3 Jenis Merpati Di Dunia Beserta Penjelasannya yang Perlu Diketahui

Burung merpati merupakan jenis burung yang banyak diminati untuk dijadikan hewan peliharaan. Kebanyakan merpati peliharaan adalah merpati domestik yang termasuk spesies merpati karang atau merpati batu.

Di Indonesia sendiri burung ini dipelihara untuk dijadikan burung kontes, baik itu kontes berkicau maupun penerbang. Seperti yang kita ketahui selain bersuara merdu merpati juga dapat dilatih sebagai penerbang yang handal.

Jika diterbangkang mereka bisa dipanggil kembali menggunakan pasangannya atau siulan tuannya dengan sedikit gerakan tangan. Tangan si pemanggil biasanya dibentuk dengan menyatukan dua tangan membentuk burung yang sedang mengepak.

Jenis Burung Merpati

Sudah sejak lama merpati dikenal sebagai burung yang cerdas dan penurut. Bahkan jaman dahulu merpati kerap digunakan sebagai burung pengantar pesan. Itulah mengapa lambang kantor pos berupa burung merpati yang sedang terbang cepat. Berikut ini beberapa jenis burung merpati yang perlu diketahui.

1. Merpati Domestik

Burung merpati domestik adalah semua burung merpati yang tidak hidup liar atu sudah dikembang biakkan oleh manusia. Mereka dipelihara dengan tujuan olah raga, hobi, bahkan untuk dimakan. Jenis domestik terbagi dalam tiga macam kategori, yaitu:

• Jenis Raja

Dikembang biakkan untuk diambil dagingnya atau dimakan itulah mengapa julukan mereka merpati raja karena tubuhnya terdapat banyak daging. Mereka memang khusus dikembang biakkan agar memiliki badan yang lebih besar dan lebih berat dari kebanyakan merpati. Kebanyakan jenis ini skill untuk bertahan hidupnya tidak cukup bagus.

• Peliharaan atau Burung Kontes

Sebagai burung peliharaan atau kontes sudah tentu jenis ini memiliki banyak warna. Kebanyakan dari mereka memang berwarna biru atau putih seperti merpati pada umumnya. Secara fisik otot mereka sangat bagus dan kuat. Mereka merupakan penerbang yang baik dan memiliki insting terhadap rumah atau kandangnya.

Spesies ini selain dijadikan burung kontes atau peliharaan juga sering digunakan dalam sebuah event. Misalnya saja pernikahan atau peresmian sebuah acara dimana ada sesi melepas merpati.

• Jenis Merpati Hias

Merpati hias dipelihara dan dikembang biakkan sebagai hobi. Kebanyakan dari jenis ini mempunyai fisik atau bulu yang unik. Mereka juga sering diikutkan dalam kontes kecantikan hewan seperti halnya kucing dan anjing.

2. Merpati Liar

Hidup di alam liar atau tidak berinteraksi dnegan manusia merupakan bagian dari merpati ini. Merpati liar yang banyak ditemukan di daerah pemukiman penduduk merupakan jenis merpati batu. Spesies ini memang senang mencari makan di area terbuka bahkan ditengah kerumunan manusia.

Kalau kalian jalan-jalan ke luar negeri dan menemukan merpati-merpati di tengah kota itulah jenis merpati liar. Mereka tidak takut berdekatan dengan manusia meskipun tidak dipelihara karena memang itu tempat mencari makan.

Kalian bisa mendekati atau memegang merpati liar dengan memberi mereka makan. Bisa dengan roti gandum maupun biji-bijian.

3. Merpati Ekor Pita

Jenis merpati ini merupakan merpati liar yang hidup di alam liar. Kebanyakan spesies ini ditemukan di daerah Amerika bagian Utara hingga pentai pasifik. Seperti namanya burung ini memiliki ekor yang panjang dengan corak seperti pita atau plester berwarna putih maupun abu-abu.

Panjang tubuh merpati ini antara 14 hingga 18 inci dengan paruh dan kaki berwarna kuning terang. Di alam liar mereka suka memakan biji-bijian, berbagai macam buah beri, dan biji pohon ek. Mereka hidup di pinggiran hutan atau perkebunan dengan banyak pohon.

Mereka memilih tempat dengan banyak pohon sebagai sarang mereka. Waktu mereka lebih banyak dihabisnya untuk berdiam diatas pohon karena mereka suka bersarang.

Leave a Reply