5 Jenis Burung Kicau yang Dikenal Memiliki Suara Indah

Jenis Burung Kicau adalah semua spesies burung yang pandai berkicau atau terkenal karena suaranya yang indah. Kebanyakan spesies dari jenis burung berkicau juga disebut burung kontes. Burung-burung itu memiliki suara kicau merdu yang biasa diikutkan dalam perlombaan.

Kebanyakan burung jenis kicau memiliki tubuh yang relatif kecil dibanding burung-burung jenis lain. Otot-otot mereka yang rumit digunakan untuk mengatur organ suaranya. Untuk melatih suara kicauan burung ada dua hal yang dapat dilakukan, yaitu memelihara masteran dan yang kedua merekam suara masteran untuk diperdengarkan.

Burung kicau juga memerlukan makanan yang bergizi agar suara kicaunya tambah bagus. Jangan terlalu banyak memberi makanan yang berlemak kepada burung berkicau karena akan membuatnya malas berkicau.

Jenis Burung Kicau

Berikut ini beberapa jenis burung kicau yang dapat dipelihara. Selain dapat dipelihara untuk mengikuti kontes burung-burung dibawah ini juga bisa menghibur pemiliknya dengan suara mereka.

1. Kakatua

tribunnews.com

Kakatua merupakan jenis burung besar yang pandai berkicau. Mereka juga bisa dilatih untuk bernyanyi dan menirukan suara-suara mirip seperti aslinya. Ada satu burung dari jenis kakatua yang dikenal karena kicauannya, yaitu kakatua hitam ekor kuning.

Spesies ini banyak ditemukan di Australia bagian tengara. Mereka hidup dihabitat yang penuh dengan pohon, seperti hutan. Kakatua ekor kuning terkenal karena suara mereka yang keras dan tinggi. Biasanya mereka hidup dalam kelompok kecil sekitar tiga sampai empat ekor burung. Panggilan mereka digunakan saat terbang, ada makanan, maupun meminta pertolongan.

2. Murai

tribunnews.com

Murai juga salah satu jenis burung yang terkenal akan suara kicaunya. Salah satu murai yang bersuara emas ialah murai paruh hitam. Mereka termasuk jenis burung berukuran sedang dengan panjang hanya 18 – 24 inci.

Suara kicauannya unik terdengar seperti wok-woh, pyur, quek-quek-quek, wir-wir. Saat bersama kawanannya mereka akan membuat suara gaduh untuk berkkomunikasi. Murai ini bahkan bisa menirukan suara burung lainnya dengan persis.

Warna bulu mereka hita dan putih dengan corak biru dan hijau pada bagian sayapnya. Meskipun sayap mereka cukup besar, tapi mereka tidak suka terbang terlalu lama dan jauh.

3. Burung Gereja

superkicau.com

Burung yang satu ini pasti sudah tak asing lagi kan. Meskipun namanya burung gereja, tapi burung ini tidak hanya kita temukan sedang bertengger diatas gereja saja. Mereka suka terbang dan hinggap di area pedesaan dan perkotaan.

Si kecil yang satu ini sering membuat kicauan seperti suara crip-crip. Baik jantan maupun betina mengeluarkan suara kicauan yang sama. Nada yang digunakan burung gereja untuk berkomunikasi berbeda-beda.

Ketika ingin menarik lawan jenis betina cenderung memakai suara lembut dan pejantan akan menjawabnya dengan nada yang berbeda. Jenis ini juga sangat protektif terhadap sarang yang mereka buat. Makanan utama mereka, diantaranya buah beri, biji-bijian, dan serangga kecil.

4. Kenari

pet4homes.co.uk

Kenari adalah jenis burung yang sengaja dikembang biakkan berdasarkan keunikan yang dimilikinya. Baik dari segi kicauannya, bentuk tubuhnya, maupun warna bulunya. Kenari yang bersuara merdu disebut kenari bernyanyi.

Kenari yang pandai bernyanyi memang sengaja dikembangbiakkan untuk dijadikan masteran burung berkicau. Dinamakan kenari atau canary sesuai dengan daerah asal mereka, yaitu sebuah pulau di negara Spanyol.

5. Bulbul

burungnya.com

Bulbul tidak hanya terkenal karena kotoran mereka yang dipercaya bisa mempercantik kulit dalam dunia kecantikan. Burung ini juga dikenal karena suara kicau mereka. Melodi dari kicauan burung bulbul sangat indah dan enak didengar.

Banyak ditemukan di daerah Asia, Eropa, Afrika, dan Mediteranian. Panjang burung bulbul sekitar 5,5 – 6,5 inci. Pejantan dan betinanya terlihat mirip dengan bulu berwarna coklat atau coklat kemerahan dengan warna putih di bagian leher dan dada.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*