3 Jenis Burung Jalak Di Dunia dari Genus yang Berbeda

Burung jalak merupakan jenis burung berukuran kecil hingga sedang. Termasuk dalam keluarga Strunidae. Kebanyakan spesies burung jalak yang berasal dari Asia merupakan jalak yang berukuran lebih besar dibanding jalak lainnya di keluarga Strunidae.

Kelebihan burung jalak Asia adalah pada ukuran tubuhnya yang besar, berbeda dengan keunggulan jalak dari Afrika yang terkenal karena bulu cantiknya. Banyak spesies burung jalak Afrika yang memiliki warna bulu yang mengkilat dan warna warni.

Jalak banyak ditemukan di beberapa benua, seperti Eropa, Asia, dan Afrika. Beberapa spesies jalak juga ditemukan di daerah Utara Australia, Hawaii, serta Selandia Baru. Di habitat aslinya mereka hidup secara berkelompok.

Burung jalak memiliki kaki yang kuat, kaki mereka digunakan untuk bertengger di pohon-pohon yang tinggi. Jenis burung ini kuat berlama-lama terbang dan mereka juga senang terbang dalam kawanan. Habitat yang mereka sukai tentunya yang banyak tersedia bahan makanan mereka, yaitu serangga dan buah.

Jenis Burung Jalak

Berikut ini beberapa jenis jalak yang ada di dunia. Mulai dari jalak pada umunya yang banyak ditemukan di Eropa hingga jalak berbulu eksotis dari Afrika. Tak lupa juga spesies yang mulai langka dan dilindungi seperti jalak Bali di Indonesia.

1. Sturnus

macroevolution.group.shef.ac.uk

Sturnus merupakan salah satu jenis dari burung jalak. Kebanyakan spesies dari jenis ini tersebar di Benua Eropa. Jalak jenis ini termasuk burung yang lebih suka berada di daratan ketimbang terbang. Mereka bahkan lebih suka berjalan daripada melompat-lompat dari satu dahan ke dahan lain.

Merupakan hewan omnivora, tapi mereka lebih sering mencari dan memakan cacing yang ada di permukaan tanah. Spesies dalam jenis sturnus kebanyakan bisa menirukan berbagai suara termasuk suara pintu.

Ada dua macam spesie dalam jenis ssturnus, yaitu Sturnus vulgaris (jalak pada umumnya) dan Sturnus unicolor (jalak tidak berbintik). Spesies yang pertama kebanyakan ditemukan di daerah Eropa dan Asia barat. Sedangkan yang kedua banyak ditemukan di daerah Iberian Penisula, Barat Laut Afrika, selatan Perancis, Sardinia, dan Korsika.

2. Jenis Lamprotornis

birdguides.com

Spesies burung jalak yang masuk dalam jenis ini rata-rata memiliki bulu yang mengkilap dengan warna-warna yang indah. Perpaduan warna bulu burung jalak di jenis ini mengingatkan kita akan sebuah lukisan.

Bulu bagian atas kebanyakan berwarna hijau maupun biru. Bagian bawah pada burung jenis ini kurang banyak perpaduan warnanya. Rata-rata mereka hanya memuliki bulu berwarna biru, ungu, kuning, maupun coklat. Mereka memiliki ekor yang lebih panjang dari jenis yang lainnya.

Habitat asli jalak jenis Lamprotonis adalah di area hutan hingga perkebunan terbuka. Mereka sering bersarang di lubang pepohonan. Dalam jenis ini setidaknya terdapat 23 macam spesies yang masih eksis hingga kini.

3. Jenis Myna

en.wikipedia.org

Jalak jenis myna merupakan burung yang tersebar di kebanyakan wilayah Asia termasuk Indonesia. Indonesia memiliki burung jalak yang menjadi ciri khas dan juga kebanggaan bangsa kita, yaitu jalak Bali.

Burung jalak Bali termasuk burung berukuran sedang dengan panjang sekitar 25 cm pada rata-rata burung. Warna bulu burung Jalak Bali berwarna putih dengan corak hitam di bagian belakang sayap dan ujung ekor.

Paruh mereka berwarna kuning dengan kaki yang berwarna abu-abu. Kulit disekitar mata jalak bali berwarna biru yang menambah kesan dramatis pada matanya. Di alam liar keberadaan mereka telah berstatus terancam punah.

Kepunahan mereka diakibatkan karena perburuan dan perdagangan ilegal. Statusnya sebagai hewan endemik yang hampir punah membuat jalak Bali menjadi sebuah ikon. Bahkan gambar burung ini diabadikan dalam uang kepingan Rp 200.

Leave a Reply