5 Jenis Burung Pelatuk Unik yang Ada Di Dunia

Masih ingatkah kalian dengan tokoh kartun Woody woodpecker si burung pelatuk yang jahil. Ternyata tokoh kartu tersebut benar-benar ada di dunia nyata lho. Wujud aslinya memang tidak selucu si Woody, namun karakter serta kebiasaan mereka yang suka mematuk-matuk pohon tentu sama.

Tokoh Woody memang terinspirasi dari woodpecker atau burung pelatuk. Burung yang satu ini banyak tersebar di seluruh dunia, kecuali Australia, New Guinea, Selandia Baru, Madagaskar, dan daerah kutub.

Mereka tersebar didaerah dengan banyak hutan dan pepohonan meskipun ada beberapa spesies yang berhabitat di tempat yang tidak berpohon. Mematuk pohon adalah ciri khas dari burung ini. Hal itu digunakan untuk saling berkomunikasi dan mencari makan.

Getaran dari paruh pelatuk yang dipukulkan kebatang pohon dapat didengar oleh pelatuk lainnya. Beberpa spesies pelatuk tidak hanya memakan serangga. Mereka juga memakan, buah, getah pohon, telur burung, dan binatang kecil lainnya.

Jenis Burung Pelatuk

Setidaknya ada 240 spesies pelatuk di dunia yang terbagi ke dalam 35 genera. Berikut ini beberapa spesies burung pelatuk yang ada di dunia.

1. Pelatuk Kepala Merah

allaboutbirds.org

Pelatuk yang satu ini bisa dibilang paling mirip dengan karakter Woody Woodpecker, meski tidak berjambul. Kepalanya berwarna merah tua dengan badan setengah putih setengah hitam. Terutama pada bagian sayap yang terlihat jelas belangnya.

Saat terbang mereka suka menangkap serangga yang juga terbang. Biji pohon ek serta kacang merupakan makanan lain yang mereka sukai. Sangat mudah dijumpai di daerah pertanian yang banyak pohon, rawa-rawa, atau hutan pinus.

2. Burung Pelatuk Bertumpuk

allaboutbirds.org

Jenis ini paling banyak di temui di Benua Amerika dan keberadaannya paling mencolok dibanding pelatuk lainnya. Mereka menyukai habitat seperti hutan dengan pepohonan yang besar yang sudah tua atau lapuk.

Ukuran mereka seukuran dnegan burung gagak. Bulunya berwarna hitam dengan sedikit corak putih pada bagian bawah mata, pipi, dan leher. Diatas kepala mereka terdapat jambul berwarna merah menyala yang hampir mirip dengan jambul Woody woodpecker.

Lubang yang mereka buat dari mematuk pohon juga digunakan sebagai sarang mereka. Bahkan sarang mereka terkadang juga digunakan oleh burung-burung lainnya. Batang pohon atau kayu yang telah lapuk adalah tempat mereka mencari serangga. Serangga merupakan makanan utama dari burung pelatuk ini.

3. Pelatuk Punggung Hitam

hbw.com

Memiliki nama latin picoides articus dari keluarga picidae. Pelatuk ini lain dari pada yang lain karena didominasi warna hitam tanpa corak merah. Spesies ini juga menyukai tempat-tempat dimana ada kayu atau pohon habis terbakar. Mereka mengincar kumbang kayu yang hidup di pohon-pohon yang telah mati terbakar.

4. Golden Fronted Woodpecker

audubon.org

Dinamakan emas karena terdapat bulu yang berwarna keemasan di dekat paruhnya. Makanan utama mereka adalah serangga, kacang-kacangan, dan buah. Beberapa spesies yang memakan buah kaktus bulu mukanya berwarna ungu sesuai dengan warna makanan mereka.

Spesies ini dibagi lagi kedalam 4 subspesies dimana mereka dibedakan dari segi ukuran, corak ekor, warna tengkuk, dan perut. Beberapa dari mereka bertengkuk kuning hingga oranye dan sisanya berwarna merah. Keseluruhan warna bulu mereka hitam bergaris putih dengan bagian bawah putih kecoklatan.

5. Burung Pelatuk Kepala Putih

woodpeckerwonderland.com

Pada pejantan dewasa terdapat corak berwarna merah di bagian atas kepala. Jenis kepala putih biasa ditemukan di area hutan pinus. Mereka senang memakan biji pohon pinus dengan mematuk-matuk bunga pinus. Nama latin burung ini adalah Dryobates albolarvatus. Makanan utama mereka adalah serangga.

Itulah beberapa jenis burung pelatuk yang ada didunia. Apa sesuai ekspektasi kalian tentang burung pelatuk. Perlu kalian ketahui kehidupan burung pelatuk di dunia nyata tidak sama dengan si woody woodpecker.

Leave a Reply