10 Jenis Genre Anime yang Populer dan Tayang Di Indonesia

Berbicara tentang anime memang tidak ada habisnya. Selain sebagai hiburan anime bisa dikatakan sebagai sebuah trend atau hobi. Bagi para pecinta anime pasti sudah tak asing lagi dengan jenis-jenis genre anime. Seperti halnya film maupun TV series anime juga memiliki genrenya masing-masing sesuai dengan alur ceritanya.

Jenis Genre Anime

Tidak hanya dari karakter maupun gambar para tokohnya anime juga banyak disukai berdasarkan dari genrenya, seperti remaja putra yang menyukai genre shounen atau remaja putri yang menyukai genre shoujo. Selain dua genre tersebut masih ada genre-genre lain didalam anime. Berikut pasberita.com sajikan 10 jenis genre anime populer yang tayang di Indonesia.

Komedi

Genre yang satu ini tak bedanya dengan tontonan acara lawak. Anime bergenre komedi memang banyak menampilkan hal-hal yang lucu pada alur ceritanya. Kebanyakan anime sering dibuat lebay agar terlihat lebih lucu tujuannya untuk menghibur penontonnya. Anime dengan genre ini termasuk paling banyak ditayangkan di televisi Indonesia di jam tayang paling awal.

Slice of Life

Anime dengan genre ini biasanya menceritakan tentang keseharian si tokoh utama. Genre ini bisa dikatakan sebagai genre yang berisi daily activity tokoh utama pada anime. Bisa kehidupannya di rumah, bertetangga, maupun dunia pekerjaan. Genre anime yang satu ini juga laris manis di televisi Indonesia apalagi yang diadaptasi dari manga populer.

Aksi (Action)

Genre aksi merupakan genre anime yang paling populer dikalangan pecinta anime. Mulai era 90-an hingga kini anime dengan genre ini masih wara-wiri di televisi tanah air. Sesuai dengan namanya anime dengan genre ini banyak memperlihatkan adegan-adegan aksi atau pertarungan. Anime dengan genre ini biasanya juga diselingi dengan genre lain yang lebih ringan untuk menarik penonton.

Romantis (Romance)

Genre romantis pada anime sering mengisahkan tentang drama percintaan. Kalian akan disuguhkan kisah romansa pada anime bergenre romantis. Genre ini sering membuat pecinta anime baper dengan hal-hal romantis yang dialami para tokohnya. Kalian yang suka menonton anime dengan genre romantis pasti sering tersipu sambil senyum-senyum sendiri saat melihat animenya. Beberapa anime yang tayang di Indonesia ada yang bergenre romantis dengan diselingi komedi.

Petualangan (Adventure)

Anime dengan genre petualangan biasanya menampilkan latar belakang tempat yang berubah-ubah. Sesuai dengan judulnya tokoh anime dalam genre ini biasanya melakukan petualangan atau perjalanan di dalam kehidupannya. Dalam anime bergenre petualangan biasanya penonton akan disuguhkan oleh banyak karakter sehingga penonton tidak akan merasa bosan dengan jalan ceritanya. Bahkan kalian tidak akan bosan bila menonton anime bergenre petualangan meskipun diulang-ulang.

Fantasi

Genre anime yang satu ini biasanya berkaitan dengan hal-hal yang bertemakan fantasi, seperti sihir, keajaiban atau hal-hal supranatural lainnya. Genre ini mengajak penonton untuk masuk ke dunia fantasi. Dimana hal-hal yang ada dalam anime bergenre ini tidak kalian temui di dunia nyata. Dengan kata lain anime bergenre fantasi merupakan hasil imajinasi penciptanya. Jika kalian melihat hal-hal mustahil pada anime yang kalian tonton dipastikan anime tersebut bergenre fantasi.

Drama

Genre drama berbeda dengan genre romantis. Pada anime dengan genre drama tidak melulu menghadirkan kisah romansa tokoh-tokohnya. Anime dengan genre ini memperlihatkan realita kehidupan yang dialami karakter utamanya. Entah itu kisah bahagia maupun kisah yang menyedihkan dari si tokoh utama. Alur ceritanya juga lebih jelas sehingga mudah dinikmati begitu juga dengan endingnya, baik happy ending maupun sad ending. Genre jenis ini pada anime biasanya disandingkan dengan genre lain seperti romance maupun komedi.

Sihir (Magical)

Anime bergenre sihir ada kemiripan dengan anime bergenre fantasi, yaitu sama-sama menampilkan sesuatu yang tidak ada di dunia nyata. Genre ini biasanya menampilkan karakter utama yang bisa menggunakan sihir atau berada didunia yang penuh dengan sihir. Bila kita mengingat-ingat anime shoujo di tahun 90an banyak tayangan anime bergenre magical.

Misteri

Genre anime yang satu ini erat kaitannya dengan pemecahan misteri yang dilakukan oleh karakter utamanya. Anime bergenre misteri biasanya menyuguhnkan kecerdikan tokoh utama dalam memecahkan setiap misteri yang dihadapinya. Anime bergenre misteri biasanya berkaitan dengan anime yang berbau detektif.

Fiksi Ilmiah

Anime bergenre fiksi ilmiah atau sci-fi biasanya menceritakan tentang kehidupan di masa depan atau sesuatu yang berasal dari masa depan. Dimana pada anime bergenre ini kalian akan menemukan benda-benda canggih, seperti kendaraan (mobil dan motor terbang), robot, bahkan senjata unik yang mungkin ada di masa depan. Anime bergenre ini belakangan bahkan menyuguhkan manusia yang bisa tinggal diluar angkasa atau di planet lain.

Kids

Sesuai dengan namanya genre kids menyuguhkan anime-anime yang bisa dinikmati oleh anak-anak dengan rentan usia 5 – 13 tahun. Bagi kalian yang mencari tontonan anime untuk anak-anak usahakan dengan genre ini karena tidak semua anime cocok dikonsumsi oleh anak-anak. Biasanya anime dengan genre ini menyuguhkan adegan-adegan yang bisa dotonton oleh anak-anak dan tujuannya memang untuk menghibur penonton anak-anak.

Shounen

Genre shounen merupakan genre anime yang ditujukan untuk penonton khususnya remaja laki-laki. Anime bergenre shounen biasanya berkaitan dengan superhero dan juga genre fantasi. Biasanya ada beberapa adegan kekerasan dalam genre ini namun masih dalam batas yang wajar.

Shoujo

Genre shoujo merupakan genre anime yang ditujukan untuk penonton terutama remaja putri. Berbeda dengan dengan genre shounen yang menampilkan adegan kekerasan layaknya remaja laki-laki anime ini justru menampilkan yang sebaliknya. Kebanyakan adegan dalan anime genre ini menampilkan hal-hal yang disukai oleh kebanyakan remaja putri, seperti laki-laki tampan dan kisah persahabatan.

Beladiri

Anime dengan genre beladiri sudah pasti menampilkan kebolehan karakter utama dalam aksi bela diri. Adegan beladiri pada anime bergenre ini berbeda dengan genre magic atau supranatural. Pertarungannya murni beladiri baik menggunakan senjata maupun tangan kosong.

Pemainan (game)

Genre yang satu ini menampilkan anime yang berkaitan dengan game bukan yang berasal dari game. Baik itu game visual, game nyata, game kematian, atau game apapun yang melibatkan para tokoh di dalamnya.

Nih, beberapa list jenis genre anime yang pernah tayang di layar kaca Indonesia:

1. Genre Doraemon: komedi, petualangan, fiksi ilmiah, kids
2. Genre Maruko: penggalan kehidupan, kids
3. Genre Kobo chan: komedi, penggalan kehidupan, kids
4. Genre P-Man: permainan aksi, permainan platform, kids
5. Genre The Genius Bakabon: komedi
6. Genre Dr. Slump: komedi, fiksi ilmiah
7. Genre Sailor Moon: Romantis, komedi, shoujo, magical
8. Genre Wedding Peach: Magical, shoujo
9. Genre Tokyo Mew Mew: Magical, shoujo, permainan
10. Genre Card Captor Sakura: Magical, shoujo, romantis
11. Genre Ranma ½: Fiksi petualangan, beladiri,komedi romantis, shounen
12. Genre Digimon: petualangan
13. Genre Pokemon: aksi, petualangan, fantasi, kids
14. Genre Bakuso Kyoudai Les’s & Go!!: Balapan, olahraga, petualangan
15. Genre Hunter X Hunter: fiksi, petualangan, fantasi, beladiri, aksi
16. Genre Gundam: mecha drama, real robot
17. Genre Dragon Ball: aksi, petualangan, komedi, drama, fantasi, fiksi Ilmiah
18. Genre Atashinci: komedi situasi
19. Genre Detektif Conan: drama, misteri, petualangan, detektif, aksi, komedi
20. Genre Minky Momo: magical, shoujo
21. Genre Creamy Mami the Magical Angel: Magical, shoujo
22. Genre UFO baby: komedi romantis, fiksi ilmiah
23. Genre Mojacko: komedi, fantasi, fiksi ilmiah
24. Genre Hamtaro: petualangan, komedi, penggalan kehidupan
25. Genre Beyblade: laga
26. Genre Crush Gear Turbo: olahraga, drama, komedi
27. Genre Yu-Gi-Oh!: Fiksi petualangan, fantasi, fiksi ilmiah
28. Genre One Piece: fiksi petualangan, fantasi, aksi, beladiri, komedi, drama, shounen
29. Genre Bleach: aksi, petualangan, komedi, fantasi, kehidupan sekolah, sepernatural, shounen
30. Genre Naruto: aksi, petualangan, komedi, drama, fantasi, beladiri, supernatural, shounen
31. Genre InuYasha: fiksi petualangan, fantasi, romantis, supernatural
32. Genre Ninja Hatori: fiksi petualangan, beladiri, komedi, kids
33. Genre Ninja Boy (Nintama Rantarou): komedi, aksi, petualangan, kids
34. Genre Crayon Shinchan: komedi, penggalan kehidupan
35. Genre Horry Si Hantu Coklat: komedi

Nah, sekarang kalian sudah tahu kan jenis-jenis genre anime yang kalian tonton. Dari sekian banyak anime yang kalian tonton genre apa yang paling kalian sukai? Sekarang waktunya cari referensi anime lain dari genre yang kalian suka. Happy watching!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.