12 Jenis Genre Game yang Perlu Kamu Pelajari Sebagai ‘Newbie’

Tahu gak sih kalau game juga punya beberapa genre? Tidak hanya film atau musik yang dikategorikan dalam beberapa genre, game juga dibedakan dalam beberapa genre sesuai dengan kategori isi permainannya. Kalian para gamers pemula wajib banget baca artikel tentang jenis genre game ini.

Buat kalian yang baru saja masuk ke dunia para gamers pastinya masih bingung kan dengan jenis game yang kalian mainkan. Artikel ini bisa jadi referensi kalian untuk mendownload game selanjutnya atau sekedar tahu informasi tentang genre game yang sedang kalian mainkan. Kali ini akan kita bahas mengenai beberapa jenis genre game yang sering kalian temui.

Jenis Genre Game

Secara keseluruhan genre game baik itu dari game online, offline, PC, maupun mobile sama saja. Memang ada beberapa game PC yang tidak bisa dimainkan di mobile phone begitu juga sebaliknya dan game online yang tidak bisa dimainkan bila sedang offline. Namun jika kita berbicara tentang genre maka semua akan terlepas dari hal itu. Jenis genre game merupakan pengkategorian game sesuai dengan model permainannya. Berikut ini 12 genre game yang perlu kalian tahu.

1. Arena Pertarungan Multipemain

indosport.com

Genre game jenis ini biasa ditemui pada game-game online, seperti dari namanya yang multi pemain permainan ini bisa dimainkan oleh banyak gamers yang terhubung secara daring. Para gamers lebih mengenal dalam Bahasa Inggrisnya yang sering disebut dengan istilah MOBA (Multiplayer Online Battle Arena). Moba juga lebih dikenal dengan istilah ARTS (Action Real Time Strategy). Sebenarnya genre ini merupakan subgenre dari genre game strategi.

Pada game genre ini pemain akan mengendalikan satu karakter atau beberapa pemain mengendalikan sebuah unit dalam sebuah tim yang bertarung melawan pemain atau tim lainnya. Tujuannya untuk mengalahkan tim lawan menggunakan bantuan dari unit-unit yang dikendalikan komputer. Game dengan genre ini sedang populer belakangan ini, sebut saja Mobile Legend, Arena of Valor (AoV), Vainglory, Heroes Arena, hingga DotA yang bahkan sudah banyak dijadikan meme dikalangan para gamers.

2. AR (Augmented Reality)

variety.com

Augmented Reality merupakana jenis genre game realitas tertambah dimana teknologi yang menggabungkan antara benda maya ke dalam lingkungan nyata secara interaktif dan dalam waktu sebenarnya. Augmented Reality bisa dibilang sekedar menambahkan keadaan di dunia nyata. Game dengan genre ini banyak tersedia untuk dimainkan pada ponsel pintar secara daring (online).

Hanya bisa dimainkan secara online karena genre game ini memang membutuhkan koneksi internet untuk menghubungkan permainan dengan situasi nyata, termasuk waktu dan lokasi. Beberapa game AR yang populer, diantaranya Ingress, Temple Treasure, dan yang terviral Pokemon Go

3. Adventure

game.10terbaik.com

Genre petualangan kebanyakan didesain untuk pemain tunggal. Pada game bergenre petualangan pemain akan diajak untuk mengeksplore dan memecahkan tantangan dalam permainan yang dimainkan. Genre game petualangan sempat sangat booming di tahun 90-an. Genre game ini tidak hanya kalian temui pada game PC atau mobile phone, tetapi juga pada konsole game, seperti playstation, sega dan nitendo. Genre ini bisa dimainkan secara online maupun offline tergantung pada perangkat dan penyedia game petualangan.

4. Location Based

iphone.mob.org

Genre game yang satu ini bisa dibilang merupakan subgenre dari genre AR, tapi lebih menekankan pada lokasi pemain sesugguhnya. Dalam game bergenre ini pemain harus menghidupkan perangkat GPS pada perangkat yang digunakan. Game dengan genre ini biasa tersedia pada versi ponsel pintar dan dimainkan secara daring atau online. Berhubung penggunaan GPS pada perangkat ponsel pintar hanya bisa digunakan apabila sedang ada koneksi internet maka game bergenre ini tidak bisa dimainkan saat offline.

5. Puzzle

bouncegeek.com

Game teka-teki merupakan genre game yang menekankan pada pemecahan teka-teki oleh pemainnya. Tipe-tipe teka-teki yang tersedia pada genre game puzzle pun beragam. Mulai dari permainan logika, pola, urutan, hingga permainan kata. Fokus permainan pada genre ini adalah tantangan logis dimana pemain harus memutar otaknya dan berkejaran dengan waktu yang ditentukan.

Pada game jenis ini biasanya memiliki peraturan yang tidak terlalu rumit begitu juga dengan cara mainnya. Genre game ini merupakan genre game yang sering ditemui dan bisa dimainkan secara online maupun offline karena tersedia diberbagai perangkat. Game jenis ini biasanya dimainkan oleh pemain tunggal.

6. Racing

gametop.com

Genre game ini berfokus pada kemampuan balapan pemainnya. Pemain akan mengambil bagian dalam sebuah kompetisi balap baik dari perspektif orang pertama (membuat tokoh virtual diri sendiri) maupun orang ketiga (memainkan karakter yang tersedia). Pada permainan jenis ini biasanya pemain akan menggunakan kendaraan sebagai sarana balapan, entah itu kendaraan darat, air, maupun udara. Permainan jenis ini terinspirasi oleh kompetisi balapan di dunia nyata.

7. Role Playing

lifewire.com

Genre ini sering disingkat RPG oleh para gamers. Pada game jenis ini para pemain akan bermain sebagai tokoh khayalan. Dalam permainan RPG jarang ada kalah atau menang seperti yang umum ditemui pada game lainnya. Pada game RPG pemain diajak berkolaborasi untuk membuat sebuah cerita beserta tokoh-tokohnya. Permainan jenis ini banyak tersedia pada game PC maupun konsol game.

8. Hidden Object

bigfishgames.com

Permainan hidden object merupakan subgenre dari genre puzzle. Pada game jenis ini pemain akan disuguhkan oleh permainan mencari dan menemukan obyek yang ditentukan layaknya seorang detektif. Permainan ini selain mengasah keterampilan otak juga menguji kesabaran dan ketelitian pemainnya. Game jenis ini juga bisa menambah kosakata Bahasa Inggris pemain saat harus mencari obyek yang ditentukan. Big Fish Games merupakan salah satu perusahaan penyedia game hidden object dengan graphic yang bagus.

9. Tower Defense

origin.com

Tower Defense merupakan subgenre dari game jenis strategi. Pada permainan jenis ini pemain diharuskan melindungi tetitorinya dari serangan musuh. Biasanya dengan membangun stuktur pertahanan atau menempatkan sesuatu sebagai perlawanan dari serangan musuh yang ingin merebut atau menghancurkan teritori pemain. Pemain dikatakan kalah bila musuh berhasil masuk dan menghancurkan area pemain dan dikatakan menang bila berhasil mempertahankan teritori dan naik ke level selanjutnya. Salah satu game yang populer, yaitu Plant VS Zombie.

10. Simulasi

greenlabel.com

Seperti namanya game jenis ini merupakan adaptasi dari berbagai aktivitas yang ada di kehidupan nyata. Game jenis ini didesain semirip mungkin dengan aslinya sehingga pemain benar-benar merasa sedang melakukan kegiatan tersebut.

11. Strategi

matrixgame.com

Genre game ini menyuguhkan permainan dimana keterampilan pemain dalam mengambil keputusan menjadi titik tentu kalah atau tidaknya pemain dalan sebuah permainan. Genre ini terbagi dalam beberapa subgenre, seperti war game, simulasi, eurogame, permainan strategi absrak, dan permainan strategi tim.

12. Olahraga

thechannels.com

Genre olahraga dalam video game merupakan sebuah permainan simulasi dari olahraga yang ada di kehidupan nyata. Sebagian besar game olahraga diciptakan dari olahraga yang populer meliputi olahraga secara tim, di dalam trek maupun lapangan, olahraga ekstri, serta beladiri.

Dari beberapa genre game diatas mana nih yang jadi favorit kalian? Pastikan jangan sampai lupa waktu saat bermain game yang kalian suka ya..!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.