5 Jenis Burung Kolibri Terkecil yang Ada Di Dunia Beserta Gambarnya

Burung kolibri merupakan salah satu jenis burung terkecil di dunia. Selain ukurannya yang kecil keunikan lain yang dimiliki kolibri adalah paruhnya. Paruh burung kolibri berbeda dengan paruh burung pada umumnya.

Mereka memiliki paruh yang kecil namun panjang. Kegunaan dari bentuk paruhnya adalah untuk mencari makan. Makanan utama burung ini adalah nektar dan madu, tapi terkadang mereka juga memakan serangga yang lebih kecil.

Berhubung makanan utamanya adalah nektar makan paruh kecil dan panjang sangat cocok untuk burung kolibri. Burung yang satu ini juga menjadi salah satu binatang peliharaan favorit karena ukurannya serta warna bulunya yang cantik.

Jenis Burung Kolibri

Setidaknya ada 300 spesies kolibri yang ada di dunia. Rata-rata mereka berasal dari daerah Amerika bagian Utara. Kolibri selalu menarik perhatian karena tampil dengan warna bulu mereka yang beraneka ragam. Berikut ini beberapa jenis kolibri yang ada di dunia.

1. Kolibri Lebah

flickr.com

Mereka hanya sedikit lebih besar daripada lebah. Ukuran spesies ini hanya sekitar 2 – 2,4 inci dengan berat hanya 0,056 – 0,07 ons saja. Bahkan berat mereka lebih ringan dari pada uang logam. Jenis ini merupakan kolibri asli tanah Cuba.

Sayangnya kolibri lebah sudah hanpir punah keberadaannya. Perubahan lahan menjadikan mereka kehilangan habitat aslinya. Untuk meningkatkan populasi mereka dibutuhkan usaha konservasi yang benar-benar matang.

2. Kolibri Costa

youtube.com

Satu lagi burung kolibri yang menarik perhatian, yaitu kolibri kosta. Mereka tidak hanya kecil, tapi warna bulu mereka sangat cantik. Pejantan burung ini memiliki bulu berwarna ungu di sekitar kepala mereka. Warna unguunya telihat mengkilap seperti kilau permata ditengah habitat aslinya.

Berhabitat asal di daerah padang pasir Amerika bagian Utara membuat keberadaan burung ini sangat mencolok. Berat kolibri kosta hanya sekitar 0,1 ons dengan panjang 3 – 3,5 inci saja.

3. Anthreptes Singalensis (Kolibri Wulung)

m.jitunews.com

Burung kolibri yang satu ini juga dikenal dengan nama lain kolibri kaca. Jenis ini juga dikenal sebagai pemakan nektar yang memiliki suara yang bagus. Suara kicauannya khas dan bagus mereka juga memiliki warna bulu yang eksotis.

Warna bulunya biru kehitaman pada bagian belakang serta sayapnya dengan warna coklat dibagian dada hingga perut. Jenis ini bisa bertelur sebanyak 1 – 2 butir sekali bertelur saat masa kawin. Pesebaran kolibri wulung tersebar di Pulau Jawa, Kalimantan, dan Sumatra.

4. Aethopyga Siparaja (Kolibri Sepah Raja)

jalaksuren.net

Sepah raja merupakan jenis kolibri dengan suara kicauan yang terindah. Para pecinta burung banyak yang mengidolakan mereka sebagai burung peliharaan. Tak hanya suaranya, kolibri ini juga banyak diminati karena bulunya yang memiliki kombinasi warna yang unik.

Kepala mereka memiliki warna merah hingga ke dada, warna hitam bercampur kuning pada bagian badan, dengan ekor berwarna biru. Sebaran jenis ini berada di daerah Sumatra, Jawa, Sulawesi, dan Kalimantan.

5. Nectarinia Calcostetha (Kolibri Ninja)

pawanghewan.com

Jenis kolibri yang satu ini juga dikenal dengan nama konin. Mereka juga memiliki suara kicau yang unik dan populer. Kolibri ninja ada dua jenis, yaitu kolibri dada hitam dan king konin. Makanan mereka selain madu dan nektar adalah serangga kecil.

Pulau jawa, Kalimantan, dan Sumatra merupakan daerah persebaran burung konin. Konin memiliki warna bulu yang tak kalah bagus daripada kolibri wulung.

Nah itu tadi beberapa jenis burung kolibri yang umum dijadikan hewan peliharaan. Tidak hanya berjuluk sebagi burung terkecil, mereka juga terkenal dengan suara kicauannya yang bagus.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*