus, kelinci, dan tupai. Elang ini dengan ukuran yang lebih kecil bahkan suka memakan serangga seperti jangkrik dan belalang sembah.

Hawk mempunyai ekor yang panjang sedangkan buzzard mempunyai ekor yang lebih pendek. Keduanya memiliki sayap yang lebar dan kokoh serta mata yang tajam. Biasanya mereka hidup di area huta pada habitat aslinya di alam liar.

3. Elang Pemburu Ular

Pemburu reptil yang handal adalah julukan untuk elang jenis ini. Mereka suka memangsa reptil terutama ular dengan ukuran yang berbeda-beda. Bahkan ular bebisa sekalipun tak menjadi masalah bagi elang tipe ini.

Habitat mereka di alam liar biasanya di daerah padang pasir atau daerah tropis dimana sumber makanan mereka banyak tersedia. Seperti yang kita ketahui ular menyukai tempat-tempat yang kering maupun lembab.

Penting untuk kalian ketahui bahwa pengklasifikasian diatas bukanlah penggolongan tipe elang secara resmi. Banyak elang pemburu ikan yang berburu mamalia, banyak pula elang pemburu reptil yang memakan ikan. Jenis-jenis elang memiliki jangkauan yang luas spesiesnya pun sangat banyak.

Nama-nama elang disematkan tidak hanya dari makanannya, tapi juga dari karakteristik atau sifat yang berbeda-beda. Beberapa spesies elang juga di bedakan berdasarkan habitat maupun negara asal mereka. Warna bulu serta bentuk tubuh adalah hal yang paling ummum digunakan untuk membedakan spesies-spesies elang di dunia.

Leave a Reply