3 Fakta Jenis Burung Kenari yang Perlu Kalian Tahu

Burung kenari terkenal dengan warna bulu mereka yang cantik serta nyanyian yang indah. Mereka bahkan menjadi yang terbaik diantara burung peliharaan lainnya soal hat tersebut selama bertahun tahun.

Ada banyak macam tipe atau spesies burung kenari yang bisa kalian pilih untuk dijadikan hewan peliharaan. Pastinya mereka semua indah dipandang dan diajak berinteraksi. Seperti halnya burung kutilang, kenari juga sangat waspada dan tidak mudah untuk dipegang.

Kepribadiannya yang tidak mudah berinteraksi dengan manusia menjadikannya tidak rekomemded untuk anak-anak. Mereka juga tidak bisa tinggal dengan hewan peliharaan lain, seperti kucing atau anjing karena akan membuat mereka stress.

Jenis Burung Kenari

Burung kenari telah dikembangbiakkan bertahun-tahun lamanya dan sampai saat ini setidaknya ada 200 spesies kenari. Sebagai burung yang telah menjadi favorit para pemelihara burung, berikut ini beberapa fakta mengenai jenis burung kenari.

1. Kenari Merah

Kenari merah memiliki tubuh layaknya kenari pada umumnya, akan tetapi ada yang spesial dari kenari ini yaitu warnanya yang merah. Warna merahnya didapat dari makanan yang diberikan oleh pemiliknya. Seperti halnya flaminggo yang berwarna pink karena memakan udang, makanan berwarna merah bisa merubah warna bulu kenari menjadi merah.

Mereka bisa mengeluarkan suara, seperti bersiul atau berkicau. Burung kecil ini bisa hidup hingga 10 tahun lamanya. Meskipun tubuhnya kecil kenari lebih suka tinggal di kandang yang besar. Mereka suka memakan anggur dan mendengarkan musik dari radio atau sejenisnya.

Warna kenari merah bisa berubah menjadi orange jika kalian memberikan makanan tertentu. Wortel bisa menjadi salah satu alternatif makanan bagi kenari bila kalian ingin bulu mereka berwarna orange.

Jenis kenari yang satu ini dikembangbiakkan untuk dinikmati warna bulunya. Suaranya memang tidak sebagus kenari bernyanyi karena memang bukan masteran burung berkicau.

2. Kenari Bernyanyi

Kenari yang satu ini termasuk yang paling populer diantara para kenari. Mereka terkenal karena kicauannya yang semerdu penyanyi. Jenis yang satu ini memang dikembang biakkan agar bisa berkicau dengan indah terutama pejantannya.

Kicauan kenari bernyanyi ada yang lebut ada yang keras, bahkan hingga berirama seperti lagu. Mereka bisa menirukan banyak suara bila dilatih, mulai suara benda hidup hingga suara air.

Warna bulu mereka biasanya coklat, putih, dan kuning. Mereka juga dapat hidup hingga 10 tahun lamanya seperti kebanyakan kenari.

Jenis ini sengaja dikembangbiakkan sebagai masteran burung kenari berkicau. Meski begitu warna bulu burung kenari ini tak kalah cantik dari burung kenari merah yang bisa diatur warnanya sesuai makanan.

3. Bentuk Kenari

Burung kenari ada yang sengaja dikembang biakkan untuk memperoleh bentuk yang diinginkan atau yang ideal. Suara kicauan maupun warna bulu mereka tidak terlalu dipermasalahkan karena yang diunggulkan adalah bentuknya.

Bentuk burung kenari ada yang kecil hingga besar, beberapa bentuk tubuh kenari domestik didapat dari hasil rekayasa. Ada beberapa jenis kenari yang diunggulkan bentuk tubuhnya, diantaranya kenari kadal, kenari bordir, dan beberapa kenari lainnya.

Sesuai namanya kenari kadal memiliki tubuh dan corak layaknya seekor kadal. Ada juga kenari yang memiliki bulu unik karena terlihat seperti poni atau kain pel dibagian kepalanya. Mereka terlihat menggemaskan karena seperti karakter tokoh tahun 70an. Bulu mereka mengingatkan kita kepada para personil The Beatles.

Ada lagi burung kenari yang memiliki keunikan, yaitu pada ekornya. Mereka yang memiliki ekor seperti itu terlihat menggemaskan ketika bertengger. Bentuknya seperti seorang gentelman yang sedang menggunakan tuksedo.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*